Tips Squidoo | Panduan Menghasilkan $300 Per Bulan Dari Menulis Online

Squidoo merupakan salah satu platform sharing revenue website dengan potensi yang luar biasa. Ada banyak penulis yang menghasilkan ratusan, bahkan ribuan dollar per bulannya melalui Squidoo. Tak heran, website ini memang dirancang dan dipasarkan dengan metode yang berbeda dari platform sejenis. Pendirinya, Seth Godin, dikenal sebagai salah satu figur paling legendaris dan revolusioner di dunia internet marketing
Namun, tidaklah mudah untuk menghasilkan ratusan, bahkan hanya sekedar puluhan dollar per bulan dari Squidoo. Nah, di sinilah BisnisHack.com akan mencoba membantu Anda sekalian untuk lebih sukses menghasilkan pundi-pundi dollar dari tips ini. Berikut tipsnya:
Mendaftar Squidoo
Tak mungkin menghasilkan uang tanpa mendaftar terlebih dahulu ke situs ini. Oleh karena itu, langsung kunjungi homepage Squidoo dan klik bagian “Join Us”. Setelah terdaftar, maka Anda bisa mulai untuk membuat Lens pertama Anda.
Kunci sukses : tulis artikel yang lolos filter
Di Squidoo, ada filter berfungsi sebagai alat untuk memonitor artikel Anda. Apabila artikel yang Anda tulis gagal lolos dari filter, maka artikel tersebut dianggap tidak layak dipublikasikan di Squidoo. 
Setiap kali menulis artikel di Squidoo, di pojok kiri bawah ada indikasi yang menyatakan hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat artikel Anda layak publish, disebut dengan nama “Scorecard”. Hal-hal tersebut antara lain adalah:
Write an introduction (minimum 200 chars): Di sini, Anda harus menulis setidaknya 200 karakter pada modul introduksi. Introduksi bisa berupa tentang ringkasan cerita dari artikel yang Anda tulis.
 Add an intro photo related to your topic: Upload sebuah foto di introduction module. Ingat, foto tidak boleh sembarangan diambil dari Google. Foto tersebut harus Anda ambil sendiri, atau diambil dari foto yang memiliki lisensi “Creative Commons”. Akan lebih baik lagi apabila Anda menyertakan sumber dari mana foto tersebut berasal.
Add 5 completed content blocks with unique content : Tambahkan setidaknya 5 modul lain dalam lensa. Bisa berupa modul video, gambar, teks, komentar, polling, dan lain-lain. Intinya, minimal harus ada 5 modul yang ditambahkan ke dalamnya.
Add a social content block: Cukup mudah, pastikan Lens Anda memiliki “Comment Module” atau “Polling Module” yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi
 Write a bio that’s relevant to your page: Ini juga cukup mudah. Tulis saja profil singkat tentang diri Anda di bagian “Bio” yang bisa diakses melalui “Your Page Bio”. Intinya, di sini Anda harus menulis tentang siapa diri Anda selaku penulis.
Add a photo of yourself: Pastikan ada foto diri Anda di “Your Page Bio”
Pick a subtopic: Pastikan Anda memilih sub-topik pada bagian “Topics and Tags”
– Give your page 5-10 tags: Sama seperti poin di atas, pada bagian “Topics and Tags” tuliskanlah “tag” atau kata kunci yang berhubungan dengan Lens yang Anda buat. Ketik setidaknya 5 tags dan tekan tombol “Save”.
– Good Amazon link usage: Jangan terlalu banyak menggunakan Amazon Module. Pilih produk yang relevan dan sesuai dengan tema lensa Anda. Tulis deskripsi pada setiap produknya (harus original, jangan copy-paste). Maksimal jumlah produk yang bisa Anda cantumkan dalam satu lensa adalah 20 produk.
– Good keyword usage: Jangan terlalu banyak menggunakan keyword atau kata kunci yang berulang-ulang. Jumlah keyword density yang ideal adalah 2%. Keyword yang Anda gunakan bisa dicek di situs Word Counter (http://www.wordcounter.net/). Jika pada bagian ini Anda belum mendapatkan tanda “contreng hijau”, cobalah untuk mengurangi kata-kata tertentu dan menggantinya dengan kata-kata yang lain.
High content quality: Ini adalah bagian yang paling sulit. Artikel Anda harus dianggap memiliki kualitas tinggi untuk bisa dipublikasikan di Squidoo. Jumlah kata setidaknya mencapai 800 kata, ditulis dengan grammar dan tata bahasa Inggris yang baik, tidak banyak kesalahan dalam penulisan kata, tidak terlalu banyak keyword, dan tidak mengandung kata yang berhubungan dengan topik-topik yang dilarang oleh Squidoo (perjudian, MLM, obat-obatan terlarang, dan sebagainya). Kadang, bagian inilah yang belum memiliki “contreng hijau” dan menjadi ganjalan utama seorang penulis untuk mempublikasikan artikelnya di Squidoo. Di sinilah Anda harus bisa menebak dan mengira-ira di mana sekiranya kesalahan dibuat. Mungkin Anda harus mengganti kalimat tertentu, atau bahkan mengganti seluruh modul.
Publish your page: Publikasikan Lens yang Anda tulis. Ingat, jangan menekan tombol “Publish” sebelum semua bagian pada “Scorecard” memiliki tanda contreng hijau, kecuali pada kolom “Publish Your Page” (biasanya ditandai dengan skor 90/100). Jika Anda tetap berkeras mempublikasikan artikel sebelum mencapai skor 90/100, maka artikel tersebut akan langsung di “lock” (dihapus) secara otomatis oleh sistem Squidoo.
Apa yang harus dilakukan setelah Lens Anda terpublish dengan sukses?
Tak perlu melakukan banyak hal. Squidoo-lah yang akan mempromosikan Lens Anda. Sepanjang dibuat dengan mengikuti panduan di Scorecard, pengunjung akan berdatangan sendirian ke Lens Anda. Namun jika masih ingin melakukan promosi, berikut tipsnya:
Promosi: Bisa dilakukan di sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Bisa juga dengan mencari backlink di situs-situs tertentu. Ingat, hati-hatilah dalam mencari backlink. Terlalu banyak backlink (apalagi yang bersifat “nofollow”) bisa membuat lensa Anda langsung di-lock oleh Squidoo. Jangan sembarangan menaruh backlink, jangan pasang backlink sebagai signature forum, dan jangan pasang link Squidoo di sidebar/footer/header blog Anda yang memiliki banyak artikel. Jumlah backlink yang mencapai 100 bisa membuat lensa Anda secara otomatis terhapus.
Bagaimana meraih ranking tinggi di Squidoo?
Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel “15 Website Untuk Mencari Uang Lewat Internet Bagi Penulis Online“, pemasukan yang Anda dapatkan dari Squidoo dibuat berdasarkan ranking Lens rata-rata per bulan, dengan rincian sebagia berikut:
Ranking 1-2.000 : Tier 1, berkisar antara $10 hingga $30
Ranking 2.001-10.000: Tier 2, berkisar antara $2 hingga $5
Ranking 10.001-80.000: Tier 3, berkisar antara $0,01 hingga $1
Faktor yang mempengaruhi ranking Lens antara lain:
Jumlah visit
Makin banyak orang yang mengunjungi Lens Anda, makin tinggi pula rankingnya. Pengunjung biasanya bisa berasal dari Search Engine (Google), jejaring sosial, dan backlink lain yang Anda tanam.
Jumlah sales
Makin banyak barang yang laku di Lens Anda, makin tinggi pula rankingnya. Cara untuk membuat Lens jualan yang laku akan dijelaskan di setelah bagian ini.
Update
Semakin sering Anda mengupdate Lens Anda, makin tinggi pula rankingnya. Usahakan untuk melakukan update secara berkala, setidaknya satu minggu sekali.

Like dari sesama member Squidoo
Sesama member Squidoo bisa saling memberi Like. Maksimal, satu orang bisa memberikan hingga 20 Like tiap harinya. Like ini berfungsi untuk menaikkan ranking Lens secara sementara, tidak bersifat permanen. Biasanya, setelah menerima satu Like, ranking Lens Anda akan naik 10%. Makin banyak Like yang diterima, makin tinggi pula kenaikan ranking Lens. Cara-cara untuk mendapatkan banyak Like antara lain:
– Buat artikel yang berkualitas
– Aktif berikan Like terlebih dahulu ke member Squidoo lain. Setiap kali memberikan Like, nama Anda akan muncul di Dashboard member tersebut. Ia akan tahu siapa yang memberikan Like, dan kemungkinan besar ia juga akan melakukan hal yang sama.
– Tinggalkan komentar yang menyenangkan, yang berupa pujian untuk artikel yang ditulis oleh member Squidoo. Hal ini juga meningkatkan kemungkinan seorang member memberikan Like ke Lens yang Anda buat.
– Promosikan Lens Squidoo di forum Show & Tell (http://hq.squidoo.com/forums/forum/lens-spotlight/). Pastikan untuk posting link ke Lens Anda di Thread yang tepat.

Mendapatkan status “Purple Star”
Purple Star adalah penghargaan yang diberikan untuk Lens yang dinilai sangat berkualitas. Lens yang memperoleh Purple Star akan mendapat kenaikan ranking secara permanen, dan biasanya membuat reputasi penerimanya terlihat lebih baik di mata member Squidoo lainnya.

Jangan tulis topik-topik yang dilarang oleh Squidoo
Topik seperti judi, MLM, download software gratis, topik dewasa, dan sebagainya dilarang keras untuk dipublikasikan di Squidoo. Jika terbukti melanggar, Lens Anda akan langsung dihapus. Untuk lebih jelas mengenai hal ini, Anda bisa mengunjungi bagian SquidDon’t.
Cara membuat barang di Lens Squidoo Anda laku keras
– Pastikan untuk memilih barang yang relevan. 
Jika artikel Anda tentang wisata kuliner, cobalah untuk menaruh barang-barang seperti buku memasak dan peralatan memasak yang sesuai dengan tema artikel. Pilih barang yang sesuai di modul Amazon, tempatkan di bagian awal dan akhir artikel.
– Tulis deskripsi yang menarik di setiap produk
Jangan biarkan produk kosong begitu saja. Tuliskan deskripsi untuk setiap produk. Ingat, deskripsi tersebut harus original, tidak boleh copy-paste begitu saja dari Amazon. Jika memungkinkan, tulis review tentang produk tersebut dalam 2-3 kalimat agar pembeli bertambah yakin.
– Jangan memajang terlalu banyak produk Amazon dalam Lens
Hal ini bisa membuat pengunjung Lens merasa Anda terlalu agresif dalam menawarkan barang jualan. Akibat buruknya, mereka bisa lari begitu saja. Squidoo mengatur bahwa maksimal hanya boleh ada 20 produk yang dipajang dalam satu Lens. Namun berdasarkan pengalaman pribadi penulis, 10 produk dalam satu Lens sudah sangat cukup untuk memikat pengunjung.

Squidoo memiliki format Lens tersendiri yang disebut dengan “Product Review Lens” (bisa dibuat dari Link berikut http://www.squidoo.com/workshop/create?format=productformat). Di sini, Anda tidak perlu membuat artikel yang panjang dan bertele-tele, karena Lens jenis ini memang khusus dibuat untuk berjualan barang. Pilih produk yang diinginkan, tulis review singkatnya, dan tunggu pengunjung melakukan pembelian. Sebagai catatan, produk review Lens tidak diikut-sertakan dalam program Earnings, alias tidak akan mendapat bagian penghasilan dari Tier. Pemasukan sepenuhnya diperoleh dari jualan di Amazon.

Nah, berikut tadi adalah tips dari kami untuk mendapatkan penghasilan tetap dari Squidoo untuk Anda yang hobi menulis online. Semoga sukses!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *