10 Senjata Rahasia Sukses Berjualan

Banyak sekali orang yang begitu semangat dalam memulai bisnisnya. Ribuan ide bermunculan mengenai produk yang ditawarkan. Namun seringkali mereka tidak menyadari bahwa bisnis tidak hanya menciptakan produk tapi juga bagaimana agar produk itu bisa terjual. Jika Anda ingin penjualan yang lebih unggul dari para pesaing, memenangkan lebih banyak transaksi bisnis dan mengurangi pengeluaran dana, ikutilah 10 senjata rahasia di bawah ini untuk membantu meningkatkan keberhasilan penjualan.
1. Kembangkan sikap positif.
Sikap Anda dapat menimbulkan sangat banyak perbedaan antara mencapai keberhasilan dan menghadapi kegagalan dalam penjualan. Sikap positif sangat penting dalam berbisnis apa saja. Sikap ini dapat membantu untuk mencapai tujuan dan keberhasilan penjualan lebih cepat. Bahkan dapat meningkatkan kemampuan untuk memenangkan transaksi bisnis. Klien akan dipengaruhi oleh sikap Anda selama bertransaksi. Jadi sikap positif  akan membantu mereka untuk memilih Anda daripada para pesaing yang lainnya. 
2. Buatlah cara negosiasi penjualan yang efektif.
Apabila ingin memenangkan transaksi bisnis dengan cepat dan hemat, buatlah cara negosiasi penjualan yang efektif saat menghadapi klien. Minum kopi bersama adalah cara negosiasi bisnis baru yang menggantikan makan siang bersama. Cara ini lebih cepat, lebih hemat biaya dan mempunyai peluang sukses yang lebih banyak. Untuk memaksimalkan penjualan, Anda perlu memiliki cara negosiasi yang nyata dan bisa diterapkan di tempat transaksi saat itu juga. Saat merencanakannya, Anda perlu menciptakan gambaran akurat mengenai tempat dan waktu transaksi. Apabila ada banyak klien yang harus Anda temui, biaya minum kopi bersama akan jauh lebih hemat daripada makan siang. Cara negosiasi yang sederhana dan efektif ini dijamin lebih banyak menghasilkan keuntungan penjualan bagi bisnis Anda. 
3. Selalu berfokus pada tujuan penjualan.
Tujuan, ambisi dan impian Anda dapat dengan mudah hilang saat menjalankan bisnis di tengah-tengah dunia persaingan yang sangat ketat sekarang ini. Oleh karena itu, Anda harus menanamkan fokus dan mengkomunikasikan tujuan penjualan Anda dengan jelas agar tetap selangkah lebih maju daripada para pesaing lainnya. Buatlah tujuan yang spesifik dan realistis agar mudah diterapkan dalam berbagai kegiatan transaksi bisnis sehari-hari.
4. Dahulukan logika daripada emosi.
Jangan pernah membuat keputusan bisnis berdasarkan emosi sebelum data-data empiris dianalisis dengan logika. Banyak pebisnis sering melakukan kesalahan karena termotivasi untuk melakukan transaksi yang didasarkan pada tingkat emosional tertentu dan baru membenarkan keputusan tersebut dengan logika setelahnya. Dalam setiap langkah proses penjualan, Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan klien sebelum melakukan pendekatan emosional. Dengan cara tersebut, mereka akan mudah termotivasi untuk mengambil keputusan dan membeli produk atau jasa Anda.
5. Hindari sikap yang dapat menyinggung klien.
Dalam konteks layanan profesional Anda harus mampu memprioritaskan perasaan klien. Oleh karena itu, hindarilah sikap yang dapat menyinggung klien saat sedang melakukan negosiasi dan transaksi penjualan. Ketika pembicaraan memasuki topik-topik sensitif seperti agama atau pandangan politik, hindarilah melakukan konfrontasi dan tunjukan sikap bahwa Anda menghargai opini mereka.
6. Miliki keyakinan diri yang tinggi
Membangun kepercayaan diri Anda adalah resep untuk meningkatkan kesukses dalam penjualan. Anda perlu memiliki pengetahuan cukup tentang produk yang dijual ketika berkomunikasi dengan klien. Tampakkanlah kepercayaan diri Anda saat menyampaikan ide-ide, rencana dan tujuan bisnis kepada klien. Aura kepercayaan diri dapat menimbulkan rasa hormat dan kagum dari orang lain. Para klien secara alami tertarik pada penjual yang percaya diri. 
7. Coba untuk menempatkan diri pada posisi klien Anda.
Agar dapat memahami kebutuhan para klien, Anda harus menempatkan diri pada posisi mereka. Cobalah berpura-pura menjadi diri mereka dan berpikir dengan cara yang sama. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang akan mereka inginkan dan apa saja tujuan bisnis yang akan dicapai dengan menyetujui transaksi yang ditawarkan. Dengan memahami kebutuhan dan visi klien, penjualan Anda akan lebih mudah dilakukan dengan pendekatan personal yang lebih baik.
8. Buat kesan pertama yang baik.
Ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya, kita cenderung membuat penilaian saat itu juga. Penilaian ini bisa sangat sulit untuk diubah. Hubungan baik dalam kehidupan pribadi dan bisnis bisa sangat rapuh karena sering dibangun dan dihancurkan oleh berbagai perilaku kita sendiri. Membuat kesan pertama yang baik saat bertemu klien sangatlah penting. Saat itu Anda perlu memastikan untuk berpakaian rapi, memenuhi semua janji yang dibuat sebelum bertemu, berbicara secara efisien dan efektif, memiliki energi dan antusiasme, serta menjadi diri sendiri sebaik mungkin.
9. Jangan sekadar menjual produk, jual juga manfaatnya.
Tidak peduli apa pun jenis bisnis yang ditawarkan, Anda tidak boleh sekadar berkonsentrasi pada penjualan produk saja. Para klien sebenarnya hanya peduli tentang manfaat dan keuntungan produk Anda. Oleh karena itu, ungkapkanlah berbagai manfaat produk Anda saat sedang melakukan penawaran penjualan. Utarakan bahwa produk Anda dapat menghemat waktu, meningkatkan kekayaan, memberikan ketenangan pikiran, atau menyediakan kesenangan dan kenikmatan bagi klien.
10. Buat hubungan yang akrab dengan klien.
Dalam semua aspek kehidupan, secara umum kita akan mudah tertarik pada orang-orang yang memiliki karakteristik yang mirip dengan diri kita sendiri. Hubungan dalam lingkungan sosial akan lebih akrab saat ada kepentingan dan minat yang sama. Hubungan akrab tersebut perlu diterapkan ke dalam pergaulan bisnis. Anda perlu membangun hubungan agar komunikasi berhasil mengambil tempat khusus di hati para klien. Apabila kedua belah pihak dapat merasa nyaman dan saling menerima, hubungan yang berkualitas akan mudah tercipta. Semakin kuat hubungan Anda dengan klien, proses penjualan akan semakin mudah pula. Sebuah hubungan yang akrab dan baik dapat memiliki dampak yang luar biasa pada penjualan Anda. Para klien cenderung mau membeli produk dari orang-orang yang dapat mereka percaya. Oleh karena itu, bangunlah kredibilitas untuk dapat membangun hubungan yang akrab dengan klien.
Bagaimana? Sudah tahu bukan senjata rahasia untuk berjualan? Senjata rahasia merupakan hal yang paling ampuh yang bisa digunakan untuk menaklukkan lawan. Jika senjata ini sudah kita miliki maka semuanya akan bisa teratasi dengan mudah. Semoga sepuluh hal di atas bisa membantu meningkatkan penjualan. Jangan sia-siakan tips yang sudah diberikan oleh bisnishack.com ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *