5 Tips Memulai Bisnis Konveksi

Sandang, pangan, papan, dan pendidikan merupakan komponen primer bagi manusia yang wajib untuk dipenuhi. Tidak boleh terjadi kesenjangan dengan lebih mendahulukan untuk memenuhi kebutuhan sekunder ataupun tersier. Karena pada hakekatnya manusia memiliki kekuatan karena pondasi yang kuat, dalam hal ini adalah dengan memenuhi kebutuhan primer.
Dewasa ini sering kali manusia melalaikan pentingnya dari fungsi suatu produk. Salah satunya yaitu sandang sebagai kebutuhan primer yang telah beralih fungsi menjadi suatu kebutuhan sekunder bahkan tersier. Bagaimana tidak, pakaian yang memiliki nilai utama sebagai pelindung tubuh bagian luar manusia telah berpindah menjadi lambang kekayaan dan kewibawaan.
Orang cenderung mengkategorikan kasta orang lain disekitarnya, terutama dari segi pakaian. Berapa harganya, bagaimana kualitasnya, dimana pakaian itu diproduksi, atau bahkan hanya dilihat dari segi merek. Apakah pakaian tersebut dari merek ternama didunia atau bukan. Namun sebenarnya ada peluang bisnis yang sangat besar jika mau kreatif dan menggali potensi pasar tersebut yaitu dengan memulai bisnis konveksi.
Memulai bisnis? Pasti bagi sebagian orang hal ini dipandang masih kurang peminatnya. Orang akan cenderung pesimis karena membayangkan dampak kerugian yang begitu besar sebelum mereka mencoba. Padahal dalam sebuah bisnis istilah jatuh bangun itu menjadi hal yang biasa. Akan tetapi dari bisnis yang jatuh bangun tersebut apabila dihadapi dengan rasa percaya diri pada akhirnya akan menikmati keberhasilan yang tak terkira dari hasil jerih payah mereka sendiri. Sebenarnya ada beberapa kiat sukses memulai bisnis khususnya di bidang konveksi, seperti:
1. Berani mencoba
Butuh jiwa pemberani yang memang benar-benar berani dalam menghadapi sebuah tantangan dan mengambil risiko besar. Tingkat rasa berani yang tinggi akan menghilangkan segala rasa minder akan kekalahan sebelum bertanding. Namun keberanian tidak bisa datang begitu saja, butuh dorongan yang kuat dari orang-orang disekitar yang bersedia menumbuhkan rasa keberanian menjadi semakin gigih dalam kebulatan tekad.
2. Selalu optimis
Seringkali bisnis yang dijalankan mengalami kerugian hanya karena kurang cermatnya si pemilik dalam menjalankan bisnisnya. Asal terjun dan tidak melihat situasi pasar menjadi salahsatu akibat bisnis yang dijalankan tidak berjalan dengan lancar dan tidak juga menghitung serta mengkalkulasikan jumlah permintaan dan penawaran, sehingga ketika konsumen dengan cepat ingin merubah gaya hidup dan berbusana yang modern, pebisnis akan kebingungan dan seketika itu juga tren lama yang telah diproduksi dalam jumlah besar akan menurun harga jualnya. Dan hasilnya pemilik bisnis konveksi akan putus asa atas hal tersebut. Untuk itu seorang pebisnis haru lebih cermat dan teliti dalam menjalankan bisnis agar tak putus asa di kemudian hari.
3. Konsisten
Konsistensi pemilik bisnis konveksi menjadi hal yang sangat penting dalam mempertimbangkan segala hal, apakah dia akan selalu menekuni bidang tersebut atau tergiur dengan bisnis dan komoditas lain yang tak kalah menggairahkan. Disinilah pemilik bisnis konveksi dituntut untuk konsisten dalam mengembangkan dan meningkatkan layanan konsumen. Jangan mudah dirayu dengan iming-iming demi mengejar sesuatu yang belum pasti.
4. Kreatif dan inovatif
Kreativitas dan inovasi pemilik bisnis konveksi akan mempengaruhi tingkat keunikan produk yang dihasilkan. Pakaian yang dibuat oleh suatu rumah konveksi harus berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri dibanding produk-produk lain yang ada di pasaran. Hal ini akan berpengaruh pada nilai jual yang semakin tinggi dan mengundang konsumen yang cukup besar jika produk yang dijual di suatu toko tidak ditemukan ditempat lain.
Dari segi pemasaran pun sangat mudah di era transparansi informasi dan digitalisasi seperti sekarang ini. Produk-produk yang ada dapat di jual melalui media-media sosial online dan blog-blog serta media promosi online lainnya secara gratis. Sehingga dapat menekan biaya promosi serta memperbesar potensi keuntungan yang berlipat ganda.
5. Jangan cepat puas
Ketika bisnis yang dijalankan jatuh jangan putus asa dan ketika di puncak jangan besar kepala. Bisa jadi karena keteledoran ini akan membuat bisnis konveksi yang telah dibangun sekian lama dan dengan susah payah menjadi runtuh dan sia-sia tak berbekas. Jadi prioritaskan hal-hal yang dapat meningkatkan permintaan barang dari konsumen. Termasuk didalamnya optimalisasi pelayanan konsumen agar mereka memiliki kesan terbaik dan bisa menjadi subyek promosi.
Tidak sulit sebenarnya jika setiap orang sadar akan kemampuan dan potensi diri yang dapat dimaksimalkan serta kecermatan dan kecerdasan dalam melihat tren pasar menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Belum lagi di era globalisasi modern seperti sekarang ini, tidak perlu susah payah mengeluarkan energi dan biaya demi sebuah proyek pemasaran yang mendatangkan banyak konsumen. Karena hanya tinggal “klik” dunia ada di tanganmu.
Kemudahan akses internet kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun sangat membantu baik dalam segi promosi, pemasaran hingga optimalisasi layanan konsumen yang memungkinkan tidak hanya dari daerah-daerah di sekitar sentra produksi, namun juga seluruh Indonesia bahkan dunia. Ini baru pandangan dari segi promosi dan pemasaran.
Bagaimana jika ditinjau dari segi transaksi? Sangat mudah dan leluasa. Internet banking, sms banking, serta phone banking sangat memudahkan hubungan transaksional antara produsen, distributor, hingga konsumen pakaian. Sehingga tak perlu keluar rumah bahkan bertatap muka langsung jika ingin mengadakan transaksi.
Hebatnya, dengan kecanggihan era digital, bisnis konveksi berbasis teknologi informasi seperti ini sangat di mungkinkan antara si penjual dan si pembeli untuk tidak pernah bertemu secara langsung. Karena katalog dan pemesanan melalui internet kemudian transaksi sejumlah uang dapat di lakukan melalui transfer kerekening bank dan barang yang sudah dibayar dapat segera di kirim melalui kurir ataupun kantor pos. Pada akhirnya akan menguntungkan kedua belah pihak.
Konsumen akan di manjakan dengan detail-detail produk yang di sajikan secara jelas melalui media online. Dan pemilik bisnis konveksi selaku produsen dapat menekan biaya yang dapat di tekan, seperti media promosi dan pemasaran. Demi mendapatkan keuntungan yang begitu besar ketika merek dagang telah di kenal banyak orang. Jadi tunggu apalagi, mulailah dari sekarang dan temukan duniamu!
Demikian sekilas uraian tentang tips memulai bisnis konveksi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu para pembaca. Sekian, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *