7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Bisnis Warnet

Dalam menjalankan bisnis, tentu banyak sekali aspek yang perlu diperhitungkan. Pertimbangan  – pertimbangan tertentu agar bisnis dapat berjalan dengan baik, sangatlah diperlukan karena dengan pertimbangan tersebut, Anda memiliki landasan tersendiri dalam berbisnis. Hal ini berlaku untuk bisnis apapun, salah satunya adalah bisnis warung internet atau warnet.

Warung internet yang biasa disingkat warnet, adalah bisnis yang dijalankan dengan menyediakan layanan internet berbayar, dengan sistem penyewaan komputer lengkap dengan internetnya. Dalam bisnis warnet ini, hitungan bayarannya biasanya dalam hitungan per jam. Dengan rata – rata harga sewa per jamnya mencapai Rp. 3000,- hingga Rp. 5000,-, dalam sebulan Anda bisa meraup keuntungan sebesar lima juta rupiah.

Namun, untuk mencapai target usaha dalam menjalankan usaha atau bisnis warung internet atau warnet, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang cukup penting di dalamnya. Hal – hal tersebut akan dijelaskan oleh bisnishack.com pada artikel berikut ini. Berikut ulasannya.

1. Modal usaha

Modal usaha merupakan titik awal dalam menjalankan suatu usaha. Besar kecilnya modal bergantung pada bagaimana usaha Anda akan terbentuk. Namun besar kecilnya modal tidak menentukan bagaimana alur besar kecilnya bisnis Anda nantinya. Untuk itu, berkaitan dengan modal awal, sebaiknya Anda perlu menentukan skala prioritas mengenai apa saja yang ingin Anda penuhi dalam membangun usaha warung internet atau warnet. Dengan demikian, Anda dapat membangun usaha warung internet Anda secara bertahap namun pasti.

Memperhatikan modal usaha Anda dalam membangun usaha warnet, menjadikan Anda bisa lebih bersikap hati – hati dalam menentukan keputusan Anda di awal Anda membangun usaha warnet. Dengan memperhatikan modal usaha pula Anda dapat dengan mudah menentukan segmentasi apa yang ingin Anda jadikan sebagai sasaran bisnis warnet Anda untuk pertama kalinya.

2. Lokasi warnet

Lokasi dan letak warnet merupakan kunci utama dari kesusksesan menjalankan bisnis warung internet atau warnet. Sebelum menjalankan bisnis warnet, Anda perlu meninjau bagaimana letak atau lokasi yang Anda rencanakan untuk membuka usaha warmet. Bila strategis, temukan unsure – unsurnya seperti bagaimana letak geografisnya, apakah dekat sekolah atau kampus, apakah ramai dilalui orang banyak, apakah banyak dilewati  oleh anak – anak, dan lain sebagainya. Tinjauan ini akan berfungsi sebagai acuan Anda menentukan tempat usaha, yang selanjutnya akan berpengaruh pada maju atau tidaknya bisnis yang Anda kembangkan.

Carilah lokasi yang mudah dijangkau, dekat dengan keramaian, dekat dengan sekolah atau kampus, pinggir jalan, dan lain – lain yang mendukung. Hal ini ditujukan agar apa yang Anda terapkan pada bisnis warnet Anda dapat berjalan efektif sesuai dengan porsinya, khususnya pada target sasaran Anda. Bila Anda menawarkan harga promo, tentu promo tersebut akan lebih mudah dibaca bila lokasi warnet Anda berada di lokasi yang strategis.

3. Kecepatan akses

Warnet, ya, menjual jasa internet. Kualitas internet bergantung pada kecepatan aksesnya. Untuk mengukur kualitas usaha warung internet Anda, Anda tidak hanya perlu meningkatkan ramah tamah serta fasilitas warnet Anda saja, melainkan juga memaksimalkan kecepatan akses internet yang Anda tawarkan. Semakin cepat akses, semakin banyak pula orang yang berminat untuk menggunakan jasa warnet Anda. Tentu, hal ini juga dilihat dari penawaran harga yang bisa dijangkau.

Bila koneksi internet sering terputus, atau kecepatan akses yang tersedia cenderung lambat, biasanya usaha warnet akan sepi pengunjung. Satu persatu pelanggan mulai meninggalkan bisnis warnet Anda dan beralih ke warnet lainnya yang memiliki kecepatan akses yang lebih cepat serta lebih tinggi.



4. Situasi pasar dalam bisnis warnet

Dalam membangun bisnis warung internet atau warnet, Anda juga perlu memperhatikan situasi pasar yang ada di sekitar lokasi warnet Anda nantinya. Yang paling penting untuk diperhatikan, apakah masyarakat atau orang – orang di sekitar lokasi warnet Anda didirikan merupakan orang – orang yang peka terhadap perkembangan teknologi dan melek internet. Bila tidak, tentu langkah Anda mendirikan warnet di lokasi tersebut adalah langkah yang salah.

Kenali situasi pasar Anda dalam menjalankan usaha warnet. Pelajari karakteristik orang – orang di sekitarnya. Begitu juga dengan pesaing – pesaing bisnis Anda yang terdapat di sekitar Anda. Dengan mempelajari situasi pasar yang ada, Anda akan dapat dengan mudah menentukan strategi – strategi bisnis seperti apa yang akan Anda tetapkan untuk mengembangkan bisnis waret Anda.

5. Daya listrik

Menjalankan bisnis warnet tentu erat kaitannya dengan ketersediaan listrik yang terdapat pada bangunan warnet Anda. Pastikan bahwa Anda menambah daya listrik yang disediakan agar usaha warnet Anda dapat berjalan dengan prima. Anda tentu tidak ingin seluruh komputer yang sedang Anda sewakan kepada konsumen – konsumen Anda tiba – tiba mati mendadak dikarenakan daya listrik yang tidak sanggup menampungnya. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan daya listrik dalam bangunan warnet Anda dengan besar daya komputer yang Anda sediakan di warnet. Bila daya listrik masih kurang, Anda pun perlu menambahkannya. Hal ini dilakukan semata – mata untuk menunjang jalannya bisnis warnet Anda secara prima.

6. Kualitas komputer

Kualitas dan spesifikasi komputer juga menentukan maksimalnya dari bisnis warnet Anda. Semakin bagus kualitas dan spesifikasi komputer, maka semakin menarik pula warnet Anda untuk dikunjungi. Konsumen – konsumen Anda akan cenderung tertarik pada kualitas dan spesifikasi dari komputer yang Anda sewakan. Hal ini sangatlah wajar, karena konsumen tentu memilih yang paling maksimal diantara bisnis – bisnis lainnya yang serupa.

7. Fasilitas Pendukung

Kini, semakin banyak warnet yang tidak hanya menawarkan kualitas internet dengan akses yang cepat saja, melainkan juga menawarkan kenyamanan dari berbagai aspek. Berbagai aspek tersebut antara lain kursi sofa yang empuk, pendingin ruangan atau AC, makanan dan minuman yang pilihannya cukup banyak, hingga kamera webcam yang disediakan khusus oleh warnet. Ya, contoh – contoh tersebut merupakan beberapa fasilitas pendukung yang dapat memperhitungkan kualitas warnet Anda secara keseluruhan. Pada umumnya, semakin lengkap fasilitas dan sarana warnet, maka semakin diminati pula bisnis warnet yang Anda jalankan.

Demikian tujuh hal yang harus diperhatikan dalam membangun usaha warung internet atau warnet. Mudah bukan? Bila dikerjakan dengan tekun dan teliti, Anda pun akan menemukan keberhasilan di dalamnya. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *