9 Strategi Jitu untuk Promosi Usaha Refleksi

Bisnis yang berkualitas sering kali mengalami kegagalan hanya karena tidak ada orang yang mengenal bisnis tersebut. Namun, seringkali pemilik bisnis tidak sadar bahwa mereka perlu pelanggan untuk kelancaran bisnis mereka. Pemilik bisnis hanya berfokus untuk mengembangkan inovasi serta produk untuk bisnis mereka. Mereka menganggap bahwa jika produk mereka berkualitas, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Kenyataannya, darimana pelanggan bisa mengetahui bisnis Anda berkualitas jika tidak memberi tahu mereka? Nah, promosi adalah salah satu cara dan strategi agar bisnis kita dikenal oleh orang banyak. Jika bisnis Anda baru, promosi awal bisa menjadi promosi yang paling melelahkan serta mengeluarkan banyak biaya. Tidak ada orang yang mengetahui apapun tentang bisnis Anda, jadi harus bekerja lebih ekstra.

Terlebih lagi jika bisnis Anda berada di bidang jasa. Pelanggan tentu harus merasakan dulu servis yang diberikan baru pelanggan bisa menilai apakah bisnis Anda berkualitas atau tidak. Berbeda dengan produk, Anda dapat menunjukkan fungsi serta keunggulan produk kepada pelanggan. Berikut ini 9 strategi jitu untuk promosi usaha refleksi.

Happy hour 

Happy hour merupakan program dimana pada jam-jam tertentu pelanggan bisa mendapatkan harga khusus yang lebih murah daripada harga biasanya. Pada umumnya, jam happy hour berlaku pada saat siang, seperti jam 1 sampai jam 3 sore, ketika banyak pelanggan yang masih sibuk beraktivitas. Pada jam ini, tempat refleksi Anda biasanya cenderung sepi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengadakan program happy hour.

Dengan mengadakan program happy hour, Anda bisa menarik para pelanggan yang kebetulan memiliki luang waktu untuk mencoba refleksi Anda dengan harga murah. Ditambah lagi, suasana tempat refleksi yang sepi dan tidak banyak orang akan membuat pelanggan senang. Mereka tidak perlu menunggu antrian panjang. Cara ini bisa digunakan untuk menarik pelanggan baru.

Ambil 1 paket, bonus paket tertentu

Masyarakat Indonesia pasti suka dengan bonus. Perhatikan saja, jika ada promosi di toko seperti buy 1 get 1 free, pasti toko tersebut langsung ramai. Nah, promo bonus ini juga bisa diberlakukan di usaha refleksi Anda. Misalnya saja, jika pelanggan mengambil paket pijat refleksi satu badan, maka mereka bisa mendapatkan bonus totok wajah selama 15 menit.

Pelanggan tentu akan senang jika diberikan bonus. Selain pelanggan senang, secara tidak langsung Anda juga mempromosikan jasa yang lain kepada pelanggan. Jika pelanggan merasa enak setelah totok wajah, siapa tahu dilain waktu mereka akan mengambil paket pijat refleksi satu badan dan totok wajah. Jadi tidak ada salahnya memberikan bonus-bonus kecil kepada pelanggan.

Bawa 1 teman, gratis refleksi 30 menit

Pelanggan juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Jika pelanggan mengajak satu orang teman mereka untuk refleksi di tempat Anda, berikan bonus refleksi selama 30 menit bagi pelanggan tersebut. Anda akan memperoleh pelanggan baru serta mempromosikan refleksi secara langsung pada pelanggan. Semakin banyak pelanggan membawa teman mereka, semakin untung pula bagi Anda.

Video iklan refleksi

Bisnis refleksi mengharuskan pelanggan untuk melihat secara langsung proses atau teknik pijatan yang dipakai. Oleh karena itu, video adalah iklan yang terbaik untuk bisnis refleksi. Buatlah video ketika pelanggan sedang direfleksi, serta video yang menunjukkan fasilitas dan tempat refleksi Anda. Anda bisa menyebarkan video ini di internet agar dapat dilihat oleh orang banyak.

Aplikasi tentang refleksi

Ini adalah salah satu bentuk promosi secara tidak langsung bagi pelanggan. Banyak orang yang sudah memakai ponsel android, dan windows. Anda bisa meningkatkan awareness atau menerapkan gaya hidup baru bagi mereka. Contohnya, Anda bisa meluncurkan aplikasi tentang refleksi. Aplikasi ini bisa memberikan informasi tentang titik penting refleksi, pentingnya pijat refleksi dan manfaatnya bagi tubuh pelanggan. Jangan lupa memberikan alamat serta telepon dari bisnis refleksi Anda.

Gunakan foto orang nyata

Jangan hanya menggunakan tulisan di baris promosi. Sewalah seseorang yang fotogenik untuk menjadi foto model usaha refleksi Anda. Anda tidak perlu menyewa model profesional yang mahal. Orang biasa saja sudah cukup. Berilah gambaran bahwa pelanggan merasa nyaman setelah datang ke tempat refleksi Anda. Mungkin model dapat tertawa atau mengangkat kedua tangannya tanda bahwa ia telah bebas dari rasa penat.

Perlihatkan fasilitas yang Anda miliki

Foto serta model yang bagus saja tidak cukup. Pelanggan tentu penasaran dengan gambaran tempat refleksi serta fasilitas yang Anda miliki. Tunjukkan beberapa foto seperti lokasi, pintu masuk, ruangan, tempat tidur yang digunakan. Tidak lupa, Anda bisa meletakkan foto pegawai-pegawai. Dengan ini, pelanggan tidak akan memiliki keraguan untuk datang ke tempat refleksi Anda.

Sebarkan brosur

Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperkenalkan bisnis refleksi Anda. Sebarkan brosur di tempat-tempat yang ramai seperti kompleks perkantoran, tempat hiburan atau mall, dan lainnya. Bagilah brosur yang dekat dengan usaha refleksi Anda pada jam pulang kerja. Berdandanlah yang rapi dan bersih, lalu sebarkan brosur dengan senyuman. Orang yang mendapat brosur bisa saja tertarik untuk mengunjungi tempat refleksi Anda.

Desain dari brosur juga perlu diperhatikan. Jangan membuat brosur yang membuat pelanggan tidak tertarik untuk membacanya. Seperti kalimat-kalimat miring serta gambar yang tidak berhubungan dengan pijat refleksi. Cobalah membuat brosur yang langsung menggambarkan refleksi Anda. Contohnya saja, Anda merasa letih dan lelah? Kunjungi Refleksi XYZ. Dengan begitu, pelanggan akan merasa, wah, benar sekali ini, boleh dicoba.

Beriklan melalui radio

Radio juga bisa dijadikan ajang promosi. Ketika jam pulang kerja, banyak orang yang akan mendengarkan radio di dalam mobil sambil berkendara pulang. Jam yang paling efektif beriklan di radio adalah jam lima sampai jam enam sore. Anda bisa memancing alam bawah sadar pelanggan Anda untuk mampir mencoba refleksi.

Anda bisa membuat iklan yang bercerita kepada pelanggan. Jangan lupa selalu ulangi nama bisnis refleksi serta alamat refleksi Anda.  Jika perlu, sebutkan nomor telepon bisnis refleksi. Hal ini menghindari pelanggan untuk membayangkan tempat refleksi lainnya daripada tempat refleksi. Pelanggan juga bisa dengan mudah menghubungi dan bertanya soal tempat refleksi Anda.

Promosi dapat dilakukan sesuai dengan kreativitas masing-masing. Hal terpenting yang perlu diingat, selalu tonjolkan keunggulan dan ciri khas bisnis refleksi Anda ketika melakukan promosi. Buat pelanggan selalu ingat terhadap bisnis refleksi Anda. Jangan pernah bosan memberikan informasi-informasi terbaru terkait bisnis refleksi. Promosi memang tidak ada habisnya di bidang bisnis apapun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *