Tips Praktis Memilih Lokasi untuk Usaha Restoran

Q : Nama saya Budi Harianto, saya berasal dari Padang tapi tinggal di Bandung. Sebagai orang Padang saya ingin sekali membuka rumah makan Padang. Akan tetapi saya merasa bingung dimana saya bisa membukanya, dan bagaiamana setting tempat yang harus saya persiapkan? Bisnishack.com saya mohon bantuannya.

Budi Harianto (31), Bandung.
Image Credit : en.wikipedia.org
Jawaban :
Terimakasih Bapak Budi atas pertanyaan yang diberikan kepada Bisnishack.com. Masakan padang memang menjadi salah satu masakan paling enak di Indonesia, terlebih lagi rendang menjadi salah satu masakan terlezat di dunia. Tapi seiring berkembangnya zaman memang persaingan menjadi sangat ketat.
Tips dari Bisnishack.com untuk mencari tempat dan seting tempat dalam mendirikan rumah makan.
Pertama-tama anggaplah pelanggan seperti semut, maka pelajari jalur semut itu dan temukan di mana sarangnya. Dengan mempelajari kebiasaan orang lewat, jam berapa mereka berangkat dan pulang kerja, jalur mana yang dilewati, ini dapat Anda jadikan referensi untuk mencari tempat mendirikan rumah makan. 
Mungkin Anda bisa mendirikan rumah makan di sekitar sekolahan, kampus, area perkantoran, pabrik, dan perumahan, dimana orang-orang yang berada di daerah itu merupakan orang sibuk dan mungkin tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak makan.
Buatlah rumah makan Anda terlihat ramai, sediakan tempat parkir yang luas. Membuat citra ramai bisa dilakukan dengan semua pegawai Anda duduk dan berpura-pura sebagai pelanggan.
Selain itu, pelajari juga lokasi sekitar, apakah sudah ada warung makan lainnya? Apa saja yang mereka sediakan? Pelajari kelebihan dan kekurangan warung makan di sekitar tempat Anda. Tunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menyajikan yang terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *