7 Hal Yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Karyawan Anda

Ketika Anda mengelola sebuah perusahaan dan mempunyai karyawan yang sangat banyak, pasti suatu saat kesabaran Anda diuji oleh kurangnya motivasi, hasil pekerjaan yang tidak sesuai, dan terhadap apa yang Anda minta kepada para karyawan Anda. Akan tetapi seorang bos bukanlah orang yang selalu dalam kesempurnaan. Apa yang Anda katakan dan lakukan tidaklah selalu benar dan baik dimata karyawan Anda. Kadang-kadang Anda sebagai bos mengatakan hal-hal yang akan membuat Anda menyesal kemudian. 
Tapi semuanya tidak sama seperti karyawan lain ataupun bawahan Anda. Seorang bos harus tetap menjaga kewibawaan dan penampilan disaat menghadiri sebuah pertemuan. Pada saat Anda sedang frustasi ada baiknya Anda menjaga diri Anda tetap tenang dan tidak mengatakan hal-hal yang kurang baik yang dapat menimbulkan masalah di kalangan karyawan Anda. Hal lain adalah pada saat Anda memotivasi karyawan Anda, ada baiknya Anda harus menjaga kualitas kata-kata Anda sehingga karyawan tetap menjaga kepercayaannya terhadap Anda.
Berikut adalah tujuh hal yang tidak boleh dikatakan pada karyawan Anda.
1. Saya adalah bos. Lakukan apa yang saya perintahkan!

Jika Anda adalah orang dewasa, maka Anda akan mengerti hal ini. Jika Anda menetapkankan standar kerja yang berbeda dengan karyawan Anda, bahkan standar kerja tersebut lebih tinggi dari standar kerja Anda, jangan harap karyawan Anda akan mendapatkan hasil yang baik dan maksimal. Bahkan, karyawan tersebut pasti tidak akan melakukan pekerjaan yang Anda minta. Baiknya, jika Anda ingin karyawan Anda melakukan apa yang Anda inginkan, Anda harus memintanya dengan baik dan menanyakan apakah hal tersebut dapat ia lakukan atau tidak. Dengan cara yang baik maka akan ada hasil yang baik.
2. Anda beruntung mendapatkan pekerjaan ini

Jika Anda sampai hati mengatakan hal ini kepada karyawan Anda, sepertinya kata-kata tersebut harus dikembalikan lagi kepada diri Anda dan Anda adalah orang yang beruntung mendapatkan pekerjaan ini. Orang yang bekerja di bawah perasaan bahwa mereka merasa berhutang budi kepada diri Anda yang sudah mereka anggap seperti majikan, mereka tidak akan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Apalagi mereka adalah seorang karyawan baru yang baru saja lulus dari dunia pendidikan, berbeda jika Anda bekerja dengan seorang yang sudah professional, mungkin mereka akan sedikit lebih mengerti akan hal itu. Ada baiknya jika Anda segera memperbaiki hubungan Anda dengan karyawan Anda bagaimanapun caranya atau akhirilah segera hubungan kerjasama Anda dengan cara yang baik-baik. Karena jika seorang karyawan harus menurut, tunduk, patuh dengan setiap yang Anda minta, padahal hal tersebut bukan merupakan keterampilannya maka hal itu tidaklah mungkin, ibarat mereka harus selalu mencium kaki Anda. Jika Anda merupakan bos dan Anda berkata seperti itu, maka secara garis besar Anda belum pantas untuk memimpin suatu perusahaan.
3. Jika Anda tidak suka, pekerjaan Anda akan saya berikan kepada orang lain

Sebagai bos, Anda seharusnya menggunakan keterampilan Anda dalam memimpin sebuah perusahan dengan baik. Keterampilan memimpin, memotivasi, memberi penguatan kepada karyawan Anda agar mereka dapat bekerja dengan penuh semangat. Akan tetapi jika Anda merasa kurang puas terhadap kinerja mereka dan Anda mengancam bahwa Anda akan memberikan pekerjaan mereka kepada orang lain yang lebih pantas, hal ini sangat tidak disetujui oleh karyawan manapun. Setidaknya karyawan selalu berusaha untuk memenuhi semua yang Anda minta dan anda perintahkan, akan tetapi jika itu tidak sesuai ada baiknya jika Anda tetap mengapresiasi mereka dan membuat mereka tetap bersemangat. Jika Anda mengatakan hal di atas, karyawan Anda akan merasa usaha mereka sia-sia dan motivasi mereka dalam bekerja akan menurun. Jika sudah seperti itu siapakah yang akan rugi?
4. Saya rasa hanya Anda yang bermasalah dengan hal ini

Jika Anda memiliki masalah dengan seorang karyawan Anda. Dan Anda merasa karyawan Anda memiliki masalah yang sangat serius tentang performanya, maka Anda harus dengan segera memanggil karyawan Anda tersebut untuk bertemu dengan Anda. Jangan memberikan masukan atau menasehati karyawan Anda di depan karyawan lain. Karena hal ini dapat membuat mental karyawan Anda menjadi lemah dan semangatnya mungkin akan hilang. Itu jelas akan menimbulkan masalah baru bagi Anda. 
Jika Anda mempunyai karyawan yang kurang kooperatif, dan pertanyaan-pertanyaannya mungkin membuat Anda tidak nyaman. Sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk karyawan Anda tersebut untuk lebih mendengarkan apa yang sedang dia rasakan dan dia ingingkan. Mungkin karyawan Anda sedang dalam keadaan yang tidak baik. Apapaun masalah Anda dengan karyawan Anda, tetaplah hormati karyawan Anda dan jangan mengucapkan kalimat di atas. Bagaimanapun mereka bersikap seperti itu tetap dengan alasan tertentu. Jangan pernah membandingkan karyawan satu dengan karyawan yang lain. Hal ini adalah ide yang sangat buruk, karena mereka bukan anak-anak lagi.
5. Saya tidak punya waktu untuk hal ini

Kalimat ini sangat tidak pantas untuk Anda katakan jika Anda seorang bos. Anda adalah seorang pemimpin, bos, orang yang paling nomor satu di kantor Anda. Bagaimana mungkin Anda tidak mempunyai waktu untuk karyawan Anda. Sesibuk apapun Anda, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk karyawan. Hal ini akan membuat rasa hormat karyawan bertambah dan mereka akan merasa sangat senang mempunyai atasan yang sangat berempati kepada karyawannya. Hal ini akan menambah motivasi mereka dalam bekerja. Intinya adalah luangkanlah waktu yang semuanya adalah untuk kebaikan Anda sendiri.

6. Anda tidak mengerti beban saya sebagai seorang bos

Setiap orang memiliki masalah mereka sendiri, dan sesuai dengan kemampuan mereka. Masalah satu orang dengan orang yang lain sangatlah berbeda. Dan masalah itu pasti akan selalu ada di depan Anda. Bukan karena Anda merasa orang yang paling besar di kantor, dan Anda bisa memaksakan kehendak kepada orang lain. Anda harus bisa menghormati hak, hasil pekerjaan dan pendapat karyawan Anda.
7. Apakah Anda tidak melihat jabatan yang tertulis di bawah nama saya?

Perkataan yang seperti ini adalah perkataan yang paling harus Anda hindari. Ya memang, Anda adalah seorang bos dan pimpinan dari seluruh karyawan yang ada di dalam kantor. Anda adalah orang paling nomor satu yang sudah mendedikasikan waktu, fikiran, tenaga, materi, dan semua yang Anda punya untuk membangun bisnis sehingga menjadi seperti saat ini. Dan tanpa berbicara seperti itu, semua karyawan Anda secara garis besar sudah menyadari akan hal itu. Akan tetapi Anda bukanlah manusia yang paling sempurna, ada baiknya jika Anda tidak membebankan semua masalah Anda kepada karyawan. Karena hal ini tidak akan membuat mereka bekerja secara produktif. Ada kalanya seorang pemimpin berubah menjadi seorang pelayan untuk karyawannya, mendengarkan, meluangkan waktu, dan memberikan pelayanan yang terbaik demi kelancaran bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *