Cara Mendapatkan 11 Juta Rupiah per Bulan dari Menulis Artikel

Di Indonesia, menulis terkadang masih dianggap sebagai suatu pekerjaan yang eksklusif. Selain tingkat kesulitannya tinggi, banyak orang yang beranggapan bahwa pekerjaan sebagai penulis tidak menghasilkan uang sebanyak pekerjaan-pekerjaan lainnya. 
Ternyata, anggapan tersebut salah.
Baru-baru ini, BisnisHack melakukan interview dengan Bayu Angkasa Putra, seorang penulis artikel yang mampu menghasilkan lebih dari $1.000 per bulannya. Dengan uang tersebut, Bayu bahkan bisa membiayai kuliahnya di luar negeri. Apa saja sih rahasianya? Simak saja wawancaranya berikut ini!
Salam gan. Langsung aja nih, berapa sih penghasilan per bulan dari menulis?
Penghasilan bulanan belum tetap gan. Kisarannya masih sekitar seribu sampai dua ribu lima ratusan US Dollar per bulannya.
Gila! Besar banget gan penghasilan perbulannya. Langsung lagi nih…dari mana aja tuh penghasilan per bulannya?
Ada berbagai sumber. Sebagian besar dari situs revenue sharing luar negeri, semacam HubPages dan Infobarrel. Kita nulis bahasa Inggris, dipublikasikan ke situs tertentu. Di setiap artikel yang kita tulis, bakal dipajang iklan tertentu. Nah, pendapatan dari iklan ini yang dibagi dua. Satu ke pemilik website, satu lagi buat kita. Istilahnya bagi-bagi royalti gitu…
Sumber kedua dari blog pribadi gue. Di sana gue nulis, pasang iklan, dan dapat pemasukan dari iklannya. Beda dari sumber pertama, di sini gua masih harus mikir cara promosi blog. 
Wah, asyik tuh. Terus, apa aja suka dukanya kerja sebagai penulis?
Karena kebetulan gue suka nulis, jadi lebih banyak sukanya. Yang jelas, nggak ada jam kantor, nggak ada ikatan tertentu. Gua bisa kerjain dari kamar, dari rumah sambil main game, dari kampus, bahkan dari tempat-tempat main. 
Gue juga pernah ngerjain kerjaan nulis dari pantai. Seminggu sewa hotel di Bali, nulis artikel sambil menikmati sunset. Nggak seenak yang dibayangkan karena banyak pasir, silau kena matahari, dan faktor-faktor lainnya. Tapi yang jelas, kerjaan penulis adalah kerjaan yang bisa dibawa ke manapun, dikerjain dari manapun.
Dukanya adalah sering dikira pengangguran. Gue sering banget digosipin sama tetangga, terutama sama ibu-ibu arisan di kampung. Maklum, nggak pernah ke kantor, kerjaan keliatan nggak jelas, tapi sering jalan-jalan ke mana-mana.
Kita masuk ke teknis. Ada tips dan cara untuk menghasilkan banyak uang seperti agan? Kayaknya masih jarang ada orang Indonesia yang menghasilkan kerjaan segitu dari menulis?
Intinya cuma satu: buat tulisan yang berkualitas. Tulisan yang berkualitas cuma bisa dihasilkan kalau kita menguasai topik-topik yang kita tulis. So, pilih topik yang kita sukai, biar waktu riset dan waktu ngerjain tulisan nggak kerasa kerja keras.
Gue pribadi suka banget jalan-jalan dan nonton film. Jadi artikel yang gue tulis nggak jauh-jauh dari topik-topik itu. Kalau nggak tentang pengalaman jalan-jalan, pengalaman main, paling larinya ke review film dan cerita-cerita lainnya.
Ada dua hal penting lain yang harus diperhatikan juga. Yang pertama adalah konsistensi, dan yang kedua adalah kemampuan bahasa Inggris.
Konsistensi penting, karena kalau lo pengen dapet jumlah pemasukan yang lumayan dari menulis, lo harus mempublikasikan banyak artikel. Puluhan nggak cukup. Minimal ratusan. Kedengannya memang berat, tapi kalau dilakukan secara rutin akan terasa ringan.
Ok gan. Bisa jelasin lagi, gimana cara menjaga konsistensi dan terus memotivasi diri buat terus nulis? 
Kalau mau konsisten, lo harus punya motivasi yang kuat. Jujur, kalau buat gue sendiri, selain ingin berbagi pengalaman, motivasi lainnya adalah untuk mendapatkan uang. Penghasilan yang layak. Gue punya hitungan, setiap artikel yang gue tulis dan publikasikan bakal menghasilkan minimal $1 (sekitar 10 ribu Rupiah) setiap bulannya, kalau dipublikasikan ke situs-situs semacam Hubpages dan Infobarrel. Kalau misal sehari gue bisa nulis 2 artikel, dalam sebulan (25 hari kerja) gue bisa dapet penghasilan tambahan 500 ribu Rupiah. Kalau rutin dilakukan setahun, penghasilan rutin bulanan gue bakal mencapai angka 6 juta rupiah. Angkanya bisa bertambah kalau lo bisa nulis lebih banyak artikel per harinya.Yang lebih asyik lagi, itu masuknya itungan passive income. Kalau udah ada 600 artikel online yang terpublish, lo nggak perlu ngapa-ngapain lagi. Cukup duduk manis, nunggu pemasukan tiap bulannya.
Keren nih. Terus tentang bahasa Inggris?
Well, sebagian besar tulisan yang gue publikasikan dibuat dalam bahasa Inggris. Nggak bisa disangkal, artikel-artikel bahasa Inggris menghasilkan lebih banyak uang dari artikel bahasa Indonesia. Kira-kira hampir lima kali lipatnya. Selain itu, referensi-referensi buat ditulis juga kebanyakan adanya dalam bahasa Inggris. Jadi seenggaknya, kemampuan berbahasa pasif harus dikuasai kalau mau lebih lancar nulis.
Wah, jadi harus bisa bahasa Inggris, nih? Kalau misal nggak bisa bahasa Inggris, nggak bakal bisa dapet ribuan dollar kayak agan?
Bisa aja sih. Cuma jumlah artikel yang dipublikasikan harus lebih banyak. Gue saranin, buat beberapa blog. Tiap-tiap blog disendirikan, sesuai dengan tema artikel. Jadi, jangan campur-campur. Satu blog, satu topik. Kenapa? Karena blog dengan topik khusus akan menghasilkan lebih banyak pemasukan iklan daripada blog dengan topik umum. Setelah itu daftar ke Google Adsense, promosiin blog lo, dan tunggu uang mengalir.
Keliatannya gampang banget nih gan. Ada rekomendasi berapa modal yang harus disiapkan, apa tools yang diperlukan untuk mencapai pemasukan sebanyak itu?
Gua berani bilang modal untuk persiapan teknis adalah 0 Rupiah. Ya, 0 Rupiah. Lo bisa mulai nulis, publish artikel ke website, daftar Google Adsense, daftar Hubpages, semuanya gratis. 
Kalau mau alokasikan dana, lebih baik alokasikan buat beli ebook-ebook tutorial, daftar ke forum-forum bisnis online premium, atau ikut pelatihan-pelatihan tertentu ke master-master bisnis internasional.
Tools pertama yang gue rekomendasikan adalah word prosesor yang bagus. Microsoft Office Words atau Open Office bisa jadi pilihan yang bagus. Pastikan ada fitur “spell checker”atau “pengecek ejaan”. Kalau nulis artikel bahasa Inggris, pastikan juga ada “grammar checker”.
Ada juga grammar checker online gratisan yang berguna banget. Favorit gue, SpellCheckPlus.
Kalau lo punya website sendiri, pastikan buat menginstall Google Analytics dan Google Webmaster Tools. Dua tools ini berguna banget untuk performance report, menganalisa berapa jumlah pengunjung yang baca artikel di website lo. Pengembangannya bakal bergunan untuk menentukan strategi marIni juga memudahkan kalau nantinya ada pengiklan eksternal yang pengen beriklan. Biasanya, mereka akan minta statistik jumlah pengunjung bulanan yang datang ke blog.
Tools ketiga adalah “Ebook Penulispreneur“. Ebook ini berguna banget buat kamu yang pengen dapet penghasilan pasif yang signifikan dari artikel bahasa Indonesia. Harganya terjangkau, tapi cakupannya luas. Ilmu yang bisa didapatkan ada sangat banyak, bahkan lebih luas dari sekedar menulis untuk bisnis online. Wajib dibaca kalau kamu bener-bener mau jadi jutawan dari pekerjaan sebagai penulis.
Tools terakhir: Google dan Wikipedia. Gratis, murah, dan menjadi sumber informasi paling lengkap di dunia. 
Ok gan…makasih banget buat ilmunya. Ada tambahan tips lainnya?
Selain konsistensi dan kemampuan bahasa Inggris, jangan menaruh keranjang dalam satu basket. Diversifikasikan sumber pemasukan. Gampangnya, buat lebih dari satu blog. Publish artikel ke berbagai blog, berbagai website. Misal, alokasikan 100 artikel ke Hubpages, 100 lainnya ke blog A, 100 lagi ke InfoBarrel, 100 lain ke blog B, dan seterusnya. Tujuannya satu, ketika satu website down, lo masih bakal punya pemasukan dari sumber lain.
Jangan pelit untuk berbagi, dan jangan pelit juga untuk beli berbagai tutorial untuk menambah informasi dan pengetahuan. Ikut seminar, beli buku-buku yang bagus, dan upgrade terus pengetahuan lo sebagai penulis.
Untuk lebih jauh tentang teknis, bisa baca artikel “Hubpages, Website Alternatif untuk Penulis Online” dan “Ebook Penulispreneur“.
Good luck, gan!
Nah, itu tadi sekelumit perbincangan kami dengan Bayu Angkasa, seorang penulis yang sukses menghasilkan jutaan dollar per bulannya. Bisakah Anda menghasilkan sama banyak, atau lebih banyak dari Bayu? Silakan buktikan sendiri!

Berminat untuk mendapatkan ebook panduan gratis untuk menghasilkan 11 juta rupiah per bulan dari BisnisHack? Ikuti langkah berikut ini:

1. Kunjungi Facebook Page BisnisHack di alamat INI (https://www.facebook.com/bisnishack), lalu “Like” atau “Sukai” Facebook Page tersebut.

2. Kunjungi alamat INI (http://yuk.bi/te897), lalu bagikanlah (share) halaman website ini via Facebook (tekan tombol “Share” berwarna orange, lalu pilih ikon Facebook, dan bagikanlah ke Timeline / Dinding Anda)

3. Kirimkan pesan ke Facebook Page BisnisHack dengan format NAMA(spasi)ALAMAT EMAIL.

4. Setelah proses verifikasi dilakukan oleh tim BisnisHack, ebook panduan tersebut akan kami kirimkan ke Anda via email.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *