Fakta Menarik tentang Apple

Apple, dahulu kita mengenal istilah ini sebagai nama buah namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, saat ini kita sering mengasumsikan Apple sebagai salah satu merek dari beberapa produk seperti komputer, komputer jinjing, hand phone dan lainnya. Apple memang sangat identik dengan teknologi dan produk-produk eksklusif yang cukup berkelas. Apple memiliki keunikan tersendiri disetiap produknya, yaitu setiap aplikasi yang terdapat diproduk Apple hanya dapat digunakan atau dipasangkan dengan produk Apple lainnya dan produk ini tidak memungkinkan para pengguna menggabungkan dengan produk lain. 
Apple juga menamai setiap produk dan aplikasi rancangan Apple dengan sebutan yang khas seperti komputer jinjing atau Mac, hand phone atau IPhone, tablet Apple atau Ipad, alat pemutar musik atau Ipod dan aplikasi khusus seperti ITunes. Selain fakta-fakta diatas masih banyak lagi fakta yang mungkin belum Anda ketahui seputar Apple. Berikut ini akan dipaparkan fakta-fakta menarik tentang Apple :
1. Apple didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Dalam beberapa pemberitaan kebanyakan hanya dua pendiri Apple yang disebutkan, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak sedangkan sangat jarang sekali yang menyebutkan nama  Ronald Wayne. Padalah Ronald Wayne juga memiliki peran yang cukup penting, yaitu dialah sosok dibalik logo pertama  Apple. Namun pada perkembangan selanjutnya ia menjual sahamnya yang berjumlah sekitar 10 persen karena ia merasa tidak yakin dengan prospek perusahaan Apple saat itu. Kemudian setelah keluarnya Ronald Wayne dari Apple posisinya digantikan oleh Johnatan ive yang mendesain warna putih dalam logo Apple. Pada awalnya Steve Jobs menolak penggunaan warna putih dalam logo Apple namun setelah melihat rancangan dari Johnatan Ive kemudian Steve Jobs setuju dan saat itu warna putih milik Apple dikenal dengan sebutan Moon Grey.
2. Slogan pertama yang dimiliki Apple adalah Byte into an Apple.
3. Produk Apple sempat dikaitkan dengan mitos setan , hal ini terjadi ketika Steve Wozniak menetapkan harga Komputer Apple yang pertama dengan harga U$ 666.66.
4. Apple memiliki tanggal berdiri yang bertepatan dengan April Fools Day yaitu 1 April.
5. Jumlah pekerja yang dimiliki Apple sekitar 35.000 yang tersebar diseluruh dunia.
6. Menyadari kualitas yang dimilikinya, maka Apple memutuskan untuk menggunakan pesawat dalam pengiriman produknya, tidak seperti kebanyakan produk yang dikirim menggunakan kapal agar lebih murah. Apple memiliki maskapai khusus untuk mendistribusikan produknya, yaitu Cathay Pacific. Jika melihat fakta ini maka wajar rasanya produk-produk Apple dijual dengan harga yang cukup tinggi.
7. Hal lain yang dipilih Apple untuk menjaga eksklusifitas produknya adalah dengan menggunakan foto asli dalam setiap kemasan produk Apple. Gambar seperti IPhone yang terpampang dalam kemasan merupakan gambaran asli dari produk tersebut dan bukan hasil editan melalui Photoshop.
8. Apple Store berada di lokasi premium yang menjadi pusat keramaian di Manhattan, New York tepatnya di Fifth Avenue.
9. Walaupun Apple berasal dari Amerika Serikat, namun masih ada beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang tidak memiliki Apple Store, yaitu Alaska, Arkansas, Idaho, Montana, Dakota Utara, Dakota Selatan, Vermont, Virginia Barat dan Wyoming.
10. Apple pernah bersengketa dengan Samsung terkait hak paten yang mereka klaim masing-masing. Dan di persidangan Apple memenangkan klaim tersebut yang secara langsung mengharuskan Samsung untuk membayar ganti rugi kepada Apple. Namun, Samsung juga balik melaporkan Apple yang menjadikan sengketa diantara dua perusahaan ini menjadi semakin panjang.
11. Diantara para pendiri Apple, nama Steve Jobs adalah salah satu yang paling terkenal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti insting bisnis kuat yang dimiliki Steve Jobs dengan membeli saham Pixar seharga U$ 10 juta dan menjual kembali kepada Disney sebesar U$ 7,6 milyar.
12. IPhone adalah salah satu produk yang paling laris dari Apple, tidak heran jika fakta-fakta unik dibalik produksi IPhone lebih banyak terungkap dibangdingkan produk Apple lainnya. Diantara fakta unik IPhone itu adalah IPhone pertama kali dirancang pada tahun 2002 namun pada saat itu tidak langsung dirilis karena beberapa pertimbangan perusahaan. Dan sempat terpikir oleh Steve Jobs untuk bekerja sama dengan produsen hand phone lain seperti Motorolla, namun karena kualitas yang dianggap mengalami penurunan, maka Steve Jobs memutuskan untuk merancang IPhone sendiri dengan memberikan akses khas Apple, yaitu aplikasi khusus. 
Dalam proses penamaan IPhone pun sempat mengalami diskusi yang cukup panjang hal ini dikarenakan pada awalnya hand phone milik Apple akan dinamai IPad, namun pada akhirnya disepakati nama IPhone dan IPad digunakan untuk produk tablet milik Apple. Setelah pihak internal Apple sepakat untuk menggunakan nama IPhone ternyata masih terjadi masalah lain yang disebabkan oleh hak paten. Hal ini dikarenakan nama IPhone sebelumnya telah dipatenkan oleh Cisco namun setelah negosiasi yang alot, Apple diizinkan untuk menggunakan nama IPhone.
Perdebatan tidak hanya terjadi berkaitan dengan nama yang akan digunakan saja namun berkaitan juga dengan desain fisik pada IPhone. Ada beberapa rancangan yang disiapkan, salah satunya menggabungkan touch screen dengan tombol fisik, namun ide ini kemudian ditolak dan akhirnya dipilih untuk hanya menggunakan touch screen saja dalam pengoperasiannya.
Lika-liku perjalanan IPhone masih berlanjut ketika pertama kali dipasarkan, karena ternyata pasar tidak terlalu positif menyambut  IPhone. Hal ini dipersulit dengan pemberitaan media yang menyatakan keraguannya terhadap bisnis IPhone. Karena beberapa hambatan inilah kemudian IPhone membutuhkan 74 hari untuk menjual satu juta produknya, hal ini sangat berbeda dengan kondisi sekarang dimana dalam hitungan jam setelah dirilisnya produk IPhone terbaru, penjualan langsung menembus angka jutaan.

2 thoughts on “Fakta Menarik tentang Apple”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *