8 Tips Menghasilkan Milyaran Rupiah Dengan Bermain Video Game

Bermain game punya banyak keuntungan. Selain dapat untuk menyalurkan hobi dapat juga membuat kita memperoleh banyak wawasan baru, bahkan menghasilkan uang!

Dalam artikel ini akan dijelaskan tips dan cara-cara jitu menghasilkan uang bagi para gamers.

Wikimedia Commons

8. Youtube

YouTube adalah sarana gratis untuk menghasilkan uang dengan metode iklan. Ada 3 caranya:
a. Upload video “Let’s Play” di YouTube

“Let’s Play” adalah video ketika kamu sedang bermain game. Beberapa hal yang dibutuhkan:
– 1 akun YouTube.
– Software perekam aktivitas monitor kamu saat game dimainkan.
– Software video editor.
– Mikrofon (tidak wajib)

Banyak gamers berhasil jadi jutawan dengan video “Let’s Play” mereka di YouTube. Contohnya Felix Kjellberg, pria kelahiran Swedia tahun 1989 yang terkenal dengan channel YouTube “PewDiePie”. PewDiePie punya puluhan juta pelanggan dan viewers. Berdasarkan SocialBlade, penghasilan PewDiePie sekitar $140 juta hingga $1,4 juta (antara 1,4 hingga 14 milyar Rupiah) per bulannya! Ia juga mendapat bayaran dari berbagai undangan konvensi game dunia.

3 faktor kesuksesan PewDiePie:


– Keunikan. PewDiePie mulai terkenal saat mengupload videonya ketika bermain game horror. Reaksi ketakutannya sangat lucu dan disukai banyak viewers. Keunikannya terus dipertahankan hingga ia mendapatkan banyak subscribers.

– Konsistensi. Setiap hari PewDiePie rutin mengupload videonya hingga 2-3 video baru. Konsistensinya membuat viewers terhibur dan terus menunggu yang baru.

– Interaktivitas. PewDiePie selalu memperhatikan komentar-komentar videonya dan setiap videonya berakhir, ia selalu mengajak penonton untuk “brofist” virtual lewat komputer sehingga tumbuh kedekatan diantara para viewers.

b. Membuat Video Review Game

Video review berisi ulasan tentang opini kita terhadap kualitas game seperti kualitas grafis, audio, gameplay, level kesulitan, dsb. Gamer paling sukses dengan video reviewnya adalah Joe Vargas dengan channel YouTube “AngryJoeShow” yang punya lebih 1,4 juta subscribers. Ia mendapat bayaran dari iklan dan royalti dari Walt Disney yang tertarik membeli channelnya.

c. Membuat Karya Seni Berkaitan dengan Game


Cara populer untuk mendapatkan uang lewat karya senimu adalah dengan membuat video cover soundtrack game dan menguploadnya ke YouTube. Malukah, musisi perempuan Meksiko, membuat cover soundtrack Skyrim hingga ia diundang ke markas Skyrim dan diminta melakukan konser live di berbagai acara game bergengsi di seluruh dunia.

7. Menjual Benda-Benda Virtual pada Game Online

Sejak Ragnarok Online populer di Indonesia, banyak orang menjual benda virtual di game online seperti senjata, armor, gold, karakter dan jasa peningkatan level. Benda-benda itu ditukar dengan uang atau pulsa bagi pembelinya. Prospeknya bagus, banyak gamers yang mendapat jutaan rupiah dari metode ini.

6. Bisnis Rental/Toko CD dan Aksesoris Game

Bisnis nyata untuk mendapat uang melalui game adalah bisnis rental atau toko CD dan aksesoris game. Sediakan service maksimal, stok game berkualitas, bina relasi dengan pelanggan dan update info game terbaru sehingga  dapat meningkatkan penjualan. Bisnis ini menghasilkan uang secara nyata dan berkelanjutan.

5. Buat Game Kamu Sendiri

Untuk membuat game diperlukan kemampuan bahasa programming, design, marketing, dll sehingga dibutuhkan kerja 1 tim untuk menyelesaikannya. Namun game sederhana yang dikerjakan 1 orang pun bisa sukses seperti game Flappy Bird ciptaan Dong Nguyen. Menurut Wikipedia, Nguyen menghasilkan sekitar $50,000 (sekitar Rp. 500.000.000,00) per hari di puncak popularitas Flappy Bird!
Banyak aplikasi sederhana bisa didownload untuk membuat game, misalnya RPG Maker. Dibutuhkan pengetahuan sederhana tentang bahasa pemrograman dan design untuk menyelesaikannya.

4. Menulis E-Book/Buku/Majalah tentang Game

Banyak yang bisa ditulis dalam media cetak/elektronik tentang game, misalnya info terbaru, cheat, walkthrough, dll. Majalah game yang populer di Indonesia adalah GameStation dan HotGame. Dengan teknologi, mudah membuat e-book (buku digital) karena tidak perlu biaya cetak dan penjualan dalam bentuk file. Transaksi bisa dilakukan kapan saja melalui eBay atau Amazon

3. Ikut Kompetisi Game

Banyak kompetisi game diadakan di seluruh dunia seperti game Starcraft, DotA, Call of Duty, PES, Fifa, dll. Hadiahnya antara ratusan ribu rupiah hingga puluhan ribu dollar. Kompetisi game internasional “Independent Game Festival” berhadiah hingga $30,000 (sekitar Rp 300.000.000,00) untuk juara pertama! Bahkan KorSel dan Singapura punya akademi bagi para gamers untuk berkompetisi di dunia internasional. Jika kamu yakin kemampuan game kamu tinggi, coba cara ini untuk mendapatkan uang.

2. Membuat Website Game

Dengan ketrampilan menulis, sedikit pengetahuan web design dan SEO (Search Engine Optimization) kamu bisa membuat website tentang game yang berisi info, walkthrough, cheat, review, dll. Contoh website game dengan untung jutaan dollar adalah IGN dan GameSpot.

Untuk menghasilkan uang per bulan, dibutuhkan 200 artikel dan 10.000 pengunjung per hari. Artikel yang ditulis harus berkualitas (tidak copy-paste) agar ranking web kamu di Google tinggi.

1. Gunakan Hobi Bermain Game sebagai Motivasi untuk Belajar dan Sukses

Brian Wong (lahir 1991) adalah maniak game yang menghabiskan waktu 10 jam per hari untuk bermain Conter Strike. Kecanduannya mendorongnya belajar hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, sehingga membuatnya berhasil mendirikan perusahaan bernama Kiip dan menjadikannya jutawan termuda di dunia! Dari kisah Brian Wong, kita tahu bahwa game dapat dijadikan motivasi untuk belajar dan mencapai sukses dalam hidup.

Demikian tips dari BisnisHack untuk mendapat uang dari bermain game. Nantikan artikel-artikel bermanfaat selanjutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *