8 Bisnis dengan Modal Minim

Banyak pekerja kantor  yang sebenarnya berminat untuk resign dan memulai melakukan usaha sendiri. Namun ketakutan akan kerugian masih membayangi,  selain itu kebanyak permasalah yang dihadapi pebisnis pemula adalah modal usaha.
Mendirikan usaha tidak hanya bermodalkan keinginan saja tapi butuh biaya yang tidak sedikit. Bagi Anda yang ingin membuka usaha tapi memiliki modal yang minim tidak perlu khawatir untuk mulai menggeluti dunia usaha. Masih ada beberapa alternatif pilihan bagi Anda yang mengalami kesulitan tersebut.
Berikut beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal yang minim:

1. Jasa pindah rumah
 Bisnis di bidang jasa yang satu ini merupakan  salah satu bisnis yang bisa dilakukan tanpa membutuhkan modal besar. Yang kita butuhkan hanyalah kendaraan pickup. Kendaraan ini  dapat  diperoleh  dengan cara kredit atau memanfaatkan kendaraan yang lama. 
Selebihnya  hanya tinggal  membutuhkan media promosi untuk  menawarkan jasa yang  dimiliki.Anda dapat memanfaatkan media massa ataupun media sosial yang saat ini sedang trend.
Kebutuhan masyarakat untuk jasa ini semakin hari semakin meningkat apalagi untuk daerah yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Bagaimana? Tidak ada salahnya mencoba bisnis yang satu ini.
2. Ojek
Bisnis ojek saat ini bukanlah hal baru di kalangan masyarakat kita, bahkan bisnis ojek sudah ada sejak lama dan sampai saat ini masih mampu bertahan di tengah-tengah masyarakat. Ini juga menjadi salah satu referensi bisnis yang  dapat  kita jalankandengan hanya memiliki modal yang minim. Hampir sama dengan jasa bisnis yang ditawarkan oleh jasa pindah rumah yang hanya membutuhkan biaya untuk membeli kendaraan, bahkan apabila sudah memiliki kendaraan tersebut sebelumnya tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk modal. Ojek pun demikian. Sehingga hal ini patut dicoba sebagai salah satu bisnis Anda.
3. Dropship
Dengan perkembangan dunia digital saat ini maka kita cukup mudah melakukan bisnis tanpa modal yang besar. Cukup dengan mengadalkan media sosial serta relasi yang kita miliki. Salah satu bentuk bisnis yang bergantung dengan perkembangan teknologi adalah dropship. Dropship yang lebih akrab dengan sebutan bisnis online ini merupakan bisnis yang sangat menyenangkan. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. 
Dengan bermodalkan gadget yang Anda miliki serta relasi, maka bisnis ini sudah dapat berjalan. 
Terdapat banyak ragam di bisnis online, mulai dari menjual pakaian, assesoris, bahkan saat ini bisnis online pun sudah merambah dunia penjualan properti. Hal ini menjadi poin utama yang membuat orang banyak tertarik untuk memulai bisnis ini.
4. Reseller
Berbisnis tanpa harus memutar otak untuk mencari modal yang besar merupakan idaman semua orang. Apalagi jika bisnis tersebut mampu bertahan di pasaran dan mampu memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Salah satu pilihannya adalah menjadi reseller. Sistem kerja bisnis ini mudah. Hanya dengan mengambil barang atau jasa dari penyedia jasa dengan tujuan untuk dijual kembali atau dijalankan sebagai bisnis sendiri.  Bisnis ini tidak mengharuskan kita mengeluarkan modal yang cukup besar, sebab modal untuk barang atau jasa yang kita jual berasal dari penyedia jasa.
Sistem kerja reseller ini hanya berupa kerja sama dan pembagian komisi sesuai dengan perjanjian yang disepakati sebelumnya. Sehingga bisnis reseller  ini mampu dijalankan oleh perorangan atau mitra, bahkan bisa berbasis perusahaan yang dapat dikembangkan dengan skala yang lebih besar lagi dan tentunya akan menghasilkan keuntungan yang besar pula.
5. Les privat
Les privat, kerjaan yang satu ini memang tidak banyak membutuhkan modal yang banyak. Cukup memiliki modal yang minim, tempat untuk mendirikan usaha dan teman-teman yang bermitra sebagai tenaga pengajar. 
Meskipun demikian menggeluti bisnis les privat harus memiliki skill tersendiri dan berbekal ilmu pengetahuan yang memadai. Hal yang tidak kalah  penting dalam menjalankan usaha ini adalah kesabaran. Diperlukan kesabaran untuk menghadapi konsumen yang lebih muda.
Bisnis ini memiliki masa depan yang menjanjikan. Hal ini karena pendidikan sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat. Bahkan pendidikan sudah dapat digolongkan sebagai bentuk kebutuhan primer. Selama pendidikan ada dan mengalami perkembangan, maka selama itu pula bisnis berbasis les privat ini akan tetap ada.
6. Pengetikan
Bisnis berikutnya tak jauh-jauh dari kalangan pelajar maupun mahasiswa untuk dijadikan sasaran konsumen utamanya. Pernahkah terpikirkan, Anda membuka usaha pengetikan? Yah, usaha pengetikan ini merupakan salah satu bentuk usaha yang mulai berkembang saat ini dan mengalami kemajuan setiap harinya. Hal ini dilatarbelakangi adanya keinginan sebagian besar masyarakat untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan efisien.
Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini tidaklah besar. Cukup menyediakan modal untuk membeli peralatan komputer dan menyediakan tempat untuk mendirikan usaha. Jika belum memiliki modal untuk menyewa atau membeli tempat untuk mendirikan usaha bisa menggunakan rumah sendiri atau kontrakan yang sudah ada sehingga tidak akan memberatkan finansial bisnis Anda.
7. Konsultan
Skill merupakan modal utama yang dibutuhkan dalam bisnis ini selain uang. Dengan memilki kemampuan tertentu Anda bisa memulai bisnis konsultan. Misalnya, konsultan di bidang kesehatan, kepribadian, bahkan bisnis konsultan keuangan. Bisnis konsultan ini menjadi semakin dibutuhkan karena tingkat stres yang dihadapi masyarakat semakin tinggi, sehingga mereka membutuhkan pihak-pihak tertentu untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi.
8. Makelar bisnis
Saat ini bisnis dengan jumlah modal minim begitu banyak. Tidak membutuhkan modal besar namun dapat menghasilkan uang merupakan hal yang menggiurkan untuk ditekuni. Makelar bisnis merupakan salah satu pilihannya. Menjadi makelar atau perantara mampu membuat kita menghasilkan uang tanpa mengeluarkan modal. Yang dibutuhkan hanya relasi yang banyak dari berbagai kalangan dan skill untuk berkomunikasi secara diplomatis.
Cara kerja bisnis ini adalah Anda menjadi perantara antara pihak pertama dengan pihak ketiga dalam proses jual beli. Anda akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang diberikan jika Andaberhasil membuat kesepakatan jual beli.
Delapan bisnis di atas merupakan alternatif yang dapat dilaksanakan dengan modal minim. Hal ini membuka pemikiran kita bahwa berbisnis tidak selamanya harus membutuhkan modal yang besar.Kemauan Anda untuk berbisnis merupakan modal terpenting. Selalu ada jalan bagi yang ingin berusaha. Selamat mencoba ide bisnis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *