HubPages, Website Penghasil Uang Untuk Penulis Online

Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk menulis online. Salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan online tambahan adalah HubPages, sebuah situs yang memiliki reputasi sangat bagus di dunia maya.
Dibandingkan Squidoo, Hubpages boleh dianggap lebih sukses. Selain memiliki ranking yang lebih tinggi dan jumlah visitor yang lebih banyak, Hubpages juga berhasil bangkit dari amukan Google Panda yang terjadi sekitar satu tahun yang lalu. Situs ini berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki konten berkualitas tinggi yang memberi banyak manfaat bagi para pembaca.
Jika Anda berminat untuk mencari sumber-sumber penghasilan online lainnya, silakan cek artikel “15 Website Untuk Mencari Uang Lewat Internet Bagi Penulis Online
Apa yang harus disiapkan untuk menghasilkan banyak uang melalui HubPages?
Yang jelas, Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke HubPages. Setelah sukses mendaftar, ada tiga opsi yang memungkinkan Anda untuk meraih penghasilan tambahan:
– Mendapatkan royalti dari iklan Google Adsense
– Mendapat royalti lewat program Hubpages AdProgram
– Menghasilkan uang dengan berjualan di Amazon
Untuk opsi pertama dan kedua, Anda harus memiliki akun Google Adsense yang aktif.
Untuk opsi ketiga, Anda harus mendaftar ke Amazon setelah memiliki 10 Hub yang aktif. 
Opsi yang paling ideal adalah dengan bergabung dengan HubPages AdProgram. Anda bisa saja langsung menggunakan Adsense sendiri untuk meraih penghasilan tambahan, tapi saya pribadi berpendapat bahwa opsi ini masih kalah jauh dari AdProgram. Di AdProgram, pendapatan dihitung per 1.000 views, 60% untuk Anda dan 40% untuk HubPages, pembayaran dilakukan via PayPal. Jika Anda memilih royalti iklan dari Google Adsense, kebanyakan penghasilan Anda baru bertambah jika ada pengunjung yang melakukan klik ke website yang Anda miliki. Tanpa klik, pendapatan Anda akan sangat minimum.
Ada tiga hal yang harus dipersiapkan untuk mengaktifkan AdProgram:
1. Mengisi form pajak (sangat mudah, hanya menulis nama dan data pribadi Anda)
2. Menghubungkan akun Hubpages ke akun PayPal (Anda harus login ke akun Paypal melalui link yang diberikan oleh Hubpages. Jangan khawatir, proses ini sangat aman)
3. Menghubungkan akun Hubpages ke Google Adsense (Anda harus memiliki akun Google Adsense yang aktif)
Setelah tiga hal tersebut dilakukan, AdProgram di Hubpages Anda akan dinyatakan aktif.
Berapa yang bisa saya hasilkan perbulannya dengan Hubpages AdProgram?
Seperti yang diungkapkan di atas, penghasilan Anda dihitung setiap 1.000 views. Jumlah ini nantinya akan ditentukan oleh CPM (Cost Per Mile) atau jumlah pendapatan yang Anda dapatkan setiap 1.000 views. Misalkan CPM bernilai $2,5 dan Anda mendapatkan 3.000 views, maka penghasilan yang Anda dapatkan pada hari itu adalah 3 x $2,5 = $7,5. 
CPM nilainya selalu berubah setiap harinya, bisa naik-turun,  bergantung pada negara asal visitor yang mengunjungi artikel Anda, topik artikel, dan tarif dasar yang ditetapkan oleh pengiklan.
Satu lagi, karena pembagian revenue adalah 60% untuk Anda dan 40% untuk Hubpages, maka tarif CPM di sini dihitung setiap 1.600 views, bukan setiap 1.000 views.
Nah, setelah mengetahui tentang sistem pembayaran di Hubpages, kini tugas Anda hanya satu:
Mencari views sebanyak-banyaknya
Makin banyak views yang Anda dapatkan, makin tinggi pula jumlah pendapatan yang Anda raih. Misalkan dalam sehari Anda berhasil mendapatkan total 160.000 views dengan CPM $3, maka pemasukan Anda hari itu adalah = 100 x $3 = $300. Pembayaran akan dilakukan tiap tanggal 28 setiap bulan dengan sistem NET30 (penghasilan bulan Januari dibayar di bulan Februari, dan seterusnya) via PayPal.
Bagaimana cara mendapat banyak views di Hubpages?
Kuncinya hanya satu: membuat artikel yang berkualitas. Kriteria artikel berkualitas antara lain:
– Memiliki judul yang di dalamnya terdapat kata kunci yang Anda target

– Ditulis setidaknya dalam 1.250 kata dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar, tidak ada kesalahan grammar. Ditulis secara original, bukan copy-paste.

– Memiliki setidaknya 3 gambar (yang lisensi-nya Creative Commons, atau gambar tersebut hak ciptanya dipegang oleh Anda sendiri). 

– Terdapat setidaknya 2 video yang bisa diambil dari YouTube.
Jika artikel Anda sudah memiliki kualitas di atas, tinggal duduk manis menunggu pengunjung yang datang dari Google. Karena Hubpages memiliki Google Page Rank yang tinggi dan reputasi yang bagus, sangat mudah bagi artikel yang Anda tulis di website ini untuk meraih posisi di peringkat pertama Google. Ingat, jangan coba-coba memasukkan artikel hasil copy paste, karena artikel tersebut pasti akan langsung dihapus oleh pihak Hubpages.
Lebih banyak tips untuk menghasilkan lebih banyak Dollar dari Hubpages:
– Perbanyak jumlah artikel
Jangan berharap bisa mendapatkan penghasilan yang signifikan hanya dengan 10 artikel. Anda setidaknya memerlukan 100-200 artikel untuk mendapatkan penghasilan bulanan yang signifikan dari HubPages. Awalnya memang berat, namun setelah itu artikel-artikel tersebut akan berubah menjadi passive income, alias uang yang mengalir dengan sendirinya. Jika memiliki modal, Anda bisa juga menyewa content writer untuk membantu Anda.
– Jaga kualitas
Ingat, jangan hanya memperbanyak kuantitas, namun jaga juga kualitas artikel yang Anda tulis. Percuma jika Anda sudah menulis banyak artikel, namun pada akhirnya dihapus oleh pihak Hubpages karena dinilai berada di bawah standar. Oleh karena itu, pastikan artikel yang Anda tulis memiliki grammar, tata bahasa, dan informasi yang akurat.
– Promosi sendiri
Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak trafik, cobalah untuk mempromosikan sendiri artikel yang Anda tulis. Bisa melalui sosial media, forum, atau blog. Berbeda dengan Squidoo, HubPages tidak akan memberikan penalti apabila Anda memiliki terlalu banyak backlink.
– Amazon
Anda juga bisa berjualan produk via Amazon di artikel yang dipublikasikan di Hubpages. Setelah melakukan pendaftaran ke Amazon, Anda dapat menambahkan Amazon Capsule di artikel yang Anda tulis. Pastikan untuk menambahkan produk-produk yang relevan dengan artikel yang Anda tulis di tempat yang strategis. Tiap kali ada pengunjung yang membeli barang lewat artikel Hubpages tersebut, maka Anda akan mendapatkan  komisi.

1 thought on “HubPages, Website Penghasil Uang Untuk Penulis Online”

  1. Greetings from Colorado! I’m bored to death at work so I decided
    to browse your blog on my iphone during lunch break.

    I really like the information you present here and can’t wait to take
    a look when I get home. I’m surprised at how fast your blog loaded on my
    mobile .. I’m not even using WIFI, just 3G ..
    Anyhow, fantastic blog!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *