7 Langkah Untuk Memulai Bisnis Studio Cetak Digital

Berbicara mengenai bisnis, memang tidak pernah ada ujungnya. Beragam jenis bisnis dengan segala macam aspeknya menjadikan bisnis memiliki banyak sudut pandang untuk diperbincangkan. Bisnis juga terlihat sangat menantang untuk dijalankan. Selain melatih pengembangan diri dan medan untuk mencari penghasilan, bisnis juga dapat mengembangkan kreativitas kita secara terus menerus, lho!

Seperti bisnis yang mengacu pada bidang studio cetak digital. Ya, di era digital seperti ini, hampir sebagian besar orang tentu membutuhkan studio foto ataupun videografi dengan kualitas digital yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan banyak ditemukannya bisnis studio cetak digital di berbagai daerah atau wilayah. Anda tertarik untuk mencobanya?

Dengan bermodalkan sewa tempat, biaya operasional serta alat-alat pendukung seperti kamera, lighting, komputer dan alat-alat fotografi serta videografi lainnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga mencapai 10 juta per bulannya. Sangat menjanjikan, bukan?

Bersama dengan ulasan ini, bisnishack.com akan memberikan sedikit bocoran mengenai langkah-langkah untuk memulai bisnis studio cetak digital. Penasaran? Mari kita bahas bersama-sama!

1. Pilih lokasi yang cocok dan strategis

Langkah pertama untuk membangun bisnis studio cetak digital adalah memilih lokasi dimana tempat Anda akan berjualan atau membuka toko untuk menawarkan jasa tersebut. Pemilihan lokasi mengacu pada bagaimana target sasaran di sekitar lokasi yang Anda pilih. Pilihlah lokasi yang cocok dan tepat, dimana orang-orang di sekitar tempat tersebut adalah orang-orang yang membutuhkan jasa cetak digital, fotografi ataupun videografi. Hal ini akan menjadikan studio yang Anda kelola sebagai alternative tempat bagi mereka  untuk memenuhi kebutuhan mereka akan cetakan digital.

Selain mengedepankan unsure ketepatan dalam lokasi yang diukur dari segi segmentasinya, memilih lokasi juga harus mementingkan letak strategis dari lokasi tersebut. Karena bisnis studio cetak digital bersifat umum, usahakan Anda menjual jasa Anda dengan memilih lokasi toko yang di pinggir jalan, di pusat keramaian hingga di dekat kampus ataupun perkantoran yang sekiranya menjadi lokasi paling strategis untuk mendirikan sebuah usaha.

2. Desain ruang usaha harus menarik

Langkah kedua setelah penentuan lokasi, adalah mendekorasi ruangan Anda seunik dan sekreatif mungkin. Studio cetak digital erat kaitannya dengan kemajuan teknologi yang berbasis kreativitas. Hal ini menunjukkan bahwa studio yang Anda kelola harus memiliki desain yang mencerminkan kualitas karya Anda baik berupa foto cetak maupun videografi. Jadikan studio Anda di desain sekreatif dan semenarik mungkin. Pastikan bahwa Anda menjadikan studio Anda berbeda dengan studio-studio cetak lainnya. Tidak hanya pada desain ruangan atau kantor yang menarik, Anda juga perlu mendesain keperluan-keperluan lainnya secara unik seperti pada amplop pengambilan foto, tas plastik, hingga cetakan nota.

3. Sarana kerja yang mendukung

Langkah ketiga dalam membangun bisnis studio, yaitu melengkapi sarana-sarana kerja yang akan mendukung kinerja anda. Pastikan bahwa seluruh alat-alat serta faslitas yang ada di kantor atau studio Anda sudah lengkap. Alat -alat yang diperlukan seperti kamera, komputer, ruang kerja, ruang editing, ruang rapat dan lain sebagainya, sudah lengkap dan dapat berfungsi dengan baik untuk memaksimalkan kerja anda. Selain itu, sarana-sarana krja yang mendukung kinerja Anda pun akan membawa Anda untuk terus menghasilkan karya yang terbaik bagi konsumen yang telah mempercayakan kebutuhannya dengan memilih jasa Anda sebagai bisnis yang dipercaya.

4. Bahan baku cetak harus berkualitas

Dalam konteks bisnis studio cetak digital, langkah selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan kualitas dari bahan baku cetak yang Anda gunakan. Semakin berkualitas bahannya, maka semakin bagus juga kualitas hasil cetakannya. Pastikan bahwa Anda bisa konsisten untuk selalu menggunakan bahan baku yang berkualitas dengan harga yang wajar dan sesuai dengan kondisi pasar. Penggunaan bahan baku cetak yang berkualitas akan semakin membuat pelanggan Anda merasa nyaman dan puas ketika menggunakan jasa Anda.

5. Kreatif dan inovatif dalam membuat suatu karya

Kreativitas adalah kunci utama dalam membangun bisnis. Dengan kreatif, kita bisa dengan mudah berinovasi untuk membuat suatu produk bisnis yang unik, menarik dan tepat sasaran. Termasuk juga halnya dala, bisnis studio cetak digital. Anda harus sekreatif mungkin untuk menggagas ide-ide Anda menjadi sebuah tema yang berbeda dari studio  studio cetak lainnya. Ide-ide kreatif Anda dalam membuat suatu karya atau sekedar membantu klien anda, akan menjadi kunci utama dan pembeda dari studio cetak Anda dengan studio-studio lainnya. Pastikan Anda selalu menyediakan langkah-langkah inovatif untuk membuat suatu karya jika Anda mendapatkan inspirasinya dari pihak lain.

6. Kondisikan target sasaran Anda


Dalam membangun bisnis, penting rasanya bila Anda harus menentukan siapa target sasaran dan segementasi dari bisnis anda. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas karya hingga penentuan harga dari karya yang dihasilkan oleh bisnis anda. Dalam menjalankan bisnis studio cetak digital, Anda juga perlu memperhatikan siapa segmentasi anda. Bila segmentasi Anda orang-orang dengan kelas menengah ke bawah, maka Anda perlu menyediakan kualitas yang sedang ataupun menegah pada setiap hasil cetakannya. Tetapi bila segmentasi Anda adalah orang-orang yang memiliki pendapatan menengah ke atas, maka Anda dapat menyajikan peralatan selengkap mungkin, dengan kualitas karya yang tinggi dan maksimal serta dengan harga yang sesuai dengan apa yang sudah Anda berikan dalam karya – karya tersebut.

7. Buatlah promo-promo di awal berdiri sebagai tanda pengenalan produk jasa

Memulai bisnis studio cetak digital pada dasarnya adalah menjual jasa yang berupa karya. Untuk mengetahui sebagus apa karya yang dibuat, maka seseorang perlu mendalaminya terlebih dahulu berdasarkan hasil karya itu sendiri. Hal ini menjadikan bisnis studio cetak digital juga memerlukan tester atau sampel. Dimana tester atau sampel tidak harus Anda bagikan secara gratis. Anda bisa membuat promo di awal-awal Anda mengembangkan usaha studio cetak digital Anda dengan syarat-syarat tertentu, seperti diskon 50% dari rentang waktu 3 bulan pertama buka, gratis cetak 50 lembar bila mencetak lebih dari 100 lembar, dan masih banyak lagi. Dari promo-promo seperti ini, orang-orang yang terjerat dalam promo Anda akan memiliki referensi karya baik dalam bentuk kualitas cetakan, jasa fotografi hingga videografi dan kemungkinan dapat merekomendasikan bisnis Anda ke kerabatnya yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *