7 Langkah Mencuci Pakaian Dengan Baik

Dalam dunia bisnis langkah untuk menjalankan suatu usaha sangatlah penting. Langkah biasanya mendominasi dalam suatu usaha yang tengah dijalankan. Sering kali langkah dalam menjalankan bisnis digunakan sebagai penentu atau tolok ukur berjalan atau tidaknya suatu usaha. Langkah atau metode dari berbagai usaha berbeda-beda sesuai usaha yang tengah dijalankan. Metode atau langkah dalam suatu usaha menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.
Metode antara usaha yang satu dengan yang lain tentulah berbeda. Terkadang langkah juga dapat ditentukan sesuai inisiatif sendiri ataupun didapat dari orang lain. Metode ini sangat penting untuk berlangsungnya suatu usaha, penghematan waktu serta tentunya sebagai bahan untuk menarik para pelanggan. Dalam tiap usaha sering dijumpai beberapa langkah sesuai dengan keinginan para pemilik usaha. Dalam berbisnis laundry tentunya ada berbagai langkah-langkah yang perlu diperhatikan seperti langkah dalam mencuci pakaian yang baik. Mencuci pakaian walau sudah dengan bantuan mesin cuci namun jangan hanya asal-asalan dalam mencuci. Hal ini dapat membuang banyak waktu selain itu hasil juga kurang memuaskan.
Ada berbagai macam langkah yang harus dilakukan saat mencuci pakaian dalam bisnis laundry. Langkah-langkah ini biasanya memudahkan Anda untuk mengefektifkan waktu supaya pekerjaan cepat selesai. Selain itu juga sebagai bahan untuk menarik perhatian para konsumen. Semakin bagus langkah yang dilakukan maka hasil akan semakin baik dan konsumen akan semakin meningkat sehingga keuntungan menjadi banyak. Beberapa macam langkah yang harus dilakukan saat mencuci pakaian dalam berbisnis laundry adalah:

1. Pisahkan pakaian
Sebelum mencucinya, pisahkan antara pakaian yang berwarna dengan warna putih. Pakaian warna putih sangat sensitif bila dicuci menggunakan mesin cuci. Maka dari itu, untuk menghindari kesalahan dalam hal pencucian, sebaiknya pemisahan warna pakaian ini erlu diperhatikan. 
Selain memisahkan pakaian yang berwarna dengan yang putih, pisahkan pakaian warna terang dengan pakaian warna gelap. Pisahkan pakaian yang tebal dengan yang tipis. Hal ini akan memudahkan dalam pencucian dan menghindari kerusakan mesin cuci.
2. Pilah pakaian yang mudah pudar warnanya
Metode ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika tidak maka pelanggan akan kapok dan tidak mau mencuci ke tempat Anda lagi. Pakaian yang warnanya mudah pudar saat terkena air sebaiknya dipisah dan dicuci sendiri demi menghindari kontak dengan pakaian yang lain karena pudarnya warna tersebut bisa jadi menempel pada pakaian yang lain jika tidak dipisah.
Cara untuk mengetahui pakaian yang mudah pudar warnanya atau tidak yaitu dengan hal yang sederhana, cukup jilat pakaian sedikit saja. Jika pakaian terasa asin yang aneh maka pakaian tersebut warnanya mudah pudar, namun jika pakaian memiliki rasa asin yang biasa maka pakaian tersebut normal
.
3. Gunakan detergen secukupnya
Detergen juga mempengaruhi kualitas cucian Anda. Gunakan detergen dengan takaran yang cukup, jangan terlalu banyak dan juga terlalu sedikit. Jika detergen yang digunakan kurang dari takaran maka hasil kerja tidak akan maksimal karena cucian tidak bersih. Jika terlalu banyak detergen akan semakin mengkikis lapisan pakaian sehingga pakaian yang dicuci akan mudah sobek.
4. Gunakan air secukupnya
Air biasanya ditakar berbanding lurus dengan detergen untuk mendapatkan hasil cucian yang maksimal. Semakin sedikit air maka hasil cucian kurang bagus dan kalau air melebihi takaran maka mesin cuci akan cepat rusak.
Air juga mempengaruhi kualitas hasil cucian. Jika air yang digunakan tidak sepenuhnya bersih maka hasil cucian terkesan berbau aneh. Detergen jika dicampur dengan air yang bnyak kuman maka akan menghasilkan bau yang aneh. Memilih air juga perlu diperhatikan karena terkadang ada air yang terlihat jernih namun banyak kuman didalamnya.
5. Cuci pakaian putih terlebih dahulu
Metode ini yang perlu digunakan. Pakaian yang putih sebaiknya pencuciannya didahulukan sehingga nantinya tidak ada sisa-sisa nod warna yang menempel. Dengan mendahulukan pakaian putih maka akan dengan mudah mencampurkan zat pemutih untuk mendapatkan hasil cucian yang maksimal.
Selain itu, hal ini akan menghindari terjadinya kesalahan dalam mencuci pakaian. Jika pakaian putih dan berwarna tidak dipisah dalam pencuciannya maka warna putih akan smakin memudat menjadi agak kuning. Ini yang sering diperhatikan para pelanggan, benyak pebisnis laundry yang tidak mempedulikan hal ini maka kebanyakan mereka hanya memiliki pelanggan yang sedikit karena pelanggan merasa rugi dan menyesal sudah melaundry ke tempat yang tidak bertanggung jawab.
6. Pakaian tebal dicuci terakhir
Sebaiknya mencuci pakaian yang tebal dilakukan terakhir kali. Dengan mencuci terakhir kali maka akan meminimalkan cepatnya kerusakan mesin cuci. Selain itu juga akaan dengan mudah mengukur seberapa banyak detergen yang harus digunakan dalam periode pencucian ini. Mencuci pakaian yang tebal dengan yang tipis tentunya akan semakin benyak membutuhkan detergen untuk pakaian yang tebal dibanding yang tipis.
Di samping itu, jangan campurkan pakaian tebal yang bernoda banyak dengan yang sedikit nod atau tanpa ada noda sekalipun. Biasanya noda akan cepat mencampur ketika dicuci secara bersamaan sehingga hasil yang didapat bukannya bersih justru noda dari satu pakaian menyebar dan menempel ke pakaian-pakaian yang lain.
7. Telitilah kotoran pakaian yang belum bersih
Sebelum memulai dalam menyetrika, maka telitilah terlebih dahulu pakaian yang sekiranya masih bernoda, bagi pakaian yang masih terdapat noda maka harus dicuci ulang untuk menghindari cacatan dari para palanggan. Selain itu, meneliti pakaian yang belum bersih juga belajar untuk bekerja dengan baik sesuai pekerjaan yang dilakukakan sehingga pekerjaan tidak terkesan asal-asalan namun secara sungguh-sungguh. Hal ini akan lebih menarik para konsumen.
Hal di atas merupakan langkah atau metode yang perlu diperhatikan dalam mencuci pakaian untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal dan tidak dipandang sebelah mata. Metode ini juga dapat dilakukan untuk para ibu rumah tangga yang mencuci pakaian keluarga supaya pakaian tetap terjaga keawetannya. Demikian sekilas uraian tentang langkah mencuci yang baik, semoga bermanfaat dan membantu Anda. Terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *