8 Langkah Berjualan Baju Online

Seiring dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat, perkembangan bisnis kini juga mulai merangkak ke arah pemanfaatan teknologi. Menjamurnya media sosial yang menciptakan sebuah interaksi baru bagi banyak orang di dunia maya, menjadikan bisnis juga bisa memasuki media internet dan berkembang pesat di dalamnya.

Seperti halnya bisnis dalam dunia nyata, bisnis dalam dunia maya atau bisnis online juga dapat menjual berbagai produk bisnis baik berupa barang ataupun jasa. Salah satunya adalah menjual baju. Ya, produk pakaian yang pada dasarnya harus didisplay dan dipamerkan secara nyata dalam menjualnya, kini bisa dijual secara online melalui media sosial di internet. Mudah, praktis dan menyenangkan, bukan?

Image Credit

Namun, belum semua orang memahami bagaimana langkah yang strategis untuk membangun bisnis online melaui internet, khususnya untuk menjual baju. Pada ulasan kali ini, bisnishack.com akan menjelaskan sedikit mengenai langkah-langkah menjual baju atau pakaian secara online melalui internet. Penasaran? Mari kita simak bersama-sama.

1. Pilih lokasi penjualan yang tepat

Seperti halnya bisnis di dunia nyata, bisnis di dunia maya juga perlu menentukan dimana lokasi yang tepat untuk berjualan. Lokasi-lokasi di dunia maya tentu mencakup aplikasi apa yang Anda gunakan sebagi tempat berjualan, seperti website, blog, ataupun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga forum-forum diskusi umum di internet seperti Kaskus atau Female Daily. Porsi Anda berjualan, sebanyak apa Anda akan menawarkan barang di media sosial, akan menentukan langkah Anda untuk memilih media mana yang dirasa paling tepat bagi Anda untuk membuka lapak berjualan baju di internet.

2. Pilih merk atau brand baju yang dijual

Merk atau brand adalah salah satu ukuran yang menentukan kualitas dari baju atau pakaian yang Anda jual. Untuk semakin menguatkan identitas produk baju yang Anda jual di internet, tunjukkanlah merk atau brand apa yang Anda jual ke masyarakat. Hal ini tidak boleh dilupakan, karena identitas merk yang Anda jual juga menentukan masyarakat untuk mengambil keputusan akan membeli produk bisnis Anda atau tidak.

3. Tentukan nama toko online / online shop Anda

Layaknya toko dalam dunia nyata, membangun toko dalam dunia maya pun memerlukan identitas dan nama untuk membangun reputasi toko Anda di dunia internet. Tentukan apa yang menjadi nama dari toko online atau online shop anda. Temukan nama yang menarik dan mudah dihafal. Selain itu, Anda juga perlu membuat logo dari nama online shop anda. Hal ini ditujukan agar reputasi dari online shop Anda benar-benar dinilai sebagai online shop yang terpercaya, tidak main-main dan tidak menipu. Karena seperti yang kita ketahui, belum semua orang bisa memiliki kepercayaan yang penuh untuk berbelanja di toko online secara virtual.

Logo online shop yang Anda buat juga dapat menjadi identitas bagi online shop yang Anda kelola. Logo tersebut juga dapat Anda gunakan  untuk tanda bagi foto-foto baju yang Anda jual agar foto tersebut bernilai orisinil atau asli dari online shop anda. Seperti yang kita ketahui, bahwa plagiasi hingga pencurian data sangat sering terjadi di dunia maya. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut pada data-data produk jualan anda, ada baiknya Anda menyisipkan logo online shop Anda pada foto-foto baju yang Anda upload sebagai produk  bisnis Anda.

4. Buat daya tarik tersendiri dari online shop Anda

Sebagai langkah dasar dalam berbisnis dan menjual suatu barang, membuat daya tarik tersendiri dari toko Anda adalah hal yang penting. Begitu juga dalam hal berbisnis melalui internet atau membuka toko online/online shop. Anda juga perlu membuat daya tarik tersendiri sebagai pembeda atau cirri khas dari online shop Anda dibandingkan dengan online shop lainnya.

Daya tarik yang bisa Anda buat dari online shop yang Anda buat dapat dilakukan dengan banyak hal. Mengadakan promo menarik secara mingguan, bagi-bagi pulsa gratis bagi yang memberikan tombol like terbanyak, hingga berinteraksi langsung dengan meminta pendapat pada konsumen online Anda mengenai pengadaan barang, adalah beberapa contohnya. Menarik, bukan?

5. Update foto produk baju Anda secara rutin dan berkala

Memperbaharui persediaan barang-barang baju yang Anda jual secara rutin dan berkala, juga dapat menjadikan online shop yang Anda kelola menjadi terpercaya dan merangkul banyak konsumen di internet. Konsumen akan berpikiran bahwa online shop yang Anda kelola sangat terpercaya dan memiliki banyak pilihan. Semakin banyak pilihan, tentu semakin banyak pula konsumen yang mengunjungi online shop Anda dan berkemungkinan besar untuk membeli baju di online shop anda. Tentukan jangka waktu berapa lama Anda meng-upload foto-foto baju dagangan Anda secara rutin, misalnya setiap seminggu sekali, dua minggu sekali, atau setiap hari senin minggu kedua, dan sebagainya. Hal ini akan menjadikan image online shop Anda menjadi toko  yang tertata dan memiliki aturan tertentu untuk menyenangkan para konsumen online shop Anda.

6. Lengkapi detail info mengenai produk baju Anda

Dalam memperbaharui foto-foto baju  yang dijual di toko online, Anda juga perlu menampilkan informasi mengenai detail dari produk baju yang Anda jual. Pada foto-foto baju yang di upload, sebaiknya Anda menampilkan pula informasi lengkap mengenai deskripsi dari baju tersebut, misalnya harga, jenis bahan, panjang dan lebar, ukuran, warna dan penawaran-penawaran menarik lainnya. Hal ini akan memudahkan konsumen Anda untuk berbelanja di online shop anda, sehingga konsumen akan menjadikan toko online Anda sebagai alternative pilihan berbelanja yang terfavorit di dunia maya.

7. Tuliskan dengan jelas bagaimana sistem pemesanan dan pembayarannya

Pembayaran atas transaksi jual beli online, rasanya juga perlu diperhatikan bila Anda mencoba untuk terjun ke dalam dunia bisnis online. Jangan lupa, sisipkan informasi mengenai bagaimana sistem dan tahapan pemesanan serta pembayaran yang harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Anda. Hal ini menjadi hal yang sangat penting, karena menentukan apakah pembeli akan merasa dimudahkan atau dipersulit apabila berbelanja di toko  online Anda.

8. Layani konsumen secara online dan teratur
Melayani konsumen secara teratur dan menanggapinya dengan cepat, adalah salah satu tips yang perlu dilakukan dalam menjual baju secara online di online shop. Bila ada calon pembeli yang memesan melalui contact person yang Anda tetapkan sebagai sarana komunikasi Anda dengan calon pembeli, maka Anda harus melayani pertanyaan serta permintaan pemesanan konsumen dengan baik. Meski hanya sebatas melalui teks (biasanya melalui Line, SMS, Whats App, dan lain – lain), namun keramahan dan kesabaran dalam melayani pelanggan juga perlu diperhatikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *