Langkah Sukses Berjualan Secara Online

Berbisnis secara online memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat masa kini terutama untuk pebisnis muda zaman sekarang. Sudah sangat marak beredar dan hampir di setiap situs ada. Selain mudah, penjualan secara online lebih praktis dan lebih efisien waktu, terutama untuk pekerja yang super sibuk tanpa ada waktu luang sedikitpun. Banyak keuntungan dari berjualan secara online antara lain hemat waktu dan biaya.
Dengan lewat dunia maya, Anda sudah bisa memasarkan produk-produk Anda tanpa repot memikirkan dampak-dampak lain. Berjualan secara online kerap diminati oleh pebisnis yang memang hanya memiliki waktu luang sedikit atau jam kerja full time. Kebanyakan mereka menjadikan bisnis tersebut sebagai bisnis sampingan namun dengan keuntungan yang lumayan besar. 
Namun berjualan secara online juga tidak mudah untuk orang-orang yang belum ahli dalam bidangnya. Banyak diantara pebisnis-pebisnis online yang gagal dalam bisnis online tersebut. Biasanya para pebisnis yang gagal tidak memperhatikan seluk beluk bagaimana berjualan online terlebih dahulu, namun mereka hanya sekedar share dan memasarkannya saja di suatu situs web tanpa mengotak-atik kembali. Dengan memperhatikan trik-trik dan langkah dalam berbisnis online maka sedikit peluang bagi Anda untuk gagal. Berikut adalah lima langkah sukses berjualan secara online yang perlu Anda perhatikan :
1. Pelayanan yang Fleksibel
Sebagai penjual tentunya Anda harus memiliki kemampuan ini. Pelayanan yang fleksibel terhadap konsumen merupakan hal penting dan langkah awal yang perlu diperhatikan untuk para penjual terlebih para penjual online. Dengan langkah ini maka Anda akan dengan mudah menarik hati konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Biasanya langkah ini kerap dimiliki oleh distributor barang untuk memasarkan barang yang ada.
Berhubung dalam berbisnis online tidak perlu menggunakan distributor maka kemampuan ini perlu Anda kuasai terlebih dahulu sebelum memasarkan barang dan berhadapan dengan konsumen. Walau hanya di dunia maya yang tentu saja Anda tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen terlebih dahulu untuk memasarkan barang terhadap konsumen, namun langkah ini sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk Anda. 
2. Sesuaikan dengan musim

Dalam berjualan secara online tentunya Anda harus memperhatikan waktu serta musim jualan. Jangan hanya asal-asalan share dan memasarkan karena hal tersebut bisa jadi membuat produk Anda tidak laku dalam situs jual beli online. Sesuaikan barang yang akan Anda share dengan musin dan kondisi dimana Anda akan share saat itu. 
Para konsumen biasanya lebih tertarik untuk membeli produk yang sesuai dengan musim saat itu. Sehingga bagi Anda yang memiliki barang namun belum sesuai dengan musim pasaran saat ini, lebih baik jangan dipasarkan terlebih dahulu atau memunggu musin dimana barang Anda dalam taraf trendy. Dalam hal ini kita dituntut untuk bersabar dalam hal pemasaran. Meskipun sulit namun langkah ini akan lebih efektif, karena dapat menghindarkan dari kerugian besar. 
3. Berikan harga yang adil dan kompetitif


Untuk masalah harga, Anda juga perlu mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menentukannya. Kebanyakan harga produk jual beli online lebih murah dari harga asal, namun ini tidak bisa menjadi acuan. Akan lebih baik lagi jika harga disesuaikan dengan kualitas barang, sehingga meskipun harga barang tersebut mahal, konsumen tidak akan kecewa. 
Untuk Anda yang memasarkan barang asli maka lebih baik Anda mengambil keuntungan lebih sedikit daripada keuntungan biasanya. Dengan langkah ini maka akan menarik minat para konsumen untuk membeli produk Anda. Selain itu, pilihlah harga yang sesuai dengan barang yang akan Anda share. 
Di dalam berbisnis online, Anda dituntut untuk menginformasikan  mengenai produk dan harga produk sedetail mungkin. Hal ini karena konsumen hanya mendapatkan informasi tersebut dari situs web yang kita gunakan. Jika kita tidak memberikan informasi yang jelas dan spesifik, bisa jadi pelanggan akan mengurungkan niatnya untuk membeli produk kita dan berpindah pada situs jual beli online yang lain.
4. Sediakan lebih banyak pilihan barang
Menyediakan lebih banyak pilihan barang akan lebih menarik minat para konsumen. Dengan menyediakan banyak pilihan maka konsumen akan lebih leluasa dalam memilih produk sehingga tidak terkesan monoton. Selain itu, kebanyakan konsumen lebih senang memilih macam-macam barang terlebih dahulu yang sekiranya cocok dengan mereka daripada mereka hanya membeli barang satu pilihan tanpa ada pilihan yang lain.
 Disamping menarik minat konsumen, Anda akan memperoleh keuntungan dari menyediakan lebih banyak pilihan barang. Dengan banyak pilihan barang yang disediakan, tentu akan lebih besar keuntungan yang dapat Anda peroleh. Langkah ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang memang berkecipung atau ingin berbisnis online.
5. Situs toko online mudah diakses dan jelas
Untuk pemasaran produk, usahakan Anda memilih situs toko online yang mudah diakses dan jelas sehingga produk dapat dilihat oleh lebih banyak orang yang membuka situs tersebut. Jangan gunakan situs online yang tidak jelas asal usulnya karena bisa jadi Anda hanya dianggap sebagai oknum penipuan semata. 
Biasanya para konsumen lebih sering membuka situs yang banyak peminat atau pengunjungnya, jadi pilihlah situs toko online yang sekiranya banyak dikunjungi atau di akses banyak orang. Selain pemasarannya mudah, memilih toko online yang mudah diakses akan lebih mengenalkan produk Anda ke banyak orang, sehingga Anda semakin cepat mendapatkan keuntungan dari berjualan secara online tersebut. 
Kelima hal di atas merupakan langkah inti bagi Anda yang ingin sukses berkecipung di bidang jual beli secara online. Berbisnis secara online memang mudah asal Anda memperhatikan hal-hal tersebut. Selain itu dalam berbisnis online diperlukan kejujuran dan tanggungjawab. Karena dengan sikap jujur dan tanggungjawab konsumen akan percaya dan tidak kapok dengan produk ataupun pelayanan kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *