4 Langkah Memulai Usaha Kursus Komputer

Kemajuan teknologi hingga kini pun kian berkembang pesat. Hal tersebut berimbas pada perbedaan kualitas sumber daya manusia serta cara mengoperasionalkan sesuatu melalui pemanfaatan teknologi-teknologi yang ada. Untuk memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan, serta agar manusia dapat menyesuaikan dirinya dengan zaman teknologi yang sedang berkembang, seseorang dituntut untuk bisa menguasai teknologi apa yang kini menjadi dasar bagi setiap orang dalam melakukan sesuatu, khususnya dalam bekerja.
Ya, kemajuan teknologi yang menjadi dasar antara lain adalah komputer. Kini, komputer tidak lagi dianggap sepele keberadaannya. Siapa yang tidak menguasai komputer, maka ia tidak bisa menyesuaikan zaman. Bila seseorang tersebut tidak bisa menyesuaikan jaman, maka ia akan mengalami kesulitan ataupun kendala dalam berinteraksi dengan orang-orang yang peka terhadap teknologi. Lebih parah lagi, mungkin orang tersebut tidak bisa memperluas kesempatan kerjanya, karena sebagian besaer pekerjaan kini menuntut pegawainya untuk menguasai, minimal bisa mengoperasikan komputer.
Munculnya sumber daya manusia yang baru disertai dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin digunakan, ternyata dapat anda jadikan sebagai peluang bisnis. Ya! Bisnis kursus komputer.
Yang menjadi target sasaran anda, tentu mereka yang belum mahir menguasai komputer, baik dari segi operasional, pemanfaatan hingga penggunaan aplikasi atau software. Mereka yang belum mahir menguasai komputer bisa berasal dari kalangan manapun. Biasanya, yang menjadi target sasaran anda ialah anak-anak, lulusan SMP atau SMA, ataupun kalangan dewasa yang memang belum menerima pembelajaran mengenai materi komputer dan ingin bekerja dengan membutuhkan kemampuan untuk mengoperasionalkan komputer.
Pada ulasan kali ini, bisnishack.com akan sedikit memaparkan sedikt langkah-langkah untuk memulai usaha bisnis kursus komputer. Apa saja? Mari kita simak rangkumannya bersama-sama!
1. Siapkan ruangan yang tenang, bebas gangguan
Dalam menjalankan bisnis kursus, apapun itu, ruangan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Anda harus menciptakan ruangan yang nyaman dan tenang untuk belajar. Suasana yang nyaman serta tenang, dapat diciptakan dengan membuat ruangan-ruangan di kantor kursus tidak terlalu sempit, meskipun hanya menyewa sebuah ruko (rumah toko) yang berukuran kecil. Untuk mengantisipasi hal ini, anda bisa menetapkan jumlah maksimal dari setiap kelas yang dibuka demi kenyamanan bersama, serta keefektifan proses pembelajaran pada bisnis kursus anda.
Selain itu, anda bisa menciptakan suasana nyaman dan tenang dengan memberikan pendingin ruangan pada ruangan kursus. Selain memberikan kenyamanan, adanya pendingin ruangan atau AC pada ruangan kursus dapat memberikan keamanan pula pada komputer-komputer yang disediakan untuk dijadikan media pembelajaran bagi murid-murid. 
Komputer akan lebih aman dan lebih baik dikondisikan dalam ruangan yang bersuhu dingin dibandingkan dengan ruangan yang bersuhu panas. Selain itu, untuk mengoptimalkan kenyamanan pada ruangan kursus, anda dapat membuat ruangan kursus menjadi ruangan yang kedap suara, sehingga ruangan kursus dapat menjadi tenang dan proses belajar mengajar menjadi optimal.
2. Menguasai materi kursus dengan baik
Setelah memperhatikan tentang desain dan dekorasi ruangan yang diusahakan untuk menjadi ruangan yang tenang, aman dan nyaman, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kualitas materi kursus yang dimiliki dan dikuasai. Sebagai pemilik sekaligus mentor, nantinya anda tentu harus menguasai materi-materi kursus komputer dengan sebaik mungkin. 
Anda harus melakukan audiensi dengan pegawai-pegawai yang akan menjadi mentor dalam setiap kelas, untuk menyesuaikan materi apa saja yang akan disampaikan untuk menjadi inti dari pembelajaran kursus komputer pada usaha bisnis anda. Dalam penyampaiannya, tentu anda bersama pegawai-pegawai harus menguasai materi-materi pengoperasian dan pemanfaatan komputer dengan lancar dan baik, sehingga akan memudahkan proses belajar mengajar komputer dengan para murid atau konsumen. Bila materi kursus tidak dikuasai dengan baik, tentu hal ini akan berdampak pada turunnya kepercayaan konsumen terhadap kualitas kinerja dari bisnis kursus komputer yang dijalankan.
3. Sediakan perangkat komputer yang sesuai dengan program
Ya, perkemgbangan komputer memang tidak pernah berdiam di tempat. Inovasi demi inovasi baik dalam bentuk perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau disebut software, menjadikan anda harus selalu meng-update perangkat komputer yang digunakan. Anda harus menyediakan perangkat komputer yang sesuai dengan pembelajaran program-program yang ditawarkan pada bisnis kursus komputer. Misalnya, bila ingin menawarkan kursus operasionalisasi Adobe, Linux, dan lain sebagainya, tentu harus menyediakan komputer dengan kualitas tinggi, minimal Pentium 4 dengan instalasi program yang sesuai di dalamnya. Sangat salah apabila menyediakan perangkat komputer dengan kualitas rendah, misalnya kelas Pentium 1 dengan desain yang sudah sangat lama. Hal ini tentu sangat tidak menarik, bukan?
Dalam menawarkan model komputer yang akan disediakan, anda harus menyesuaikannya dengan anggaran. Bila anggaran cukup untuk menyediakan perangkat komputer dengan model terbaru seperti flat monitor, speaker, CPU yang terbaru, lakukanlah hal tersebut demi memberikan kepuasan bagi para konsumen. Namun, apabila anggaran tidak mencukupi, jangan menurunkan kualitas program dan perangkat komputer yang akan disediakan. Paling tidak, menguranginya sedikit tanpa perlu menurunkan kualitas dari perangkat komputer yang anda sediakan.
4. Siapkan modul materi
Ya, untuk mempermudah anda bersama pegawai-pegawai dalam menyampaikan materi, ada baiknya perlu menyiapkan modul materi pembelajaran dari awal hingga akhir dalam bentuk buku. Buku atau modul ini nantinya akan dijadikan sebagai panduan bagi murid-murid untuk mempermudah mereka dalam mencerna materi yang diberikan. 
Anda pun dapat menjadikan modul materi ini sebagai dasar untuk menyampaikan materi secara teratur, bertingkat serta berkala. Dengan demikian, proses belajar mengajar pun diharapkan akan menjadi lebih efektif, dan kualitas output yang dihasilkan dari kursus komputer benar-benar berkualitas tinggi, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan bagi masyarakat luas untuk belajar menguasai komputer di tempat usaha anda.
Demikian 4 langkah untuk memulai usaha kursus komputer. Keempat-empatnya merupakan langkah yang mudah, bukan? Tentu bisnis komputer termasuk bisnis yang menjanjikan, mengingat kemajuan jaman dan teknologi tidak pernah berhenti langkahnya. Untuk membantu masyarakat menuju masyarakat yang peka akan teknologi yang ada, bisnis ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Tertarik mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *