5 Tips Untuk Menjadi Pemimpin Ideal Dalam Menjalankan Bisnis Online

Menjalankan bisnis online itu tidak jauh berbeda dengan berbisnis atau berjualan secara offline. Yang membedakan adalah medianya saja dan bagaimana kita mengelola bisnisnya.
Sederhananya, bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online. Akhir-akhir ini, bisnis online menjadi sesuatu yang menggiurkan. Hanya duduk diam dirumah, meluangkan waktu 3-4 jam di depan komputer, kemudian mendapatkan uang dari situ. Siapa yang nggak ingin?

Ditambah lagi, bisnis online di Indonesia memiliki prospek yang sangat bagus. Apalagi sekarang banyak orang yang malas keluar rumah dan cenderung menginginkan hal yang praktis. Simpel dan praktis adalah salah satu alasan yang membuat orang berbondong-bondong untuk berbisnis online.
Banyak orang yang ingin membangun kerajaan bisnisnya masing-masing di dunia online. Banyak yang sukses, tapi lebih banyak yang tumbang ditengah jalan. Kegagalan tersebut seringkali disebabkan oleh bagaimana kita mengelola bisnis online tersebut. Bagaimana kita memimpin bisnis tersebut.

Nah, berikut ini bisnishack akan membahas bagaimana menjadi pemimpin yang ideal dalam menjalankan bisnis online :

a. Tantang diri Anda untuk menjadi lebih baik dari perusahaan online yang sudah ada


Tantang diri Anda untuk berkompetisi dengan perusahaan online yang sudah ada. Dengan begitu, Anda akan semakin terpacu untuk terus maju dan terus bergerak. Namun, dalam melakukan hal ini, carilah perusahaan online yang tingkatnya masih satu tingkat diatas Anda. Jangan yang sudah sangat besar, karena hal itu akan membuat Anda frustasi. Realistislah.

Seperti yang dilakukan oleh Dahlan Iskan dalam membangun kerajaan bisnis Jawa Pos. Dulu, pada tahun 1980an, Jawa pos adalah perusahaan kecil yang hampir bangkrut. Untuk menguasai pasar kota Surabaya saja masih belum bisa. Iklan masih sangat sedikit. Oplah hanya 6.800 eksemplar. Keuangan parah. Namun, Dahlan Iskan dengan beraninya memasang target yaitu, bisa mengalahkan Surabaya Post dan Kompas yang menguasai pasar Surabaya.  Jawa Pos waktu itu hampir mati dengan sirkulasi Cuma 6.800 eksemplar. Dalam kurun waktu lima tahun pertama (1982-1987), Dahlan Iskan menjadikan Jawa Pos menjadi juara dengan oplah 126.000 eksemplar, dengan omset 20 kali lipat lebih besar dari omset ditahun pertama (1982).
Jika Anda berkecimpung dalam bidang bisnis online produk fashion, carilah perusahaan fashion yang hampir sama dengan Anda, yang satu atau dua tingkat diatas Anda, kemudian canangkan target untuk mengalahkan mereka.
Dengan begitu, Anda akan terus terpacu untuk bergerak dan terus maju dengan sendirinya.

b. Berikan lebih banyak dari yang diharapkan pelanggan

Under promise, over deliver. Itulah strategi yang bisa Anda terapkan di bisnis online. Berikan lebih dari apa yang diharapkan oleh pelanggan Anda. Dengan begitu, mereka pasti akan senang. Jika sudah begitu, secara tidak langsung mereka akan mempromosikan bisnis Anda ke orang lain.

Kenapa memuaskan pelanggan itu penting? Karena salah satu problem besar di bisnis online adalah faktor kepercayaan. Mendapatkan kepercayaan di bisnis online tidaklah semudah mendapat kepercayaan di bisnis offline. Ada banyak hal yang perlu dibangun supaya calon costumer Anda percaya. Supaya orang yang mengunjungi toko online Anda percaya bahwa Anda bukan penipu.

Terkadang costumer kita akan berpikir “kok saya sudah beli tapi tidak ada kabar lagi ya”, “Kok barangnya nggak sampai-sampai ya”, sehingga mereka berpikir bahwa kita penipu. Dalam benak konsumen, ketika dirinya melakukan pembelian dan sudah mentransfer sejumlah uang, ia berpikiran bahwa Anda harus memberi perhatian dan melayaninya sepenuh hati. Maka dari itu, Anda harus menyusun strategi untuk memberikan rasa nyaman kepada konsumen. Atau kalau bisa, memberikan surprise yang tidak disangka oleh konsumen.

Misalnya saja, jika Anda menjanjikan barang akan sampai dalam satu minggu, ternyata barang tersebut sampai di rumah konsumen dalamw aktu 3 hari saja. Atau, ketika Anda mengirimkan barang, konsumen diberi bonus berupa barang antic yang tidak terlalu mahal.

Atau kalaupun tidak dalam bentuk barang, setidaknya Anda perhatian dengan pelanggan. Sekedar menanyakan kepada mereka apakah ada kesulitan atau masukan untuk bisnis Anda. Hargailah konsumen Anda lebih dari cara mereka menghargai Anda.

Dengan melakukan over deliver ini, pembeli akan merasa tidak memiliki alasan lain untuk tidak loyal kepada Anda.

Nah, tugas Anda adalah menentukan dan mengetahui hal apa yang menjadi ekspektasi konsumen terhadap produk Anda. Apakah itu persoalan kepercayaan, persoalan waktu pengiriman, persoalan surprise, dan sebagainya. Setelah Anda ketahui ekspetasi mereka, lakukanlah lebih dari yang diharapkan oleh pelanggan Anda.

c. Promosi dan dukung usaha Anda sepenuhnya




Kita tidak akan menghasilkan sesuatu dengan maksimal kalau kita tidak totalitas dalam mengerjakan hal tersebut. Fokus adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda.

Jika saat ini bisnis online Anda sedang focus dalam berpromosi, fokuslah disitu. Bertotalitaslah dan tolaklah hal hal yang tidak berhubungan dengan promosi Anda. Semakin Anda totalitas, semakin besar kemungkinan untuk berhasil.Kalaupun tidak berhasil, setidaknya ada kepuasan batin yang akan Anda rasakan.
Meskipun Anda memiliki tim khusus promosi, jangan pernah ragu dan gengsi untuk turun dan terjun langsung ke lapangan membantu tim Anda. Pengalaman lapangan dan bertemu konsumen akan membantu Anda untuk menentukan strategi yang cocok untuk berpromosi.

d. Buat prediksi bisnis Anda


Kenapa membuat prediksi untuk bisnis Anda itu penting? Karena dunia digital sekarang ini sangat cepat berubah. Yang tadinya bilang iya, jadi bilang tidak. Yang tadinya bisa dicapai dengan cara ini, besok sudah berganti cara lagi. Pokoknya, semakin banyak pemain baru yang masuk, kompetisi akan semakin ramai dan mau tidak mau Anda harus selalu siap dengan hal itu.

Makanya, memprediksi arah bisnis Anda satu sampai dua tahun ke depan sangatlah penting. Hal ini akan membantu Anda dalam mementukan kebijakan strategi

e. Jangan lupakan aspek offline

Anda tentu sudah paham bahwa mempromosikan bisnis secara online adalah cara yang paling efektif, murah, dan cepat. Akan tetapi, Anda harus sadar bahwa masih berbisnis secara online tidak berarti Anda meninggalkan promosi secara offline. Untuk menambah hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan promosi secara onine juga.

Mengapa? Ada banyak hal kenapa Anda harus tetap mempromosikan bisnis secara offline.

Pertama, nggak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk mencari-cari alamat website. Selain itu, tidak semua pengguna Internet mengerti bagaimana cara menggunakan internet atau website toko online Anda. Ditambah lagi, persaingan untuk memperebutkan posisi nomer satu di hasil pencarian search engine semakin ketat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *