6 Kelebihan Berbisnis Mie Ayam

Berbisnis di bidang kuliner memang menjanjikan. Hal ini dikarenakan makanan adalah kebutuhan utama bagi setiap orang. Banyaknya ragam jenis makanan menjadikan anda memiliki banyak sekali peluang serta pilihan untuk menentukan makanan  apa yang akan anda pilih untuk dijadikan bidang bisnis. Mulai dari makanan western, makanan rumahan, makanan ringan, hingga makanan-makanan unik khas Indonesia.
Anda tentu sudah tidak lagi asing dengan pola bisnis berjualan mie ayam. Mie dengan tekstur dan bentuk yang khas dan disajikan dengan potongan ayam dan sawi di atasnya, menjadikan makanan khas Indonesia ini begitu terkenal di seluruh penjuru negeri. Rasanya yang enak, lezat dan sangat cocok dengan lidah Indonesia, membuat sebagian besar orang menggemari makanan berbahan dasar mie ini. Selain itu, penyajiannya yang tidak sulit dan mudah pun menjadikan bisnis ini makin digemari. Ya, tak heran apabila bisnis mie ayam selalu ramai dan disukai oleh banyak konsumen.
Pada ulasan kali ini, bisnishack.com akan membahas mengenai kelebihan-kelebihan menjalankan bisnis mie ayam. Bagi sebagian orang, mungkin bisnis mie ayam terlihat seperti bisnis yang berskala kecil, sepele, hingga biasa saja. Namun dibalik itu semua, berbisnis mie ayam memiliki segudang kelebihan yang dapat mendatangkan keuntungan, lho. Mau tau apa saja kelebihannya? Berikut rangkuman bisnishack.com mengenai kelebihan dari berbisnis mie ayam.
1. Makanan khas Indonesia
Mie ayam adalah makanan khas asli dari Indonesia dan sulit ditemui di negara-negara lain, meski negara serumpun sekalipun. Di berbagai daerah penjuru Indonesia, mie ayam memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan kultur dan selera daerahnya. Jenis-jenis mie ayam sangat banyak, seperti mie ayam wonogiri, mie ayam Jakarta, mie Bangka, dan lain sebagainya. Meski memiliki nama yang berbeda, namun pada dasarnya makanan-makanan  tersebut memiliki jenis yang sama. 
Dengan menyajikan makanan khas Indonesia, hal ini pun dapat anda jadikan sebagai kelebihan dari bisnis anda. Berbisnis dengan menjual makanan khas Indonesia dapat menjadikan bisnis anda menjadi lebih berkembang dan identik dengan pelestarian makanan khas Indonesia.
2. Kandungan karbohidratnya sama dengan nasi
Meskipun mie ayam tidak terlihat seperti makanan yang berat layaknya nasi, namun ternyata jumlah karbohidrat yang terkandung pada mie sama beratnya dengan jumlah karbohidrat yang terdapat pada nasi. Untuk itu, bila menjalankan bisnis mie ayam, anda pun sama dengan menawarjkan produk makanan berat. Anda pun dapat menjual produk mie ayam dengan harga yang sesuai dengan harga rata-rata dari makanan berat. Namun demikian, bila diperhatikan lebih dalam, menjual mie ayam sebagai makanan berat akan menguntungkan. Dengan harga yang rata-ratanya sama seperti harga makanan berat, namun dalam menjual mie ayam, anda tidak memerlukan modal uang dan tenaga yang terlalu banyak untuk mengolah dan membuatnya.
3. Harganya murah
Ya, dengan bahan bakunya yang mudah didapat, serta kemudahan dalam memproduksi, mengolah hingga menyajikannya, mie ayam dapat menjadi sebuah makanan berat khas Indonesia yang murah meriah. Dengan harganya yang murah, anda dapat mengambil sejumlah keuntungan yang tidak terlalu besar namun rutin karena sebagian besar orang menggemari makanan ini. Meskipun harganya murah, anda harus menciptakan inovasi dari bisnis mie ayam, dan membuat mie ayam memiliki harga murah namun bersaing. Artinya, meskipun mie ayam produksi anda dibuat dengan harga yang murah, namun harus selalu mengingat prinsip untuk memanjakan konsumen agar senantiasa menjadi konsumen yang loyal. Salah satu cara untuk berinovasi dnegan harga yang murah adalah berinovasi menciptakan mie ayam-mie ayam baru yang bisa memanfaatkan bahan-bahan dasar yang sudah ada sebelumnya.
4. Banyak Masyarakat yang menyukai mie
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cenderung menyukai makanan yang unik dan tidak biasa. Meski bahan dasar makanan pokoknya adalah nasi, tidak menutup kemungkinan apabila masyarakat Indonesia menyukai beragam makanan olahan berbahan dasar mie. Mie juga merupakan salah satu alternative makanan pokok untuk mengisi perut selain nasi. Hal ini dikarenakan mie dibuat dari bahan dasar tepung yang mengandung karbohidrat, yang setidaknya dapat menjadikan siapapun yang mengkonsumsinya menjadi kenyang, sama seperti mengkonsumsi nasi.
Mie yang memiliki beragam sajian unik, variatif dan menarik pun semakin diminati oleh masyarakat. Beragam olahan mie dengan berbagai rasa menjadikan masyarakat begitu menggemari olahan mie. Sebut aja mie goreng, mie rebus, mie ongklok, mie Jawa, mie yamin, dan yang paling terkenal di seluruh dataran Jawa, yaitu Mie ayam. Tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi beragam olahan mie, tentu menjadi hal yang menguntungkan bagi anda yang ingin memanfaatkan peluang berbisnis mie ayam. 
5. Modal tidak besar
Menjalankan bisnis mie ayam ternyata tidak membutuhkan modal yang besar, lho! Bisnis mie ayam dapat di jalankan dengan modal dalam jumlah jutaan saja. Anda cukup mengeluarkan uang untuk biaya inventaris seperti sewa toko atau kios, kipas angin, kursi dan meja, gerobak dan lain sebagainya. Sementara modal untuk bahan baku dasarnya, anda cukup mengeluarkan uang untuk membeli mie dalam jumlah yang cukup, serta ayam dan bumbunya untuk mengolahnya menjadi topping  dari mie ayam yang akan anda jual. Rasa ayam bumbu sebagai topping serta tingkat kematangan mie, menjadi kunci enak atau tidaknya kualitas rasa mie ayam anda. Dibalik semua itu, menjalankan bisnis kuliner ini tidak membutuhkan modal yang besar, bukan?
6. Tidak terlalu sulit menyajikannya
Salah satu hal yang menjadi kendala dalam menjalani bisnis kuliner antara lain kerumitan dalam menjaga kualitas makanan serta mengolahnya menjadi makanan matang. Ya, hal-hal tersebut akan menentukan kualitas makanan dan reaksi dari konsumen. Namun hal ini tidak terjadi apabila anda menjalankan bisnis kuliner mie ayam. Bisnis ini sangat sederhana, mulai dari cara menjaga kualitas bahan bakunya, serta sederhana dalam penyajiannya. Untuk mengolah dan menyajikan semangkok mie ayam, anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan hal ini menjadikan anda tidak memiliki kemungkinan besar untuk mengecewakan konsumen untuk menunggu pesanannya dalam waktu yang lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *