9 Tips Menjaga Kebersihan Penginapan dan Karyawan

Ada banyak hal yang mempengaruhi kesehatan manusia. Bahkan hal kecilpun akan mengakibatkan seseorang menjadi tertular penyakit jika tidak dalam kondisi yang prima. Ada beberapa hal mendasar yang menjadi perhatian utama karyawan yang nantinya pasti berpengaruh dalam pelayanan pada para pelanggan. 
Apalagi usaha penginapan mengharuskan karyawan untuk berinteraksi dengan orang banyak. Pastinya kebersihan dan kesehatan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Instruksikan pada karyawan Anda untuk mengikuti seluruh standar operasional dasar dalam menjaga kesehatan dan kebersihan pelanggan dengan dimulai dari diri masing-masing berikut ini.
1. Mandi setiap hari
Mandi menjadi hal wajib yang harus dilakukan para karyawan sebelum berangkat bekerja. Dengan memulai hari kerja dalam keadaan bersih, maka hal tersebut akan tercermin dalam penampilan karyawan itu sendiri. Dalam melayani tamu nantinya, kuman-kuman penyebab keringat dan bau tidak akan menjadi masalah karena mandi yang dilakukan karyawan menjaga kesegaran sepanjang hari. Karyawan dan para tamu akan merasa nyaman dengan kondisi tersebut. 
2. Pakai deodoran
Pemakaian deodoran setelah mandi akan membantu karyawan meminimalkan keringat dan bau badan yang mungkin saja dialami dan menjadi masalah bagi sebagian orang. Deodoran akan menambah aroma wangi dan meningkatkan percaya diri karyawan dalam pelaksanaan tugas dalam melayani tamu, mengingat banyaknya aktifitas dalam bisnis pelayanan umum tersebut. Tamu yang berinteraksi dengan karyawan inipun akan nyaman dan tidak ilfil dengan aroma yang ditimbulkan karyawan tersebut.
3. Gosok gigi
Selain mandi, hal penting lain adalah dengan menggososk gigi. Tak hanya dalam pekerjaan, bahkan dalam pergaulan pun bau mulut dan permasalahan gigi menjadi perhatian khusus karena menyangkut komunikasi. Wajibkan karyawan Anda untuk menggosok gigi selalu, karena dapat berpengaruh terhadap performa mereka saat melayani tamu, saat berbicara, menawarkan fasilitas dan lyanan dan lain lain. Bisa saja tamu yang awalnya ingin memesan, menjadi tidak berminat lagi karena bau mulut yang ditimbulkan karyawan.
4. Cuci tangan setelah dari toilet
Pastikan selalu membasuh tangan Anda menggunakan sabun setelah menggunakan toilet untuk meminimalisasi penyebaran kuman dan bakteri yang ada di kloset, wastafel, dan semua perabotan di toilet. Seperti yang kita tahu bersama, penularan penyakit banyak disebabkan dan ditularkan dari penggunaan toilet yang tidak terjamin kebersihannya. Selain itu, jangan lupa untuk memerintahkan karyawan mengontrol kondisi kebersihan dan kelayakan fasilitas di kamar mandi. Kondisi yang bersih, terawat dan rapi akan menghambat penyebaran kuman dan bakteri. 
5. Ikat rambut
Rambut panjang menjadi permasalahan baru bagi karyawan, apalagi saat keadaan penginapan ramai atau banyak pengunjung. Rambut panjang akan mengganggu aktivitas dan bisa jadi ada beberapa helai yang akan jatuh, mengganggu, terkesan tidak rapi, dan lain lain. Hal semacam itu akan berdampak pada kualitas pelayanan dan profesionalitas. Wajibkan bagi karyawan yang memiliki rambut panjang untuk mengikat dan merapikan rambut mereka. Rambut berantakan dan tak terawat akan membuat tamu-tamu Anda merasa jijik dan enggan untuk kembali lagi ke penginapan Anda.
6. Jangan dipaksa jika sakit
Beritahukan pada para karyawan untuk jujur dan terus terang mengenai kondisi kesehatan mereka. Katakan bahwa karyawan harus mengatakan jika mereka sakit. Jika hal itu terjadi, perintahkan karyawan tersebut untuk istirahat, karena jika dipaksakan hal tersebut akan riskan untuk terjaminnya higienisme dan kesehatan makanan yang disajikan pada para tamu dan pelanggan. Karena bisa saja sakit yang dibawa karyawan jika masih melayani tamu akan cepat menyebar dan membuat mereka malu.
7. Pastikan kebersihan dan kerapian pakaian dan sepatu
Kebersihan dan kerapian menjadi hal yang patut diperhtikan karena menyangkut pencitraan yang tercermin di penginapan Anda. Jika semua karyawan berpenampilan mantap, image peginapan akan terangkat dan mencerminkan kualitas. Pastikan penampilan karyawan Anda tampak berkelas dan terdidik dengan benar. Pelayanan pada tamu yang penting adalah bagaimana membawa diri sehingga tamu-tamu tersebut merasa puas dengan semua yang ditawarkan dan diberikan.
8. Cuci tangan sebelum dam setelah makan
Hal itu harus dilakukan oleh semua orang, bukan hanya karyawan sebuah penginapan yang sering berinteraksi dengan orang banyak saja. Dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, akan menghindarkan penyebaran penyakit, menjaga kesehatan dan menjamin kebersihan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Tentu saja tamu tak hanya akan tidur, mereka juga pasti membutuhkan makanan. Makanan yang akan disajikan pada para tamu harus higienis sehingga mereka bisa selalu merasa tenang dan aman dengan makanan yang ada di penginapan Anda.
9. Perbanlah luka
Jika karyawan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka sobek dan terbuka, maka wajibkan bagi mereka untuk segera membungkus luka dengan perban dan cairan antiseptik. Hal tersebut untuk mengurangi penyebab timbulnya bakteri dan mudahnya penyebaran penyakit, dan menghindarkan dari datangnya lalat yang membawa kuman.
10. Pakai masker saat batuk pilek
Penularan virus batuk pilek lebih cepat dari orang berlari, sehingga ketika karyawan batuk dan tidak ada pelindung akan mudah menular pada makanan dan tamu yang ada di sekitarnya. Pakai masker saat sakit batuk dan pilek untuk melindungi tamu dari kemungkinan penularan.
11. Buang tisu kotor secepatnya
Tisu yang sudah terkontaminasi akan menjadi sarang kuman, jika sudah dipakai akan lebih aman langsung dibuang. Tisu kotor yang Anda letakkan sembarangan kuman yang ada akan terbawa bersama udara, sehingga bisa menyebar ke sekelilingnya. Jika daya tahan tamu kurang baik, maka akan mudah tertular.
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan penyebaran kuman penyakit dan menjaga kebersihan serta kesehatan. Dari begitu banyak hal, pilihlah hal yang sekiranya sangat penting dan mencangkup keseluruhan dasar dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Namun sebenarnya semua hal yang menyangkut kenyamanan para tamu harus dilakukan dan diusahakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *