Solusi Bisnis Sosial yang Menjanjikan

Sandang merupakan salah satu komponen penting untuk memenuhi kebutuhan primer setiap manusia. Sandang kini memiliki arti dan peran lebih dari sekedar penutup tubuh, pelindung dari dingan dan panas, menangkal segala bentuk yang mengganggu dari laur, tapi kini telah menjadi gaya berbusana dan lambang kedudukan. Bahkan semakin terjadi sosial yang mengelompokkan antara si kaya dan si miskin, yang berpangkat dan kasta sudra.
Namun sebenarnya hal ini menjadi harta karun di pulau tak bertujuan bagi mereka yang bisa berpikir kreatif dan mau memberdayakan orang-orang di sekitarnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini. Mengapa? Karena tingkat pengangguran di Indonesia masih terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Jadi, solusi apa yang relevan? Solusi yang relevan yakni menjalankan bisnis konveksi.
Ibu-ibu rumah tangga yang bahkan mungkin tidak pernah merasakan bangku pendidikan tinggi dan menjadi sumber daya manusia yang utama dalam pergerakan bisnis ini. Bapak-bapak yang harus menanggung biaya hidup keluarga yang begitu berat namun tak tahu harus bekerja apa, dapat di tampung sebagai tenaga pendorong. Dan juga para pengangguran terdidik yang mungkin memiliki kemampuan yang terbatas, dapat difungsikan sebagai pegawai staf. Kemudian nilai penting apa yang menjadikan bisnis konveksi ini sebagai bisnis sosial yang menjanjikan? Jawabannya adalah:
1. Pemberdayaan tenaga menganggur
Sepertinya ini menjadi poin yang sangat menarik untuk ditawarkan. Seperti pada pernyataan sebelumnya bahwa tingkat pengangguran di Indonesia masih sangat tinggi. Hal ini menjadi tolak ukur pertama yang dijadikan indikator suksesnya kegiatan bisnis konveksi. Dengan tingginya permintaan kebutuhan sandang di masyarakat, berarti butuh begitu banyak pakaian yang harus diproduksi nantinya. Maka dengan sumber daya manusia yang besar tentunya akan menimbulkan nilai produksi yang besar pula. Dan pada akhirnya penghasilan yang didapatkan mencapai berlipat-lipat.
2. Kembangkan bakat dan kreativitas
Pemilik bisnis konveksi maupun orang-orang yang menjadi subyek penggerak bisnis dapat mengembangkan bakat dan kreativitasnya untuk menghasilkan produk yang unik dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Mereka pun akan memiliki kemampuan dari keseharian yang mereka tekuni. Tentunya dengan arahan dari mereka yang telah lebih dahulu paham di bidangnya dan berbagi dengan mereka yang pemula.
3. Bisnis makro yang sangat menguntungkan
Permintaan kebutuhan sandang mulai dari baju, celana, jaket, hingga jas yang begitu tinggi di Indonesia berbanding lurus dengan tingkat pengangguran yang tinggi. Maka jika seorang pemilik bisnis konveksi yang mengembangkan media promosi dan pemasaran hingga mencapai titik maksimal permintaan barang, tentunya akan menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja yang menganggur dan menjadikan bisnisnya berkembang pesat.
Mulailah dari satu rumah konveksi terlebih dulu. Lalu memperbesar bisnis konveksi tersebut jika sudah dapat menangani lonjakan permintaan barang. Bahkan membuka cabang di kota-kota lain sesuai besaran konsumen di suatu daerah tersebut. Sedikit demi sedikit, nantinya bisa jadi membuka cabang diluar negeri jika merek dagang sudah merambah pesat didunia internasional. Sangat menjanjikan bukan? Hal itu kembali lagi dari si pemilik bisnis konveksi, apakah dia ingin berkembang atau hanya di situ- situ saja.
4. Prospek bisnis yang berkelanjutan
Tingkat kelahiran individu di Indonesia masih lebih besar dari pada tingkat kematian setiap harinya. Ini memproyeksikan tetap tingginya permintaan bahan sandang di masa yang akan datang. Dan apabila pemerintah belum bisa membuka lapangan pekerjaan yang memadai, tentunya bisnis konveksi akan tetap menyerap banyak masyarakat Indonesia yang menganggur untuk lebih produktif.
Tinggal bagaimana si pemilik bisnis konveksi itu mensiasati produk-produk miliknya. Mulai dari menjaga kualitas barang, tingkat ke unikan produk di pasaran, hingga nilai jual yang disesuaikan dengan bagian-bagian objek produksi barang sandang. Jika ini semua bisa di jamin, maka prospek bisnis akan semakin cerah dengan penghasilan yang terus meningkat akan selalu mewarnai mimpi si pemilik bisnis konveksi.
5. Tanggung jawab sosial masyarakat
Social Responsibility (Tanggung jawab sosial) nampaknya belum bisa terealisasi dengan maksimal dari peran pemerintah. Lalu apakah harus menunggu belas kasihan orang lain untuk dapat maju dan hidup dengan berkecukupan? Sudah saatnya bagi setiap orang untuk memikirkan kepentingan bersama. Tidak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga untuk orang-orang disekitarnya.
Bisnis konveksi sebagai bisnis sosial yang sangat menjanjikan dapat mengambil peran penting di dalamnya. Karena dengan tingkat permintaan yang tinggi berarti tidak hanya akan menghasilkan pendapatan yang berlipat ganda, namun juga dapat menyerap tenaga dan sumber daya manusia yang menganggur menjadi lebih bermanfaat.
Jadi apakah manusia-manusia yang di beri kekuatan lebih oleh Tuhan Yang Maha Esa hanya akan berpikir untuk dirinya sendiri? Hanya untuk sebuah kekayaan pribadi dan kesenangan dunia diri sendiri? Sudah saatnya untuk lebih berpikir kreatif serta inovatif demi kemajuan peradaban bersama. Tanggung jawab sosial sangat diperlukan bagi setiap manusia, antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya.
Saatnya untuk mensukseskan program pemerintah demi menyerap tenaga dan sumber daya manusia sekitar yang menganggur. Harus ada keseimbangan yang terjadi antara jumlah permintaan barang, jumlah produksi, dan penyerapan tenaga kerja. Sehingga akan terjadi pula keseimbangan transaksi bisnis antara modal yang ada, pendapatan, hingga beban pemilik bisnis konveksi.
Pemilik bisnis konveksi tidak boleh hanya mementingkan tingkat produksi sandang dan penghasilan perusahaan yang besar. Perlu dijumlah pula dengan upah minimum regional (UMR) agar para pekerja yang menjadi subyek bisnis konveksi akan merasa sangat dihargai dan memiliki semangat kerja yang semakin tinggi. Karena jika hal itu tidak diperhitungkan, maka para pekerja akan mogok dan bisnis konveksi yang besar akan menjadi sia-sia. Jadi, mulailah berbisnis konveksi mulai dari sekarang sebagai bisnis sosial yang menjanjikan!
Demikian sekilas uraian tentang solusi bisnis sosial yang menjanjikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para pembaca untuk membuka bisnis. Sekian, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *