5 Usaha Menarik di Bidang Pendidikan

Pendidikan adalah bidang yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Meskipun bidang ini masuk ke dalam ranah kebutuhan sekunder, namun pendidikan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Saat ini, hampir seluruh masyarakat, khususnya anak-anak, diwajibkan untuk menempuh pendidikan paling tidak memenuhi standar dasarnya. Ya, hal ini bertujuan agar tingkat kesejahteraan dan pendidikan masyarakat terus meningkat dan dapat berpengaruh baik pada pengelolaan negara.
Melihat fenomena bahwa hampir sebagian besar masyarakat membutuhkan pendidikan, tentu anda dapat menarik sebuah peluang bisnis di dunia pendidikan. Ya, berbisnis di bidang pendidikan terbilang cukup menjanjikan juga, lho. Mengapa? Alasannya, karena hampir setiap orang membutuhkannya. Mulai dari jasa pelayanan pendidikan hingga barang-barang penunjangnya. Tanpa adanya jasa dan barang tersebut, rasanya pendidikan yang tersedia tidaklah lengkap dan efektif, bukan?
Lantas, apa saja usaha yang sekiranya menjanjikan di bidang pendidikan? Tentu banyak sekali! Pada artikel kali ini, bisnishack.com akan memaparkan mengenai berbagai macam usaha di bidang pendidikan yang membutuhkan modal sedang dengan penghasilan yang pasti menjanjikan. Mau tau apa saja? Mari kita simak ulasan berikut ini!
1. Berjualan seragam
Bagi yang ingin menjalankan usaha di bidang pendidikan, patut mencoba untuk berbisnis seragam. Ya, dengan berjualan seragam, anda dapat menentukan sasaran untuk anak-anak TK, SD, SMP dan SMA melalui orang tuanya. Disamping menjual seragam resmi untuk SD, SMP dan SMA, anda pun juga dapat sekaligus menjual seragam-seragam lain, misalnya seragam dinas, seragam batik, seragam daerah dan lain-lain. 
Selain itu, anda juga dapat membuka penerimaan pesanan seragam yang dapat dipesan sewaktu-waktu, dengan model dan tema yang sesuai dengan yang diminta oleh pelanggan. Adanya layanan pesan seragam ini biasanya akan menambah omset penjualan, sehingga toko seragam akan selalu ramai dikunjungi pembeli, tidak hanya pada saat musim tahun ajaran baru saja.
Dalam menjual seragam, anda pun harus memiliki banyak pilihan kualitas bahan dari seragam yang dijual. Meskipun model dan bentuknya sama, namun anda harus menyediakan beberapa merek seragam yang dapat diperoleh dari konveksi yang berbeda. Biasanya, berbeda merek, maka berbeda pula harganya. Berbeda harga, berbeda pula kualitasnya. Anda dapat menawarkan pilihan seragam dari yang kualitas biasa hingga seragam yang berkualitas istimewa. Hal ini akan dapat memperluas segmentasi dari bisnis seragam.
2. Berjualan alat tulis
Alat tulis adalah salah satu alat penunjang yang paling penting dalam dunia pendidikan, khususnya dalam kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, bisnis alat tulis lengkap dengan segala aksesorisnya, juga menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Siapapun yang terjun dalam dunia pendidikan, tentu membutuhkan alat tulis. Begitupun orang-orang yang bekerja dan erat kaitannya dengan buku dan catatan, pasti membutuhkan alat tulis. Rasanya tidak ada seorangpun yang tidak membutuhkan alat tulis, walau hanya berupa sebatang pulpen sekalipun.
Dalam menjalankan bisnis alat tulis, yang menjadi kunci utama dari keberhasilan bisnis adalah menyediakan banyak pilihan serta kelengkapan akan alat tulis yang ditawarkan. Anda perlu memperluas jangkauan produk, misalnya buku, kertas, aksesoris meja kerja, karton, kertas kado, alat menggambar, aksesoris komputer, dan lain sebagainya. Biasanya, seseorang yang membeli alat tulis cenderung sambil melihat-lihat barang-barang lainnya dan berpikir untuk membelinya. Semakin lengkap aksesoris dan alat tulis yang ditawarkan, toko anda akan semakin menarik perhatian dan kepercayaan masyarakat untuk membeli alat tulis di toko anda.
3. Antar jemput sekolah
Bila ingin mencoba bisnis jasa yang bergerak di bidang pendidikan, antar jemput sekolah adalah salah satunya yang cukup menjanjikan. Dengan bermodalkan mobil yang menjadi barang inventaris, anda dapat menjalankan bisnis ini dengan maksimal. Mobil tidak harus baru dan bagus, bisa menggunakan mobil lama atau membeli mobil bekas bila belum memilikinya. Yang terpenting, mobil tersebut bisa memuat banyak orang, paling tidak 10-15 orang. Aturlah bangku mobil sedemikian rupa agar anak-anak sekolah yang menjadi sasaran merasa nyaman menaiki mobil.
Dalam menjalankan bisnis antar jemput sekolah ini, anda juga bisa mempekerjakan orang lain sebagai sopir yang selalu stand by di sekolah untuk mengantar dan menjemput anak-anak. Pastikan bahwa bisnis jasa ini selalu mengedepankan prinsip tepat waktu, keamanan dan keselamatan. Tiga hal ini adalah kunci utama untuk meraih kepercayaan dari orang tua murid yang merupakan klien-klien anda. Untuk mempromosikannya, anda dapat bekerja sama dengan pihak sekolah yang dipilih untuk melayani antar jemput. Penghasilannya? Bila 1 anak dipatok harga sekitar Rp. 350.000,- per bulannya, kalikan saja dengan 10 anak dalam satu mobil. Dan hitunglah kembali jika memiliki jasa antar jemput yang jumlahnya lebih dari 1 mobil.
4. Bimbingan belajar akademik
Satu lagi usaha yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Ya, bimbingan belajar atau les tambahan. Semakin bertambahnya keinginan orang tua dan para pelajar untuk memiliki pendidikan tambahan di luar sekolah agar lebih menguasai materi, menjadikan bisnis bimbimgan belajar semakin terlihat menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis ini, anda hanya membutuhkan ruko sebagai tempat bimbingan belajar yang sudah didesain senyaman mungkin, serta mentor-mentor handal yang sesuai dengan bidang ilmu yang diselaminya. Mudah, bukan?
5. Kursus komputer
Menghadapi kebutuhan masyarakat akan kemajuan teknologi yang berkembang saat ini, adanya pelatihan komputer terlihat sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Untuk itu, menjalankan bisnis kursus komputer terbilang cukup menjanjikan juga, lho! Bisnis kurusus komputer ini bertujuan untuk menghasilkan orang-orang yang mahir di bidang komputer dengan kualifikasi-kualifikasi tertentu, sehingga orang-orang tersebut dapat bersaing dengan mudah di kancah karir saat ini. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan mengoperasikan komputer rasanya sudah menjadi dasar kemampuan seseorang bagi beberapa profesi atau pekerjaan. 
Untuk menjalankan bisnis kursus komputer ini, yang perlu digarisbawahi tentu ialah perangkat komputer yang disediakan. Pastikan anda menyediakannya dalam jumlah yang banyak dan memadai, serta kualitas dari perangkat komputer tersebut. Anda juga memerlukan mentor yang handal dalam dunia komputer, apabila tidak dapat mengelolanya sendiri. Selain itu, adanya modul atau buku panduan kurusus komputer juga diperlukan agar proses belajar mengajar dalam kursus komputer semakin efektif. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *