5 Keuntungan Penjual Sayur Keliling

Pernahkah Anda memperhatikan penjual sayur keliling di sekitar rumah? Mereka biasanya menjajakan sayur dengan menggunakan motor atau mobil dengan bak terbuka. Meskipun sepertinya kecil, namun sebenarnya kegiatan ini dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan. Keunikan lainnya dari penjual sayur keliling yaitu dari segi pendekatannya. Pendekatan yang dilakukan menggunakan sistem kekeluargaan. Banyak keuntungan yang bisa diambil daripada membuka warung di rumah. Kelemahan membuka warung di rumah, belum tentu tempat yang dipakai strategis dan mudah diakses. Berikut 5 keuntungan penjual sayur keliling.
1. Jemput bola
Sistem menjemput bola adalah mendatangi pelanggan door to door. Hal ini lebih tepat sasaran. Anda bisa berkeliling komplek dari RT ke RT atau dari desa ke desa. Berkeliling sambil meneriakkan “sayur” dan kemudian para ibu-ibu akan segera keluar dan membeli dagangan. Sering kali mereka menunggu Anda lewat untuk membelinya.  Cara ini sangat ampuh dan efisien bagi mereka yang tidak memiliki tempat strategis untuk berjualan. Pelanggan akan lebih mudah mengenal Anda dan produk yang ditawarkan. 
Namun usaha menjemput bola ini membutuhkan usaha yang keras. Manfaat lainnya bisa mempererat tali silaturrahmi pelanggan dengan penjual. Penjual akan hafal betul nama ibu-ibu yang sering membeli sayuran. Untuk permulaan, lengkapi dagangan namun dalam jumlah yang sedikit saja. Karena ketika baru mengelilingi wilayah tersebut banyak orang yang tidak tahu bahwa ada penjual sayur keliling baru. Semua butuh adaptasi dan proses. Jika belum ada yang membeli, sesekali berhenti di suatu titik yang strategis untuk menunggu pembeli keluar. Bisa saja saat Anda berteriak para ibu-ibu tidak mendengarnya. Jangan lelah untuk menawarkan dagangan. 
2. Memudahkan pelanggan
Mempermudah pelanggan dalam mencari sayuran untuk dimasak adalah salah satunya. Pelanggan tidak perlu lagi pergi ke pasar untuk membeli sayuran. Mereka hanya tinggal menunggu Anda lewat di depan rumah. Terutama bagi para pembantu rumah tangga yang masih harus mengerjakan pekerjaan lain. Sambil menunggu Anda mereka bisa mengerjakan pekerjaan lain. Pelanggan bisa membeli bahan yang sedikit pada dagangan Anda yang pastinya akan sangat menghemat kantong. Biasanya ibu-ibu tidak suka membeli dalam porsi besar karena belum tentu sayur itu akan dimasak sekalian. 
Terkadang pelanggan akan memesan sesuatu untuk dimasak keesokan harinya. Ini kesempatan Anda bukan? Ajang mebeli sayur bisa digunakan pelanggan untuk saling bertemu dan bercerita. Ketika sudah laris, Anda perlu menambah porsi dagangan agar semua pelanggan tidak kecewa. Mereka sudah menunggu namun sayuran sudah habis. Jika mereka rela mennggu bearti mereka mempercayakan sayurannya kepada Anda. Ingat pelanggan adalah pembeli yang manja, mereka sangat senang dimanjakan. Semua orang menyukai hal-hal yang mudah daripada yang rumit. 
3. Sayuran masih dalam keadaan segar
Sudah bisa dipastikan sayuran masih segar karena Anda baru saja membelinya dari pasar. Mulai dari ikan, ayam, daging, sayuran dan bumbu dalam keadaan segar. Selain itu dagangan selalu habis tidak tersisa jadi kemungkinan dagangan kemarin dan layu sangat kecil terjadi. Tentunya  akan membuat pelanggan senang karena sayuran yang dihadirkan selalu segar. Atau jika memang ada dagangan yang tidak laku pada hari itu dan tidak mungkin untuk membuangnya Anda bisa menjualnya hari besok dengan harga yang sama ketika membeli di pasar. Tidak mengapa jika rugi sedikit yang penting dagangan habis dan tidak terbuang sia-sia. Nantinya modal Anda juga cepat kembali. Tapi ingat dagangan kemarin harus masih layak untuk dikonsumsi. 
Jika Anda menipu maka harus siap dengan putusnya hubungan penjual dan pelanggan. Jangan pernah mencampuri bahan berbahaya untuk membuat sayur selalu segar. Ini adalah tindakan kriminal dan merugikan kesehatan orang lain. Pedagang yang awet adalah pedangan yang jujur. Meski hanya penjualan sayur, Anda harus mengerti tata krama dan sopan santun untuk menghadapi pelanggan. Setiap pelanggan memiliki sifat yang berbeda-beda. Tunjukkan keramahan maka pelanggan akan merasa nyaman menjadi langganan. Jika mendapat pelanggan yang menyebalkan tetap sabar menghadapinya. Bagaimanapun juga Anda membutuhkan mereka untuk membeli dagangan tanpa sisa.
   
4. Lebih menyeluruh
Ini keuntungan besarnya, bisa saja semua penghuni komplek adalah pelanggan Anda. Dengan berjualan sayur keliling semua daerah bisa dijangkau dengan mudah. Yang tadinya rumahnya jauh dari pasar tidak perlu lagi pergi ke pasar. Teknik berkeliling akan mempermudah untuk memperkenalkan usaha Anda. Selain itu gerobak yang digunakan bisa melewati gang-gang kecil karena ukurannya tidak terlalu besar dan tidak memenuhi jalan. Pastinya nanti Anda akan hafal mana daerah yang ramai pembeli dan mana yang sepi pembeli. Mana yang biasanya membeli ini dan mana yang biasanya membeli itu. 
Berbeda dengan mereka yang membuka warungnya di titik tertentu. Mereka tidak bisa menjangkau pelanggan yang berada di gang-gang sempit karena menggunakan sistem biarkan pelanggan yang datang membeli. Memang dengan itu mereka tidak perlu lelah berjualan berkeliling mengitari semua wilayah, namun dagangan mereka tidak efektif. Terkadang ada pelanggan yang malas untuk keluar rumah bisa karena kendala cuaca yang panas atau hujan. Dari kedua sistem ini Anda bisa membayangkan mana yang efisien dan mana yang tidak. Tinggal memilih saja, memang saat berkeliling banyak tenaga yang dikeluarkan. Tapi ada manfaat lain yaitu tubuh menjadi lebih sehat karena terbiasa bergerak mendatangi pelanggan yang menanti. 
  
5. Membuat pelanggan menjadi setia
Anda selalu hadir membawa dagangan yang sudah dinantikan banyak  pelanggan. Karena kemudahan ini pelanggan mempercayakan belanjaannya. Mereka akan setia membeli dagangan. Bahkan ketika satu hari saja tidak berkeliling keesokan harinya banyak pelanggan yang menanyai mengapa tidak berjualan. Untuk mengantisipasinya Anda bisa memberitahu terlebih dahulu bahwa keesokan harinya tidak berjualan. Dengan begitu untuk sementara pelanggan bisa membeli sayuran pada orang lain. Mencari pelanggan yang setia sangat sulit, setelah mendapatkannya jaga kesetiaan mereka. Jangan pernah kecewakan dengan kehadiran Anda yang tidak rutin berkeliling atau lama tidak ada kabar lalu tiba-tiba muncul. Pastinya akan membuat pelanggan kesal, ketika menanti malah tidak datang tapi ketika tidak ingin membeli justru datang. Atau pelanggan sudah memesan suatu sayuran namun Anda lupa untuk menyediakannya. Inilah yang memutuskan kesetian pelanggan. 
Tips tersebut bisa  diterapkan dengan baik. Kelebihan lainnya ketika terjadi hujan Anda bisa berteduh pada salah satu rumah pelanggan. Mereka akan sangat mempersilakan karena meski sebatas hubungan antara pedagang dan pembeli ada hubungan yang dekat akibat dari berinteraksi langsung. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *