Cobalah Memulai Bisnis Kedai Kopi dengan 8 Tips Ini

Apakah Anda adalah salah satu orang yang menyukai kopi? Jika ia maka pilihan mendirikan kedai kopi merupakan pilihan yang tepat. Saat ini bisnis kedai kopi sedang menjamur di masyarakat. Banyak bermunculan kedai kopi dari bisnis waralaba maupun bisnis perorangan. Menjadi bagian dari bisnis kopi merupakan hal yang sangat menjanjikan keuntungan. Jika Anda berminat untuk menjadi bagian dari bisnis ini maka delapan tips dibawah ini dapat dilaksanakan.
1. Pahami tentang bisnis kedai kopi
Bagi Anda yang masih pemula dalam memulai bisnis kedai kopi sendiri maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami tentang bisnis kedai kopi itu sendiri. ini menjadi hal penting melihat bisnis kedai kopi sebagai bisnis yang menjanjikan memberikan keuntungan yang tidak kecil. Mulailah mencari referensi tentang bisnis ini baik melalui buku, artikel, maupun melakukan wawancara langsung kepada pelaku bisnis kedai kopi yang mungkin Anda kenal sebelumnya. Gali pelajaran yang lebih dari mereka yang telah terlibat di dunia bisnis kedai kopi ini, baik dari brand terkenal maupun dari brand lokal. Miliki ilmunya baru jalankan bisnisnya.
2. Tentukan konsep kedai yang akan Anda dirikan
Kedai kopi adalah bisnis yang banyak diminati saat ini. Kopi telah menjadi minuman yang dapat dinikmati semua kalangan masyarakat dan dari berbagai usia. Melihat keberadaan kopi yang menjadi kebutuhan tersendiri membuat para pelaku bisnis menjadikan hal ini sesuatu yang menjanjikan. 
Saat ini kopi tidak lagi sebatas persoalan rasa saja namun sudah menyangkut suasana. Dalam mendirikan kedai kopi, konsep yang unik perlu diperhatikan. Semakin unik konsep yang di tawarkan untuk menikmati segelas kopi maka akan semakin memberi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mencobanya. Bahkan saat ini dapat dikatakan bahwa bisnis kopi tidak hanya menjual rasa tapi juga suasana.
3. Pilih konsumen Anda

Karena kopi merupakan minuman dari berbagai usia maka perlu memilih jenis konsumen yang akan menjadi fokus pengembangan bisnis Anda. Pemilihan konsumen ini penting agar konsep yang ditawarkan dapat sesuai dengan rencana konsumen yang diinginkan. Jika konsep kedai yang Anda inginkan adalah kedai yang santai dengan diiringi musik, maka sasaran konsumen yang tepat bagi bisnis Anda adalah kalangan anak muda ataupun pelajar. Beda halnya jika konsep kedai Anda elegan dan ekslusif maka sasaran konsumennya adalah para pekerja kantor.
4. Pikirkan jumlah modal yang dibutuhkan
Lagi dan lagi, bisnis tak akan pernah jauh dari modal tidak terkecuali bisnis kedai kopi. Pada kenyataannya modal menjadi penentu utama dari bisnis ini. Peranan modal begitu penting bagi realisasi setiap bisnis. Setelah menyiapkan berbagai konsep yang unik dan telah memahami sasaran konsumen maka untuk menjalankan ide tersebut membutuhkan bantuan modal. 
Dengan konsep yang ada maka Anda dapat memperhitungan jumlah modal yang diperlukan untuk bisnis kedai kopi. Setelah melakukan perincian terhadap jumlah modal yang dimiliki maka Anda butuh melakukan kerja keras yang lebih untuk mengumpulkan jumlah modal yang diinginkan. Memang ini terkesan sulit namun selama Anda tidak menyerah semuanya akan tercapai dengan baik dan sesuai dengan keinginan.
5. Pilih sumber daya manusia yang ahli

Pilihan menu kopi yang di tawarkan di kedai Anda perlu juga untuk dipikirkan. Saat ini pengembangan menu tentang pengolahan kopi sangatlah beragam. Mulai dari kopi panas, dingin, bahkan kopi yang diberi hiasan toping maupun es krim. Membuat kopi dengan berbagai pilihan seperti ini tentunya butuh keahlian khusus.
Jika Anda sebelumnya tidak begitu ahli dalam membuat kopi maka Anda perlu bantuan orang lain agar bisnis Anda mengalami perkembangan yang baik. Pilihlah sumber daya manusia yang ahli dalam menangani bagian dapur, dalam hal ini sumber daya yang mampu membuat kopi yang memiliki citarasa yang berbeda dari kedai manapun. Karena rasa yang berbeda tersebutlah yang akan membuat orang-orang kembali dan setia berkunjung ke kedai Anda, bahkan menjadi pelangan setia Anda.
6. Pilih bahan yang berkualitas


Selain fokus terhadap sumber daya yang berkualitas maka bahan pembuatan kopi pun harus menjadi fokus Anda. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen Anda adalah hal yang utama. Carilah bahan-bahan yang terbaik untuk menghasilkan kopi yang terbaik. Dengan pilihan bahan terbaik ini akan memunculkan kepercayaan dari konsumen Anda, karena kualitas kedai kopi Anda di atas standar.
7. Carilah lokasi yang sesuai
Lokasi menjadi penunjang utama untuk pengembangan bisnis Anda. Banyak bisnis dengan ide bagus kemudian gulung tikar karena pengunjung yang sepi dikarenakan pemilihan tempat usaha yang sulit dijangkau bahkan tidak tepat sasaran. Jika sasaran konsumen Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa maka lokasi yang tepat adalah daerah kampus dimana mobilitas konsumen Anda sering berada. Dengan pemilihan lokasi yang tepat maka jualan Anda pun dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti.
8. Lakukan sistem pemasaran yang unik
Sama halnya dengan berbagai bisnis yang ada sebelumnya, pemasaran menjadi penunjang utama. Setelah memiliki ide usaha yang bagus maka memasarkannya pun harus sesuai. Pemasaran unik dapat Anda lakukan seperti memberikan bonus bagi pelanggan setia yang berkunjung dalam beberapa waktu tertentu atau memberlakukan diskon di waktu-waktu tertentu yang membuat konsumen kembali datang. Sebagus apapun tawaran bisnis Anda harus diimbangi dengan kemampuan menjual bisnis tersebut. Sekali lagi, persaingan di dunia bisnis tidaklah mudah dan yang dapat bertahan adalah mereka yang mampu berjualan.
Itulah tadi delapan bisnis yang mungkin akan berguna bagi Anda dalam memulai bisnis kedai kopi. Jangan pernah menyerah untuk berbisnis. Karena ketika Anda menyerah maka kesempatan Anda untuk memiliki bisnis yang sukses akan berakhir. Semoga berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *