7 Warna Cat Dinding Penginapan dan Karakternya

Faber Birren, pengarang 24 buku tentang warna mangatakan “Memungkinkan untuk membuat penilaian yang nyaris akurat mengenai warna pilihan yang merefleksikan kepribadian masing-masing”. Dari kutipan tersebut dapat diketahui bahwa warna mampu menggambarkan karakter dan sifat seseorang.
Bagi Anda yang memiliki bisnis homestay atau penginapan, warna menjadi faktor penting yang tidak bisa diabaikan. Penentuan warna akan memberi pengaruh pada kesan dan suasana bagi pengunjung. Penentuan warna yang tidak tepat akan menimbulkan suasana yang kurang menyenangkan. Berikut ini rekomendasi 7 warna yang bagus untuk penginapan sekaligus penjelasan mengenai karakternya.
1. Merah
Warna merah identik dengan warna yang selalu ingin menarik perhatian, penuh hasrat, penuh semangat yang meledak-ledak, agresif dan impulsif. Warna ini menandakan keberanian untuk menyatakan emosi dan perasaan. Jika Anda ingin penginapan yang menarik perhatian, warna merah patut menjadi pilihan. Dengan karakter yang menonjol, maka dari jarak yang jauh pun penginapan Anda akan terlihat. 
Lebih meyakinkan lagi dengan dekorasi serambi yang menawan dan unik. Bisa juga Anda kombinasikan merah dengan kuning pekat yang akan memberi kesan ceria dan menyala. Pastikan perpaduan antara keduanya memiliki harmonisasi dan tidak terkesan murahan. Alternatif lain, Anda bisa memadukan merah dengan hitam yang memberi kesan kuat dan tegas, dengan pola kotak atau perpaduan polkadot, merah dan hitam dapat terlihat spesial.
2. Kuning
Warna kuning menandakan kekuatan motivasi yang tinggi, kerajinan dan kebersihan, serta pengharapan yang besar terhadap apa yang akan dihadapi. Pemilihan kuning untuk melapisi dinding penginapan memberi semangat yang menyala di pagi hari, warna yang terbilang cerah ini banyak menjadi pilihan para pemilik tempat yang disewakan agar menimbulkan kesan yang bersih dan terawat.Warna kuning ini dapat dipadukan dengan berbagai jenis perabot yang sudah ada, sehingga tidak perlu banyak melakukan perombakan. 
Jika Anda menginginkan suasana baru, selain dengan merah, warna kuning dapat terlihat bagus dengan dipadukan warna biru. Perpaduan kuning dan biru memberi sisi kelembutan pada kekuatan dan semangat yang besar. Perpaduan yang unik dan menarik jika diaplikasikan pada dinding penginapan untuk memberi kesan berbeda dari biasanya.
3. Oranye
Warna ini perpaduan antara kuning dan merah. Kombinasi yang bagus antara keberanian dan motivasi yang tinggi. Warna oranye melambangkan sifat sosial yang gemar menebar kebaikan. Ibarat anak kecil yang menggemaskan, oranye bisa membaur dengan berbagai kalangan. Jika Anda ingin penginapan yang ‘eye catching’, maka warna ini bisa menjadi alternatif pilihan. 
Warna oranye memberi kesan mewah dan hangat pada sebuah rumah tinggal atau penginapan. Oranye akan terlihat mahal jika Anda mengkombinasikannya dengan warna salem coklat. Kesan glamour dan elegan ada dalam kedua warna tersebut. Akan lebih indah jika penginapan dengan warna ini dihias dengan air mancur yang diberi pencahayaan redup. Terlihat mengagumkan di malam hari.
4. Hijau
Warna hijau identik dengan tanaman, yang memberi kesan segar, sejuk dipandang mata, teguh pendirian, bisa menempatkan diri dan penuh penghormatan. Melambangkan keseimbangan, warna hijau bisa membawa pada kebaikan terutama di lingkungan sekitarnya. 
Dengan filosofi tersebut, hijau menjadi pilihan warna dinding yang pas untuk penginapan Anda, harapan agar memberikan kesegaran, kesejukan hati serta kebaikan bagi siapapun yang pernah menginap di tempat Anda. Agar warna hijau ini terlihat dinamis, Anda bisa menambahkan sedikit aksen seperti sedikit gambar atau wallpaper dengan warna dasar hitam. Kombinasi keduanya akan menghidupkan suasana sekitar.
5. Biru
Warna biru melambangkan ketenangan, kemandirian, kebahagiaan dengan diri sendiri, serta tertutup. Jika Anda menyukai warna biru dan ingin mengaplikasikannya pada dinding penginapan yang Anda miliki, menimbulkan kesan “ingin sendiri dan tidak ingin diganggu”. Padahal konsep sebuah tempat usaha adalah adanya sensasi yang menginginkan banyak tertarik. 
Mungkin untuk kamar tidur, akan menyenangkan jika beristirahat didampingi warna ini, namun kurang pas jika untuk tempat usaha Anda, akan lebih baik jika sedikit dikombinasikan dengan warna kuning. Selain itu Anda bisa juga sedikit menambahkan warna putih dalam cat biru, hingga memberi kesan lembut dan ramah.
6. Pink

Warna pink selalu dikaitkan dengan wanita lucu yang masih terlihat imut. Namun tahukah Anda sebenarnya warna pink ini menandakan kehalusan sifat, kepura-puraan dan keteguhan. Suatu kombinasi yang unik, mengingat warna pink disukai banyak wanita. Jika Anda ingin mengaplikasikan warna pink pada dinding penginapan Anda, maka akan terkesan bahwa penginapan tersebut dibuat hanya untuk para wanita. 
Namun, jika Anda menambahkan kombinasi warna putih, akan terlihat mengundang untuk didatangi, dan itu berarti baik untuk penginapan Anda. Selain dengan warna putih, warna pink terlihat sedap dipandang dan lebih tegas dengan sedikit tambahan semburat warna merah.
7. Coklat
Warna coklat ini melambangkan keteguhan pada pendirian, adanya tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan, dan lebih senang memberi daripada menerima. Jika Anda mengecat dinding penginapan dengan warna coklat, kesan suram dan redup yang akan ditimbulkan. Akan lebih baik jika Anda menggabungkan coklat ini dengan hitam atau kuning, sehingga memberi kesan tampak lebih mewah. Coklat dan hitam cenderung menghasilkan warna gelap memang, namun Anda bisa menghidupkannya dengan tanaman-tanaman yang Anda susun sedemikian rupa di sekitarnya.
Pemilihan warna dinding tembok pada penginapan, walaupun tampaknya sepele namun sangat berdampak pada alam bawah sadar manusia. Dengan mengaplikasikan warna-warna yang memungkinkan untuk diterapkan, tidak ada salahnya jika ingin memberikan yang terbaik pada pelanggan dengan memperhatikan sedetail mungkin semua yang ada di dalamnya. 
Jika Anda ragu atau mengalami kesulitan mengkombinasikan warna, Anda bisa berkonsultasi dengan pemilik toko cat atau desainer interior yang Anda percaya. Pengaplikasian warna pada dinding membutuhkan setidaknya 2-3 kali sapuan hingga menghasilkan warna yang diinginkan, Anda bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk mebuat improvisasi warna sesuai konsep yang Anda inginkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *