10 Film Yang Harus Ditonton Oleh Pebisnis dan Wiraswastawan

Tidak ada seorang pun yang pernah mengatakan bahwa menjadi seorang pebisnis atau wiraswastawan akan mudah. Berjuta-juta hambatan pastinya akan ditemui disetiap jalan yang dilalui pada setiap harinya. Para penantang atau orang-orang yang mencemooh Anda dan kekurangan biaya untuk modal dapat menjadi alasan pokok kebanyakan orang yang hendak memulai menjadi pebisnis untuk mulai mengibarkan bendera putih atau lebih dikenal dengan kata menyerah. 
Tapi Anda bukanlah orang rata-rata seperti pada umumnya, Anda adalah seorang pengusaha sejati. Itu berarti bahwa dimana Anda menemukan diri Anda pada saat-saat tersulit, Anda akan tetap maju ke depan dan mewujudkan apa yang menjadi impian Anda. 
Namun ketika Anda sudah menjadi seorang pengusaha dan Anda sedang dalam keadaan buruk ataupun sedang dalam kondisi yang tidak baik. Maka istirahatlah dan mencari beberapa inspirasi yang dapat digunakan sebagai motivasi yang sedang Anda butuhkan. Dan apakah ada cara lain yang lebih baik untuk menemukan inspirasi daripada menonton film? 
Entah itu film bertema petualangan, drama, sinetron, komedi, dokumenter, laga, pendidikan, dan semua film yang kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi Anda sebagai seorang pebisnis yang merasa lelah.
Maka dari itu, Bisnishack menampilkan artikel tentang 10 film yang harus ditonton oleh para pebisnis ataupun wiraswastawan :
1. The Social Network
 Hal ini tidak mengherankan bahwa The Social Network adalah sebuah film yang ketika dirilis pada tahun 2010 menjadi film yang paling banyak ditonton dan digemari oleh para pecinta film. Semua orang ingin melihat bagaimana Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard meluncurkan jaringan media sosial yang paling populer di dunia yang kita kenal dengan nama Facebook. 
Mengapa Anda seorang pebisnis harus menontonnya? Film ini memberikan penonton pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana untuk membuat permulaan bisnis yang sukses dengan menunjukan kualitas seperti menjadi pribadi yang fleksibel dan tangguh. Setiap kali saya menonton film ini, saya selalu memotivasi diri saya sendiri untuk menjadi pengusaha yang lebih baik. 
2. The Pursuit of Happyness

Berdasarkan kisah nyata dari multi-jutawan yang berawal dari seorang gelandangan yaitu Chris Gardner dibuatlah film dengan judul The Pursuit of Happyness pada tahun 2006. Will Smith sebagai aktor yang memerankan peran utama ditemani oleh anaknya sendiri yaitu Jaden Smith. Film ini adalah salah satu film yang paling mengharukan dan dapat memunculkan motivasi bagi pengusaha. Akan tetapi jika Anda tidak menonton dan mengikuti perjalanan dari perjuangan seorang Chris dan anaknya untuk mengikuti mimpi, maka Anda benar-benar orang yang tidak beruntung dan menyia-nyiakan kesempatan untuk termotivasi. 
Mengapa Anda seorang wiraswastawan harus menontonnya? Meskipun ia menjadi tunawisma Cris tidak pernah menyerah, kegigihannya dalam berjuang dan terus berjalan bahkan berlari untuk mewujudkan mimpinya, yaitu mempunyai kehidupan yang layak untuk anaknya dan Chris tidak pernah menyerah pada mimpinya. Semangat, perjuangan, dan pengorbanannya perlu dicontoh dan diaplikasikan dalam kehidupan Anda sebagai pebisnis.
3. Citizen Kane

 Walaupun Anda bukan seorang pengusaha atau wiraswastawan, menonton juga harus menonton sebuah karya besar dari seorang Orson Welles ‘1941. Film ini berkisah tentang kehidupan seorang tokoh cerita Charles Foster Kane, seorang pemilik media surat kabar (Koran), akan tetapi banyak yang menyebutkan bahwa film ini berdasarkan kisah nyata yaitu kisah dari seorang bernama William Randolph Hearst. Film ini menceritakan tentang Kane dalam mencari keberuntungan dan kekuasaan. Pada akhirnya, Kane dapat benar-benar mengerti dan memahami apa yang yang paling penting tentang hidup.
Mengapa Anda harus menontonya? Alasannya adalah meluncurkan bisnis yang sukses adalah tujuan dari setiap pengusaha, akan tetapi itu bukanlah tujuan satu-satunya dalam hidup.
4. Office Space

Ini merupakan film komedi yang dirilis pada tahun 1999 dari Mike Judge berfokus pada Peter Gibbons (Ron Livingston), yang akhirnya merasakan betapa ia membenci duduk dan bekerja di dalam sebuah bilik dan menerima perintah dari bos menyeramkan Bill Lumbergh (Gary Cole). 
Mengapa Anda harus menontonnya? Setiap pengusaha ataupun karyawan yang mempunyai jiwa pengusaha membenci bekerja untuk orang lain dan kadang-kadang mereka akan melakukan hal aneh, mengerikan, dan konyol agar membuat bos mereka marah dan akhirnya dipecat.  Saya tidak akan menganjurkan akan hal itu, akan tetapi yang harus diingat bahwa pebisnis adalah seseorang yang mau berusaha dan tidak akan terikat oleh waktu, berani berspekulasi, menentukan hidupnya, dan tidak berada di bawah siapapun.
5. Glengarry Glen Ross

Film ini dirilis pada tahun 1992, diadaptasi oleh David Mamet dari tahun 1984 Pultitzer Prize.  Film ini menggambarkan kehidupan dua hari empat salesman real estate (perumahan) dan bagaimana mereka menjadi putus asa ketika kantor perusahaan mengirimkan pelatih untuk “memotivasi” mereka dengan mengumumkan bahwa, dalam satu minggu, semua akan dipecat kecuali dua salesman. Dari film ini Anda dapat mengambil dan melihat lebih dekat tentang kebohongan dan pengkhianatan orang yang semuanya itu hanya untuk bertahan dan sukses dalam dunia bisnis. 
Mengapa Anda harus menontonnya? Sayangnya, dunia bisnis bisa berubah menjadi dunia yang sangat brutal, sesuatu yang akan Anda pelajari sebagai seorang pebisnis. Dalam film ini ada gambaran betapa kejamnya persaingan dalam dunia bisnis. Sehingga Anda pandai dan pintar mencari celah dan peluang agar Anda dapat bertahan dan sukses.
6. Rocky

Ini adalah film lain bukan tentang pengusaha akan tetapi setiap orang harus menonton setidaknya sekali. Sylvester Stallone menulis dan membintangi film ini, kisahnya adalah Rocky Balboa bertarung dengan juara tinju kelas berat Apollo Creed. Pada awalnya Creed menganggap remeh Rocky, dan akhirnya dengan segenap perjuangan Rocy, walaupun berkali-kali terjatuh dia tetap bertahan sampai dengan ronde akhir. 
Mengapa menontonnya? Alasannya adalah ketika dunia memberitahu Anda bahwa Anda tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk berhasil, akan tetapi Anda terus berjuang tanpa menyerah dan dengan semangat kompetitif dapat membawa Anda jauh menjadi lebih sukses. Dan yang terpenting janganlah menganggap remeh setiap pesaing bisnis Anda.
7. Pirates of Silicon Valley

Ini adalah film yang dirilis pada tahun 1999, bercerita tentang bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs dalam membangun bisnisnya sampai saat ini. Film bergaya dokumenter ini mengambil kisah kehidupan pendiri Microsoft dan Apple. Dimana persaingan sangatlah keras dan memang harus membutuhkan mental yang kuat dalam menjalankan dan membangun sebuah jaringan bisnis. 
Mengapa menontonnya? Kesuksesan berawal dari ide-ide yang cemerlang dan Anda harus berusaha menuangkan ide-ide tersebut dalam hal bisnis bagaimanapun caranya, bahkan jika Anda harus membajak atau mencuri. Karena hal ini dirasa sangat penting. Itu lah kehidupan, semuanya merupakan persaingan. Dari sosok Steve Jobs dan Bill Gates patut ditiru dalam bidang usahanya sampai menjadi sepeti ini yang bisa bermanfaat bagi semua orang.
8. Moneyball

Anda tidak perlu menjadi seorang penggemar bisbol untuk menikmati film yang dibintangi oleh Brad Pitt dari Billy Beane, manajer umum dari Oakland Athletics. Karena tim tidak memiliki keuangan untuk membeli pemain, Beane harus menemukan cara yang unik untuk bersaing dan cara itu tidak dipakai oleh tim lain pada umumnya. 
Mengapa menontonnya? Pengusaha harus inovatif dan kreatif. Dan itulah salah satu ciri paling terkenal pengusaha, mencari tahu bagaimana membuat sesuatu yang lebih baik, menarik, dan jangan pernah mundur dari visi Anda.
9. Jerry Maguire

Tokoh protagonis, Jerry Maguire (Tom Cruise), memiliki semuanya, karir yang hebat, banyak teman dan tunangan yang sangat cantik. Suatu hari, dia mendapat semacam pencerahan, bahwa agen olahraga seharusnya tidak hanya melihat uang tetapi bagaimana merawat klien mereka. Jerry kehilangan segalanya dan melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan kembali semuanya yang telah hilang. 
Mengapa Anda harus menontonnya? Ketika Anda mengikuti impian Anda, segala sesuatu akan berada pada tempatnya sendiri-sendiri baik secara professional maupun secara pribadi. Kejujuran merupakan modal utama untuk menjalin kerjasama.
10. Wall Street

Pada tahun 1987, sutradara Oliver Stone membuat Gordon Gekko (Michael Douglas) menjadi salah satu karakter yang paling terkenal dalam sejarah bioskop dengan motto nya “keserakahan adalah baik.” Film ini berpusat pada keputusan untuk melakukan bisnis ilegal dan tidak etis yang dibuat oleh Bud Fox ( Charlie Sheen) untuk menjadi kaya raya. 
Apa yang harus Anda pahami? Jangan menjual diri keluar dari sebuah pekerjaan yang sudah nyaman dan aman hanya demi uang yang banyak akan tetapi hal itu dilarang dan illegal. Ingat, menjadi seorang pebisnis bukan hanya tentang menjadi kaya dan terkenal. Akan tetapi bagaimana kita bisa bermanfaat untuk orang banyak. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *