9 Cara Untuk Menghemat Uang Makan Tanpa Mengabaikan Gizi Anda

Kebutuhan pangan adalah kebutuhan utama dan wajib terpenuhi oleh setiap orang. Dengan makan, seseorang dapat memenuhi nutrisi tubuhnya sehingga dapat beraktivitas dengan prima dan maksimal. Namun, jika dihitung – hitung, sadarkah Anda bahwa kebutuhan makan kita sehari – hari mengabiskan pengeluaran uang yang cukup banyak?
Tapi janganlah terlalu pelit terhadap diri Anda sendiri. Tubuh Anda berhak mendapatkan makanan dan minuman yang sehat, lezat dan nikmat. Apalagi setelah Anda bekerja seharian dengan penuh tekanan. Rasanya mustahil jika Anda mengabaikan pola makan Anda yang seharusnya teratur dengan menu yang ideal.
Pada dasarnya, makanan yang ideal adalah makanan yang layak makan, lezat, bergizi tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Kini, untuk mengontrol nutrisi yang terkandung pada makanan dengan jenis makanan yang bervariasi, biasanya seseorang menggunakan catering untuk makan sehari – harinya, khususnya di kantor. Ada pula yang mengambil jalan untuk memasak sendiri, namun banyak yang mengatakan hal ini menjadikan pengeluaran menjadi bertambah banyak. Nah, berikut ini, BisnisHack akan memberikan ulasan mengenai cara menghemat untuk makan enak, bergizi tinggi, ideal namun murah meriah. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips dari kami.
1. Bawa bekal makan
Memasak sendiri bekal Anda untuk dibawa ke kantor atau kampus, menjadi satu hal yang cukup efektif untuk menghemat pengeluaran Anda. Dibandingkan Anda menghabiskan uang untuk makan di luar yang sudah pasti harganya jauh lebih mahal, lebih baik Anda memasaknya sendiri dengan bahan – bahan mentah yang sudah pasti cukup murah. Masaklah berdasarkan menu – menu yang Anda gemari, dengan bahan yang memenuhi kandungan nutrisi untuk tubuh Anda. Pilihlah bahan yang memenuhi unsur empat sehat lima sempurna agar asupan gizi yang masuk pada tubuh Anda menjadi maksimal. 
2. Buatlah daftar belanja makanan
Ketika jadwal berbelanja makanan telah tiba, buatlah daftar belanja makanan apa saja yang akan Anda beli. Susunlah daftar makanan tersebut di rumah. Isilah dengan makanan – makanan yang Anda sukai, yang tentunya menyehatkan. Pilihlah makanan – makanan yang mengenyangkan, sehat dan bergizi. Dengan membuat daftar belanjaan seperti ini, Anda akan lebih mudah mengontrol keuangan Anda, serta makanan yang Anda pilih untuk dikonsumsi selama beberapa waktu ke depan.
3. Jangan membeli makanan tanpa perencanaan
Bila daftar belanjaan yang berisi makanan pilihan Anda telah Anda buat, maka janganlah Anda mudah terpancing untuk membeli makanan yang ada di luar rencana Anda. Biasanya, kecenderungan untuk ingin membeli memang lebih besar, namun tidak ada salahnya bila Anda menahannya. Yakinlah bahwa apa yang sudah masuk di dalam daftar belanjaan Anda, sudah cukup untuk menjadi ‘bahan bakar’ bagi diri Anda dalam beraktivitas.
4. Simpan cemilan kering dalam jumlah banyak
Cemilan kering mungkin menjadi favorit bagi sebagian besar orang. Kehadirannya dapat dikonsumsi saat santai, mengerjakan tugas kantor, menonton tv, dan lain sebagainya. Meskipun tidak mengenyangkan, setidaknya cemilan kering dapat mengganjal perut dan menghilangkan rasa stress bahkan kantuk. Apalagi, jenis dan variasinya dari berbagai bahan dan rasa sangat banyak. Hal ini semakin menarik perhatian dan selera seseorang, bukan?
Untuk memberikan asupan pada tubuh Anda, adanya persediaan cemilan kering pada lemari makanan Anda rasanya menjadi sebuah keharusan. Agar pengeluaran Anda lebih tertata, belilah cemilan kering sekaligus dalam jumlah yang banyak sehingga jatuhnya lebih murah. Simpan cemilan kering Anda di toples ataupun kulkas agar tetaap renyah dan lezat dikonsumsi.
5. Perbanyak referensi masakan bergizi
Jika Anda hobi memasak, rajin – rajinlah untuk mencari ragam jenis masakan bergizi mulai dari bahan sayur – sayuran, daging, ayam, hingga makanan ringan. Seringlah membaca resep – resep masakan bergizi yang bisa Anda jadikan panduan dalam memasak dan memilih makanan. Buku resep praktis dan website berisi resep masakan rumahan adalah beberapa cara untuk mendapatkan panduan resep masakan tersebut. Dengan banyaknya pilihan dan referensi masakan bergizi Anda, Anda tidak perlu lagi kebingungan menentukan apa yang akan Anda masak beserta berapa biaya yang Anda keluarkan untuk membeli bahan – bahannya. Mudah bukan?
6. Jangan boros bahan masakan
Bila Anda memasak dirumah dan telah tersedia bahan masakannya, maka pergunakanlah bahan masakan itu dengan sebaik mungkin. Buatlah porsi masakan sesuai dengan porsi Anda, atau sesuai dengan jumlah orang yang ada di rumah Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengira – ngira berapa banyak bahan yang akan Anda gunakan untuk dimasak menjadi sebuah masakan. Sisa dari bahan masakan yang belum terpakai, bisa Anda simpan di kulkas dan bisa Anda gunakan untuk menu masakan lainnya. Sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam memasak, daripada ujung – ujungnya berlebihan dan tidak dimakan.
7. Berfikir mensubstitusi bahan masakan
Masih bila Anda memasak sendiri di rumah, jika Anda ingin berhemat, gunakanlah substitusi dari bahan makanan bergizi yang sekiranya harganya fluktuatif dan mahal, misalnya ayam atau daging. Bila ingin memenuhi asupan protein dari daging atau ayam, Anda bisa menggantinya dengan protein nabati yang berasal dari tahu atau tempe. Soal rasa memang berbeda, namun setidaknya Anda bisa menghemat biaya dan memutar otak untuk mengkreasikan tempe atau tahu tersebut.
Jika Anda tidak ingin sepenuhnya mengganti dengan bahan masakan yang mengandung protein nabati, Anda bisa membeli daging atau ayam dalam jumlah yang tidak harus banyak, dan Anda bisa menyampurkannya dengan bahan lainnya untuk dibentuk menjadi makanan lezat dan bergizi. Kroket daging, telur dadar daging giling, nasi ayam suwir, termasuk beberapa contoh masakan berprotein hewani yang cukup hemat.
8. Berburu diskon ataupun harga hemat
Seperti halnya sandang, supermarket yang menjual kebutuhan pangan juga kini banyak memanjakan konsumennya dengan harga murah meriah. Melalui harga promo, diskon ataupun harga hemat, konsumen dapat membeli bahan makanan yang dapat diolah menjadi masakan yang lezat dan bergizi dengan harga yang ramah di kantong. Bila Anda menemui momen ini, belilah dua kali lipat dari jumlah yang biasa Anda beli. Simpanlah sesuai prosedur agar daya tahan makanan tetap terjaga. Ini efektif untuk memenuhi kebutuhan makan Anda selama beberapa waktu kedepan. Terlebih lagi, jika yang didiskon adalah bahan makanan favorit Anda. 
Tak hanya makanan mentah, saat ini pun kita sering menemui makanan jadi yang juga memiliki harga hemat. Nah, manfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi tubuh Anda. Selain menyehatkan dan mengenyangkan, momen ini juga akan menambah referensi kuliner Anda.

5 thoughts on “9 Cara Untuk Menghemat Uang Makan Tanpa Mengabaikan Gizi Anda”

  1. Самые важные новости моды.
    Актуальные новости известнейших подуимов.
    Модные дома, бренды, высокая мода.
    Приятное место для стильныех хайпбистов.
    https://balenciager.ru/

  2. Полностью свежие новинки мировых подиумов.
    Исчерпывающие эвенты всемирных подуимов.
    Модные дома, лейблы, высокая мода.
    Интересное место для стильныех хайпбистов.
    https://outstreet.ru/

  3. LeCoupon: интересные новости для любителей fashion шоппинга
    Лента новостей, события, модные образы, мероприятия, коллекции, подиум.
    https://qrmoda.ru/

  4. Очень трендовые события подиума.
    Исчерпывающие мероприятия лучших подуимов.
    Модные дома, лейблы, высокая мода.
    Приятное место для стильныех хайпбистов.
    https://egomoda.ru/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *