8 Usaha Sampingan yang Mendukung untuk Usaha Fitness

Usaha fitness memerlukan modal yang cukup besar karena memerlukan tempat yang luas serta peralatan fitness yang memadai. Modal yang diperlukan pun lumayan banyak, dan Anda tentunya ingin cepat-cepat mengembalikan modal. Meskipun pemasukan yang didapatkan dari pelanggan fitness bisa terbilang lumayan, tentunya Anda tidak akan menolak untuk mendapatkan pemasukan tambahan, bukan? Artikel ini memberikan beberapa ide usaha sampingan yang bisa mendukung usaha fitness Anda.

Tersedia bagian kosong yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha lain yang masih berhubungan dengan dunia kesehatan. Jika menemukan usaha lain yang tidak berhubungan pun tidak bermasalah, yang penting tetap bisa menggandeng usaha fitness Anda. Lumayan bukan. Anda bisa memperoleh pemasukan tambahan dengan memanfaatkan tempat yang ada. Berikut ini ide-idenya. Selamat membaca dan berkreasi!
Jual minuman sehat
Zaman sekarang, banyak sekali orang yang menjual minuman sehat. Mayoritas dari penjual minuman sehat seperti ini umumnya adalah remaja. Mereka sadar bahwa gaya hidup sehat sedang tren dan banyak diikuti masyarakat, salah satunya adalah minuman sehat ini. Minuman sehat ini mempunyai fungsi yang beragam. Contohnya saja detox serta raw juice yang memiliki berbagai macam fungsi untuk kesehatan tubuh.
Melihat peluang atau tren yang sedang terjadi, Anda juga bisa menjual minuman sehat ini di tempat fitness Anda. Konsepnya juga masih sama dengan konsep usaha fitness, yaitu hidup sehat. Pelanggan fitness Anda juga akan tertarik untuk membeli minuman sehat ini. Detox dan raw juice terkenal sangat menyegarkan serta dapat membuat badan sehat. Pembuatannya pun tidak susah dan penyimpanannya sangat praktis.
Supplement fitness
Terkadang, ada pelanggan yang mencari supplement fitness. Supplement Fitness ini berfungsi untuk membantu pembentukan otot saat pelanggan berolahraga. Jika otot sudah terbentuk, maka bentuk badan dari pelanggan akan menjadi lebih bagus serta proporsional daripada sebelumnya. Sudah banyak supplement fitness dengan berbagai macam merek yang tersebar di masyarakat. Tentunya produk ini akan laku jika Anda jual di tempat fitness Anda karena pelanggan membutuhkannya.
Namun, Anda harus bisa melakukan seleksi produk supplement fitness apa yang akan dijual. Jangan menjual produk fitness yang instan maupun berkualitas rendah karena dapat merusak tubuh. Anda bisa membeli satu rak display untuk ditaruh dekat pintu masuk atau di area loker agar terlihat oleh pelanggan. Anda juga bisa menawarkan paket fitness yang sudah termasuk dengan supplement agar bisa memberikan harga lebih murah dan membuat pelanggan tertarik untuk membelinya.
Jual peralatan fitness
Anda tentu memiliki berbagai peralatan fitness. Selain peralatan fitness tersebut digunakan oleh pelanggan, dapat juga dimanfaatkan sebagai pundi-pundi uang. Anda dapat menjual peralatan fitness yang serupa seperti yang Anda miliki di tempat fitness. Hal ini sangat mudah dilakukan karena tidak memerlukan biaya tambahan, contoh barang sudah tersedia di tempat fitness dan dapat dirasakan langsung oleh pelanggan.
Anda bisa membuat sebuah katalog kecil untuk dibagikan kepada pelanggan. Sebutkan di katalog tersebut bahwa peralatan fitness yang didapat contohnya sama seperti yang Anda sediakan sekarang. Jika pelanggan berminat membeli, mereka bisa langsung menunjuk peralatan fitness mana yang diinginkan, lalu Anda akan membuat order pesanan kepada supplier. Tentu pelanggan harus membayar down payment sebelum melakukan pesanan ke supplier.
Jual kaos olahraga
Pada saat berolahraga, tidak mungkin pelanggan mengenakan baju kerjanya yang ketat serta susah untuk bergerak. Pelanggan akan mengganti sebuah kaos yang longgar agar mudah bergerak. Selain itu, pelanggan akan memilih baju yang menyerap keringat agar badan mereka tidak bau serta tidak mengeluarkan banyak keringat. Kebiasaan dari pelanggan ini bisa Anda jadikan peluang.
Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan kaos olahraga untuk menjual kaos yang mereka punya. Anda bisa membuat etalase pajangan di tempat yang mencolok yang terletak di depan pelanggan. Contohnya saja di depan peralatan treadmill. Pelanggan yang sedang berlari akan terus menerus melihat kaos olahraga yang Anda pajang. Hal ini bisa meningkatkan keinginan untuk membeli kaos tersebut.

Jual buku-buku tentang diet dan olahraga sehat
Pelanggan yang pergi ke tempat fitness umumnya hanya memiliki salah satu atau kedua tujuan ini. Pertama, mereka memang senang berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Kedua, mereka memang memiliki tujuan tertentu seperti pembentukan tubuh atau otot. Apapun alasan pelanggan, tentu pelanggan masih memerlukan saran atau pendapat dari orang-orang disekitar mereka.
Jika pelanggan tidak bisa menemukan orang untuk bertukar pendapat, terkadang mereka bisa mencari informasi melalui buku ataupun majalah. Peluang ini yang harus Anda ambil serta dimanfaatkan. Anda bisa membuat satu rak khusus untuk berjualan buku seputar olahraga, diet, hidup sehat, maupun fitness. Tidak usah menyediakan stok yang terlalu banyak. Jika buku tersebut banyak diminati, Anda bisa membuat pre-order agar pelanggan bisa memesan terlebih dahulu di depan. Risiko buku tersisa pun semakin minim.
Buat lapangan olahraga
Untuk Anda yang memiliki modal berlebih atau jika usaha fitness sudah berkembang pesat bisa mencoba terjun ke dunia olahraga lainnya. Contohnya saja, membuat lapangan olahraga. Anda bisa membangun lapangan basket, voli, sepakbola. Selain itu, Anda juga bisa membuat kolam renang. Tentu, semua ini memerlukan modal yang cukup banyak.
Dengan adanya fasilitas olahraga lain seperti ini, pelanggan akan betah berada di tempat fitness Anda. Anda dapat menawarkan paket gabungan dengan harga lebih murah. Pelanggan pun tidak akan mudah bosan karena mereka dapat mengganti jenis olahraga mereka setiap hari. Tempat fitness akan seperti rumah kedua bagi pelanggan.
Buka restoran / kafe
Untuk yang satu ini mungkin kedengaran menyimpang dari usaha fitness. Terlebih lagi, restoran maupun cafe adalah tempat Anda menimbun lemak karena pasti akan makan banyak disini. Restoran atau kafé memang tidak mempunyai hubungan apapun dalam hal olahraga. Namun, ini bisa menjadi pemasukan yang lumayan bagi Anda.
Restoran atau kafé ini terutama ditujukan bagi para pelanggan yang membawa teman atau relasi mereka yang tidak ikut berolahraga. Daripada kerabat mereka menunggu sambil duduk-duduk tidak jelas, mereka bisa duduk di restoran atau kafé yang kita buka. Kerabat pelanggan pun tidak akan merasa bosan dan menikmati waktu mereka sambil menunggu.
Katering / menerima pesanan makanan sehat
Anda bisa membagikan brosur atau memasang spanduk serta banner di sekitar tempat fitness. Sebagai pelanggan yang memang berniat hidup sehat, mereka akan tertarik dengan katering dan memesan makanan sehat secara rutin. Jadi ini masih berhubungan dengan usaha fitness Anda. Selain kesehatan, Anda juga tetap harus memperhatikan rasa. Jangan sampai karena makanan sehat rasanya hambar, tentu saja pelanggan akan kapok dan tidak akan mau pesan lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *