Cara Untuk Menjadi Bos yang Disukai Pegawai

Kebanyakan seseorang yang menjadi bos selalu merasa bahwa diri mereka adalah orang yang bisa mengatur bawahan mereka sesukanya. Dengan sikap seperti ini, maka jangan berharap bahwa semua karyawan akan menyukai Anda. Banyak sekali kasus terjadi seperti karyawan menjadi malas, bekerja semau mereka, dan mungkin jarang masuk atau bahkan keluar dari pekerjaan karena tidak cocok dengan bos. Apa jadinya jika seperti ini?

Di bawah ini ada beberapa sifat dan sikap dari seorang bos yang tidak disukai oleh karyawannya, diantaranya adalah :

– Mudah marah
– Tidak mau dikritik
– Selalu lari dari tanggung jawab
– Tidak bisa memberikan motivasi kepada karyawan
– Lamban dalam berfikir dan bertindak

Menjadi bos tidak harus selalu menyuruh, membentak, dan marah-marah, akan tetapi mungkin Anda bisa lebih kalem, sabar, dan mudah berkomunikasi serta murah senyum. Hal ini akan menjadikan Anda seorang bos yang dihormati. Dengan karyawan yang menaruh hormat kepada Anda, tentunya akan mudah untuk maju bersama membangun sebuah bisnis yang besar.

Dalam artikelnya kali ini Bisnishack.com memberikan informasi tentang cara untuk menjadi bos yang disukai oleh pegawainya. Poin-poin yang ingin kami bagi adalah paham hak-hak pegawai, memberi kesempatan pegawai untuk berkreasi, mampu menjelaskan visi, misi, dan arah perusahaan, berfikiran bahwa Anda sukses bukan karena diri sendiri, menjadi sumber inspirasi, mau dikritik, selalu meluangkan waktu, dan berpenampilan menarik. Untuk itu Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

a. Paham hak-hak pegawai



Setiap manusia di dunia ini memiliki hak dan kewajiban mereka masing-masing. Manusia satu harus selalu memperhatikan hak orang lain. Dalam sebuah pekerjaan, seorang bos hendaknya memperhatikan apa yang menjadi hak karyawannya. Mendapatkan gaji, mengutarakan pendapat, dan mendapat perlindungan merupakan hal yang termasuk dalam hak karyawan dan harus dihormati oleh seorang bos. Jika Anda mampu melakukan hal ini, dalam artian mampu menghormati dan menjunjung hak dari setiap karyawan Anda. Tentunya Anda merupakan salah satu bos yang disukai oleh karyawan.

Maka dari itu, sebelum melakukan tugas pertama Anda menjadi seorang bos, pelajari dan pahamilah apa yang menjadi hak seorang karyawan. Jangan sampai Anda melewatkan satu hal pun, karena jika apa yang menjadi hak karyawan tidak dipenuhi mereka akan memberontak dan mungkin akan meninggalkan Anda.

b. Beri kesempatan pegawai untuk menjalankan ide-ide mereka


Dalam bekerja selalu dituntut untuk memunculkan ide-ide baru guna membuat sebuah perusahaan semakin berkembang. Maka dari itu, seorang bos tidaklah tepat jika membatasi ide dan kreatifitas dari karyawannya. Membatasi kreatifitas orang lain yang bisa menguntungkan diri Anda adalah salah satu hal merugikan.
Cobalah untuk memberi ruang kepada karyawan Anda untuk mengembangkan ide mereka. Hal yang Anda lakukan ini akan membuat kesan bahawa Anda adalah orang yang menghargai orang lain. Sikap saling menghargai akan membuat seseorang menyukai diri Anda, jika ingin dihargai maka hargailah orang lain terlebih dahulu.

c. Pastikan Anda menjelaskan visi, misi, dan ke mana arah nantinya perusahaan akan dibangun


Sebagai seorang bos yang tentunya Anda mempunyai banyak ide untuk mencapai tujuan dalam bisnis. Sebaiknya Anda terlebih dahulu menjelaskan kepada semua pegawai tentang visi dan misi perusahaan. Sampaikan kepada semuanya apa tujuan yang ingin dicapai, dan ke mana arah perusahaan Anda. Dengan menjelaskan ini akan membuat pegawai paham dan mempunyai pikiran dan pandangan yang sama dengan Anda. Memiliki satu pandangan yang sama tentunya akan mempermudah jalannya sebuah bisnis, dan apa yang Anda lakukan ini akan membuat pegawai segan dan senang dengan Anda.

d. Saat Anda sukses, pastikan para pegawai juga merasa mereka meraih sukses


Kesuksesan sebuah perusahaan bukanlah semata-mata karena kerja keras seorang bos saja. Ingatlah bahwa seluruh pegawai juga telah berusaha keras membantu dan mengorbankan waktu mereka agar apa yang menjadi impian Anda tercapai. Maka dari itu, saat kesuksesan tercapai pastikan para pegawai juga merasakan apa yang Anda rasakan. Hal mudah yang bisa Anda lakukan mungkin dengan merayakannya, entah makan bersama, liburan, atau memberikan bonus.

e. Jadilah sosok yang bisa menjadi sumber energi dan inspirasi bagi para pegawai


Seorang bos adalah orang yang paling nomor satu dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu seorang bos harus bisa memberikan masukan, nasihat, motivasi, dan terlebih lagi inspirasi. Sebuah inspirasi selalu dibutuhkan oleh seorang pegawai untuk melaksanakan pekerjaannya dan membuat perubahan serta kemajuan. Jadi, selalu berikan masukan, motivasi, dan bantu pegawai Anda untuk memunculkan ide-ide. Menjadi inspirator bagi pegawai tentunya adalah hal yang baik untuk memajukan bisnis Anda, mengingat seorang pegawai juga bekerja untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan Anda.

f. Mau menerima kritik


Sebuah kedewasaan dalam menerima sebuah kritik akan membuat seseorang menjadi lebih baik. Dengan kritik seseorang tersebut mampu merubahnya menjadi bahan untuk mengevaluasi diri. Maka kunci untuk menjadi bos yang baik dan disukai oleh pegawainya, jangan marah dan selalu menerima kritik dengan baik. Mungkin akan lebih baik jika Anda menambahkan ucapan terimakasih. Kritik bukanlah sesuatu yang menyakitkan atau bukan berupa ejekan, akan tetapi nasihat yang akan membantu Anda melakukan perubahan.

g. Selalu luangkan waktu untuk pegawai


Memberikan perhatian lebih untuk memantau dan selalu mengecek keadaan pegawai, akan membuat Anda terkesan seorang bos yang memiliki perhatian tinggi. Meluangkan waktu untuk sekedar bertanya apakah ada masalah yang dihadapi, akan membuat pegawai Anda merasa antusias. Mereka akan merasa terbantu dengan hal yang Anda lakukan.

Buatlah jadwal pekerjaan yang baik, dan tuliskan beberapa waktu Anda khusus untuk memantau dan berkomunikasi dengan pegawai. Hal ini akan membantu Anda untuk menarik rasa simpati pegawai terhadap seorang bos.

h. Berpenampilan menarik



Salah satu yang menjadi daya tarik seseorang untuk lebih mengenal orang lain adalah penampilannya. Penampilan yang menarik akan membuat orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang rapi dan berkepribadian baik. Penampilan sebagai seorang bos harus diperhatikan, usahakan agar gaya pakaian, rambut, dan bicara Anda dapat meyakinkan orang lain.

Menurut kebanyakan orang sebuah penampilan akan menunjukkan kepribadian. Jika orang tersebut berpenampilan buruk dan acak-acakan tentunya ia memiliki kepribadian yang kurang baik. Sebaliknya, jika orang tersebut rapi, wangi, tampak berwibawa, tentunya ia adalah orang yang menarik untuk dikenal. Mungkin dengan referensi ini Anda bisa merubah penampilan layaknya menjadi seorang bos profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *