Hal yang Harus Dilakukan Agar Orangtua Merestui Bisnis Anda

Q : Nama saya Dedi Pratama saya pelajar disalah satu SMA Negeri di Surabaya. Memang saya masih SMA tapi saya sudah ingin sekali membangun sebuah bisnis. Akan tetapi, kedua orang tua saya melarang saya untuk melakukan bisnis karena mereka takut menganggu kegiatan belajar saya. Kira-kira apakah yang harus saya lakukan? Apakah Bisnishack.com punya solusi untuk masalah saya?

Dedi Pratama, Surabaya
Jawaban :
Baiklah saudara Dedi, terimakasih atas pertanyaannya yang sudah disampaikan. Bisnishack.com akan membantu menjawab masalah Anda.
Memang apa yang dikhawatirkan oleh orang tua Anda adalah sebuah hal yang wajar. Jika Anda tidak konsisten dan pandai membagi waktu maka itu akan menjadi bumerang untuk Anda. 
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkomunikasikan kepada orang tua bahwa apa yang Anda lakukan adalah sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Jelaskan juga bahwa berbisnis adalah passion Anda. Anda juga harus bisa meyakinkan bahwa kegiatan bisnis yang Anda lakukan tidak akan mengganggu kegiatan sekolah. Anda juga bisa membuat perjanjian. 
Misalnya semester ini Anda melakukan bisnis selama 6 bulan. Jika nilai di sekolah turun, maka Anda akan kembali fokus sekolah. Tapi jika nilai tidak turun atau bahkan naik maka orang tua harus menyetujui langkah Anda untuk berbisnis sambil sekolah.
Ini bisa juga dijadikan pembuktian bagi diri Anda sendiri. Anda akan semakin yakin bahwa sekolah dan bisnis bisa jalan bersama jika Anda fokus dan memiliki prioritas yang jelas untuk masing-masing bidang. Intinya, tetap lakukan komunikasi secara intensif dengan orang tua. Jika mereka mengerti dan mendukung kegiatan bisnis Anda, tentu akan jauh lebih menyenangkan bukan? Selamat berbisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *