Peran Media Sosial dalam Online Shop

Media sosial sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat saat ini. Setiap saat ada ratusan bahkan jutaan orang yang membuka dan berbagi keseharian melalui media sosial. Media sosial seperti twitter, facebook, path, instagram, dan lain-lain, berlomba-lomba mengembangkan aplikasi masing-masing untuk menarik minat masyarakat pengguna. Berdasarkan hal ini, media sosial pun menjadi lahan segar para pebisnis untuk menjual dan mempromosikan barang dagangannya.

Trend ini disebut online shop, atau belanja online. Melalui online shop, pembeli tidak harus repot-repot memakan waktu untuk pergi ke toko untuk membeli pakaian. Yang  dilakukan adalah cukup membuka website online shop, memilih barang, dan kemudian membayar via ATM atau transfer, terakhir, hanya tinggal menunggu barang dikirim ke rumah dalam jangka waktu yang ditentukan.

Media sosial menjadi tempat para pebisnis online untuk mengenalkan barang dagangannya kepada para pembeli. Alasannya sederhana saja, karena media sosial merupakan hal yang kerap dikunjungi masyarakat setiap harinya. Namun, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi media sosial apa saja yang bisa digunakan.

Twitter

Masyarakat pastilah kenal dengan media sosial yang satu ini. Media sosial ini terkenal di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Sebagai bukti, banyak artis luar negeri yang menggunakan akun media sosial ini. Alasannya, simpel saja, pengguna akun twitter tidak terlalu terganggu oleh tweet yang membanjiri beranda walaupun mempunyai banyak followers  atau pengikut.

Salah satu kelebihan dari twitter adalah jangakaun pengguna twitter yang tersebar luas di seluruh dunia. Jika menargetkan pasar pembeli dalam lingkup internasional, promosi di twitter adalah paling tepat, karena hampir semua orang di dunia akrab dengan media sosial ini.

Namun perlu diingat untuk mengelola akun ini semaksimal mungkin, mengingat notification pasti akan terus mengalir setiap detiknya. Selain itu, rajin memosting, dan promosi wajib hukumnya jika ingin follower terus bertambah setiap waktunya. Jangan ragu untuk mencari pelanggan dengan cara menyelipkan kata kunci di pencarian di twitter.

Seperti misalnya, mengetik kata “online shop” di kolom pencarian, maka orang- orang yang pernah menulis tweet dengan kata “online shop “ akan muncul. Langkah berikutnya hanya tinggal mention ke pengguna tersebut sambil promosi akun online shop yang dimiliki. Jangan lupa, untuk membuat akun resmi dengan nama toko online shop yang dimiliki, bukan dengan akun pribadi. Untuk menambah rasa percaya pelanggan, boleh dituliskan contact person, atau alamat e-mail, di kolom profil.

Website

Online shop bermula dari penjualan barang melalui website resmi yang sudah banyak dikenal, misalnya zalora, berrybenka, hijabenka, dan lain-lain. Namun, seiring perkembangan, online shop juga dapat dimiliki dengan bermodalkan akun media sosial. Kelebihan dari website sendiri adalah, sudah pasti lebih terkenal, karena pada umumnya hanya perusahaan resmi yang dapat membuat website seperti itu.

Kepercayaan masyarakat pun akan jauh lebih tinggi karena sudah banyak orang yang menggunakan jasa online shop itu. Penjualan barang yang dilakukan pun jauh lebih banyak pastinya, dan sistem yang dimiliki lebih rapi dan tertata karena memiliki pegawai yang bekerja untuk mengelolanya.

Facebook

Media sosial ini amatlah terkenal di Indonesia. Pelajar hingga orang tua banyak yang merasa lebih nyaman menggunakan facebook. Facebook dinilai lebih simpel daripada twitter yang statusnya cepat berganti tiap detiknya. Selain itu, beranda di facebook jauh lebih luas untuk memposting foto dan status.

Jika di twitter hanya terdapat 140 huruf, di facebook status yang ditulis tidak terbatas. Fitur di facebook juga terdapat album foto yang memungkinkan menyimpan beberapa foto dalam satu folder sehingga memudahkan pembeli untuk melihat barang sesuai dengan jenisnya.

Akan tetapi, lingkup yang dimiliki facebook sedikit terbatas, dan harus rajin untuk meminta pertemanan dengan pengguna facebook lainnya. Untuk itu disarankan akan lebih baik jika membuat fanpage, dan selanjutnya tinggal membuat request agar orang lain me-like fanpage tersebut. Hal itu jauh lebih efektif daripada membuat akun biasa atau grup.

Instagram

Instagram menjadi media sosial yang digemari anak muda karena berandanya yang penuh dengan gambar dan foto. Bagi yang merasa bosan melihat status akun media sosial yang penuh tulisan, instagram menjadi pilihan untuk memanjakan mata. Memosting status di instagram diwajibkan dengan gambar atau video.

Sekedar tips, ketika memposting gambar dagangan, pastikan membuat banyak hastag (#) seperti, #summerskirt, #onlineshopping #onlineshop, #ladieswardrobe, dan sebagainya. Hastag ini diperlukan sebagai kata kunci jika ada yang ingin mencari barang lewat hastag tersebut.

Jangan khawatir, karena ketika memasukkan hastag, maka otomatis tulisan akan berubah warna menjadi biru atau merah yang menandakan keyword tersebut merupakan link yang dapat diakses dengan sekali klik. Ketika menekan sebuah hastag, maka semua orang yang memposting status dengan menggunakan hastag tersebut akan muncul.

BBM 

BlackBerry Messenger atau biasa disingkat BBM merupakan aplikasi yang dipakai hampir oleh semua orang di Indonesia. Trend BBM merebak lewat ponsel dengan ponsel dengan nama yang sama. Tapi dewasa ini, BBM menjadi sebuah aplikasi yang dapat di-instal di android. Hal ini semakin menjadikan BBM sebuah target pasar yang cukup menjanjikan.

Tidak seperti dengan akun sosial lainnya, BBM hanya bisa mempunyai satu akun setiap nomor yang dimiliki dengan kode yang terdiri dari huruf dan angka yang disebut pin BBM. Untuk dapat saling berteman, yang perlu dilakukan adalah meng-invite pin BBM dan menunggu hingga di-accept.

Cara yang dilakukan untuk mempromosikan produk adalah, membuat grup khusus online shop yang dimiliki dan mengundang teman-teman di kontak BBM untuk ikut bergabung. Setiap produk baru yang masuk dapat diposting di grup tersebut. Dan jangan lupakan fast respond, alias respon cepat apabila ada yang bertanya di grup tersebut.

Whatsapp 

Sama seperti BBM, aplikasi ini dapat digunakan untuk mempromosikan online shop yang dimiliki. Setiap nomor hanya bisa memiliki satu akun whatsapp. Whatsapp ini sendiri biasanya digunakan hanya untuk chatting seperti SMS. Berbeda dengan BBM, cara memiliki teman di aplikasi whatsapp adalah, hanya perlu menyimpan nomor teman dalam kontak, maka otomatis akan menjadi teman di whatsapp.

Lalu, yang perlu dilakukan adalah membuat grup serupa dengan BBM dan memasukan teman-teman yang sekiranya berminat dengan online shop untuk menjadi anggota. Terkadang, alasan kenapa perlu menggunakan sosial media ini untuk berjualan, padahal sama seperti BBM adalah, karena awalnya tidak semua orang memiliki BBM.

Whatsapp dapat di-instal oleh pengguna android dan BlackBerry. Namun, apa salahnya memperbanyak grup bukan, asalkan semuanya dapat diolah dengan efektif dan menguntungkan.

Kunci agar online shop memiliki banyak pelanggan dan sukses adalah, kuatnya jaringan yang dimiliki. Apabila pelanggan merasa puas dan percaya dengan pelayanan online shop yang dimiliki, maka pelanggan yang lain akan bermunculan lagi. Untuk mendapatkan jaringan, tentu perlu memiliki berbagai akun media sosial guna memperluas jaringan. Asalkan perlu diingat dengan baik, untuk mengelola semua akun tersebut dengan rajin dan cermat. Respon yang cepat perlu diberikan agar pelanggan merasa puas dan segera memesan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *