Jangan Mulai Bisnis Fotokopi, Sebelum Membaca 4 Tips Ini!

Sebelum memutuskan untuk berbisnis fotokopi, tentu harapan Anda adalah bisnis yang akan dijalankan akan sukses dan berkembang. Bisnis fotokopi sampai saat ini masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Besar peluangnya untuk bisnis fotokopi dapat mencapai kesuksesan. Tetapi tentu saja, ada trik-trik khusus untuk menjalankannya agar bisnis ini dapat berkembang dengan pesat. Berikut ini, 4 kunci sukses untuk berbisnis fotokopi. Yuk, kita simak.

1. Pilih lokasi yang sempurna
Kunci sukses yang pertama untuk berbisnis fotokopi adalah pilihlah lokasi yang sempurna. Pengguna jasa fotokopi terbanyak adalah para pelajar, kemudian para karyawan perkantoran atau pegawai daerah, baru setelah itu masyarakat umum. Mengacu pada target pasar terbanyak, yaitu pelajar,usahakan untuk memilih lokasi bisnis fotokopi di dekat instalasi pendidikan, sekolah, kampus dan area perkantoran. Karena pemilihan lokasi ini sangat penting untuk menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis fotokopi. 
Percuma saja, jika Anda memiliki manajemen yang baik, modal dan karyawan yang handal tetapi lokasi dibukanya bisnis ini di dekat pantai atau tempat wisata. Dimana di sana hanya ada orang yang ingin berlibur saja. Tidak akan memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran atau pekerjaan. Sehingga sangat kecil kemungkinannya, usaha fotokopi tersebut akan mendapatkan banyak konsumen. Sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu beberapa tempat sebagai option untuk dijadikan sebagai lokasi bisnis fotokopi.
2. ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ) harga pesaing
Sebelum membuka bisnis fotokopi, lakukanlah riset harga pada pesaing-pesaing Anda. Datangilah beberapa fotokopi-fotokopi terdekat. Amatilah harga yang mereka pasang. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menentukan harga jual. Setelah mengamati, tirulah harga jual dari para pesaing. Agar harga jual di tempat fotokopi Anda tidak lebih rendah atau lebih tinggi dari yang lain. 
Meskipun harga jual yang ditawarkan sama, tempat fotokopi Anda harus memiliki sesuatu yang berbeda dari tempat fotokopi yang lain. Modifikasilah harga jual, sehingga ada yang membedakan dengan tempat fotokopi yang lain. Contohnya, fotokopi A dan B memasang harga jual Rp 150 per lembar. Tidak masalah jika harga per lembarnya sama. Tidak perlu memasang harga lebih rendah untuk menarik konsumen. Tetapi lakukan saja modifikasi pada harga tersebut. Rp 150 untuk harga per lembar, Rp 125 untuk minimal 100 lembar. 
Dengan penawaran seperti itu, Anda akan dapat menarik konsumen tanpa harus menurunkan harga. Atau Anda juga dapat menggunakan sistem bonus. Berikan bonus menarik untuk jumlah tertentu. Misalnya, untuk fotokopi antara 100-500 lembar mendapatkan bonus pulpen, atau untuk jasa fotokopi minimal 200 lembar, gratis jilid. Atau masih banyak lagi. Dengan banyaknya penawaran semacam itu, maka konsumen akan lebih tertarik mendatangi tempat fotokopi milik Anda. 
3. Ciptakan pelayanan maksimal
Karena bisnis fotokopi ini menjual jasa, pelayanan menjadi faktor utama kesuksesan sebuah bisnis fotokopi. Untuk itu, berikan pelayanan semaksimal mungkin kepada para pelanggan. Jangan biarkan pelanggan untuk menunggu terlalu lama. Atau bila memungkinkan, sediakan ruang tunggu yang nyaman. Sehingga, meskipun pelanggan harus menunggu, dia tidak akan merasa bosan. Selain itu berikan keramahan dari semua karyawan Anda. Kalau perlu luangkan sedikit waktu untuk mengajak pelanggan ngobrol di tengah waktunya menunggu. 
Dengan demikian, pelanggan akan merasa diperhatikan dengan pelayanan yang maksimal. Selain pelayanan dari karyawan, Anda perlu menghindari terjadinya kesalahan teknis pada mesin fotokopi saat sedang melayani konsumen. Untuk itu pilihlah mesin fotokopi yang terbaik, agar kecil kemungkinan terjadinya kesalahan. Inovasi dan kreatifitas juga sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan pada konsumen. Jika para konsumen merasa puas dengan pelayanan bisnis fotokopi Anda, maka mereka pasti akan datang kembali dan menjadi pelanggan tetap. Dan repeat order akan mudah untuk didapatkan. 
Prioritaskan kepuasan para pelanggan Anda, untuk kesuksesan bisnis fotokopi yang akan dijalankan. Karena bisnis ini sangat bergantung kepada konsumen yang menggunakan jasa fotokopi. Jangan sampai usaha uang sudah dirintis harus gulung tikar karena konsumen yang merasa tidak puas dengan pelayanan pada bisnis fotokopi Anda.
4. Miliki karyawan yang handal
Kunci sukses yang terakhir berhubungan dengan sumber daya manusia. Pekerjakan karyawan yang baik dan handal. Karena Anda tidak akan sanggup mengurus dan melayani para konsumen seorang diri. Untuk itu diperlukan adanya rekrutmen karyawan. Untuk rekrutmen diperlukan beberapa kriteria bagi para calon karyawan. Misalnya, harus jujur, niat kerja tinggi, komunikatif dan lainnya. Karyawan juga harus memahami tugas-tugas serta tanggung jawab yang harus dijalankan. Dia harus mengerti bahwa tugas utamanya adalah melayani konsumen dengan baik. 
Ciptakan pula suasana yangnyaman di tempat kerja bagi karyawan. Apabila karyawan sudah merasa nyaman, maka tidak sulit baginya untuk membuat konsumen merasakan kenyamanan juga. Karyawan yang telah direkrut tidak perlu memiliki banyak pengalaman di bidang fotokopi. Yang penting karyawan tersebut memiliki pribadi yang terampil dan juga kreatif. Sehingga saat diberi pengarahan tentang pekerjaan dan hal yang baru, dia akan dengan mudah menguasainya. 
Satu yang tidak boleh Anda acuhkan, usahakan untuk mencari karyawan dari daerah yang dekat dengan lokasi bisnis yang dijalankan. Selain dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dalam hal jasa fotokopi dan alat tulis, bisnis fotokopi Anda juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi para masyarakat di sekitar lokasi bisnis. 
Hal ini dapat membuat para karyawan bekerja lebih efektif dan efisien. Karena tempat mereka bekerja lokasinya tidak jauh dari rumah, sehingga akan kecil kemungkinan bagi karyawan untuk terlambat dating dengan alasan jarak rumah yang jauh. Dengan seperti ini, Anda akan memiliki karyawan yang baik dan juga handal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *