7 Bisnis Kreatif yang Dapat Dikombinasikan dengan Usaha Cuci Kendaraan

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, Anda tidak harus membangun sebuah bisnis baru yang berkaitan. Bisa saja membuat ide baru yang benar-benar berbeda dari bisnis yang Anda tekuni sekarang ini. Hal ini merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Tujuannya sama, untuk mengembangkan bisnis yang Anda punyai.

Di artikel kali ini, akan dibahas beberapa bisnis kreatif yang dapat dikombinasikan dengan usaha cuci kendaraan. Beberapa dari bisnis ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan mencuci atau kendaraan. Namun jika dilihat, bisnis ini mampu mendukung usaha cuci kendaraan kita. Bahkan, usaha cuci kendaraan serta bisnis sampingan bisa berkembang secara bersamaan.

Kombinasikan dengan restoran

Banyak pelanggan yang merasa bosan ketika menunggu kendaraan mereka dicuci. Mereka akan berusaha mencari aktivitas lainnya seperti melihat ponsel, mengobrol dengan pegawai, atau mungkin mengobrol dengan teman mereka. Memanfaatkan peluang yang ada, Anda dapat membuka restoran kecil di tempat cuci kendaraan. Restoran Anda akan menarik pelanggan yang sedang menunggu. Tentu mereka akan memilih untuk menunggu di restoran daripada berdiri tidak jelas.

Menu restoran yang ditawarkan tidak usah berlebihan. Cukup makanan yang umum seperti nasi goreng, nasi campur, nasi pecel, dan lainnya. Kalau tidak mau repot, Anda bisa menawarkan pilihan makanan cepat saji seperti mie instan. Cara membuatnya mudah, harga bahan bakunya pun murah. Pelanggan juga senang karena mereka bisa menyantap makanan dengan harga terjangkau sembari menunggu.

Buka kafe 

Seiring berkembangnya zaman, gaya hidup masyarakat juga berubah. Banyak orang yang suka nongkrong di kafe agar terlihat lebih keren dan gaul. Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan dalam usaha cuci kendaraan Anda. Anda bisa membangun sebuah kafe kecil untuk pelanggan.

Di kafe Anda, Anda hanya perlu menyajikan kopi instan serta beberapa camilan kecil. Sembari menunggu, pelanggan bisa menikmati kopi yang hangat di kafe Anda. Agar pelanggan betah, juga bisa menyediakan beberapa majalah terbaru seputar otomotif untuk dibaca. Sediakan beberapa majalah fashion untuk pelanggan wanita.

Buka minimarket

Anda tidak perlu repot untuk membuka sebuah minimarket baru dengan brand atau nama Anda sendiri. Anda bisa mencoba bisnis franchise yang ada. Di era digital ini, dapat memperoleh berbagai informasi franchise dengan mudah. Pelajarilah franchise yang ada dengan baik, lalu pilihlah kriteria franchise mana yang paling sesuai dengan keinginan. Minimarket bisa menjadi tempat pelepas bosan bagi pelanggan.

Jika pelanggan merasa bosan, mereka akan berjalan-jalan sebentar agar mereka lebih bersemangat. Pada saat berkeliling, mereka tentu akan mampir ke minimarket Anda. Saat melihat-lihat, mungkin saja pelanggan menjadi tertarik untuk membeli camilan atau minuman ringan untuk menemani mereka menunggu kendaraan. Meskipun jumlahnya tidak besar, tetapi cukup lumayan untuk menambah penghasilan Anda.

Jual gorengan

Gorengan sangat disukai oleh banyak orang. Selain harganya yang murah, rasa gorengan gurih dan enak. Meskipun untungnya relatif kecil, tetapi volume penjualan gorengan cukup besar dan menguntungkan. Pelanggan dijamin akan mampir ke etalase gorengan Anda lalu membeli beberapa gorengan untuk dimakan. Menunggu tidak akan terasa lama lagi bagi pelanggan.

Pembuatan gorengan pun sangat mudah. Anda hanya perlu membeli beberapa bahan seperti tempe, pisang, ketela, dan lainnya. Setelahnya, potong sesuai selera atau sesuai harga yang ditetapkan. Kemudian, rendam dalam bumbu instan atau bumbu yang diracik sendiri. Terakhir, Anda hanya perlu menggoreng sampai matang. Mudah sekali bukan?

Etalase menjual pernak-pernik mobil atau motor

Untuk yang satu ini, masih memiliki hubungan dengan usaha cuci kendaraan. Pelanggan yang mencuci kendaraan ditempat Anda pastilah memiliki mobil atau motor. Jika tidak memiliki mobil atau motor, mereka tidak mungkin pergi mencuci kendaraan. Ketika menunggu, pelanggan bisa melihat berbagai koleksi yang tersedia di etalase Anda. Jika tertarik, mereka pun bisa membelinya untuk memperindah mobil atau motor mereka.

Jika takut barang jualan Anda tidak laku, jangan membeli barang-barang tersebut. Coba buatlah penawaran kerja sama dengan toko-toko mobil atau aksesoris lainnya. Jadi, Anda hanya membantu mereka menjual produk tanpa membeli terlebih dahulu dari mereka. Istilah lain yang biasa digunakan untuk model kerjasama seperti ini adalah bagi hasil. Anda dapat berjualan tanpa modal, partner juga dapat berjualan tanpa sewa tempat.



Pilihan sabun atau parfum mobil

Ini adalah sebuah bisnis kreatif yang dapat dimasukkan kedalam paket cuci kendaraan Anda. Anda bisa menyediakan beberapa pilihan sabun berkualitas serta parfum yang harum sebagai opsi untuk pelanggan. Jadi, pelanggan dapat memilih sabun favorit yang akan digunakan untuk mencuci kendaraan mereka. Selain itu, mereka juga bisa memilih parfum mobil yang akan digunakan setelah kendaraan selesai dicuci.

Tentu saja, Anda dapat mengenakan biaya tambahan bagi pelanggan yang menginginkan hal ini. Perlu diingat, sabun serta parfum harus terjaga kualitasnya. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi, karena pelanggan akan berpikir dua kali sebelum memilih. Kenakan biaya tambahan sekitar lima belas sampai tiga puluh ribu saja pada pelanggan, agar mereka tertarik mencoba.

Jasa delivery kendaraan ke rumah pelanggan

Bisnis yang satu ini merupakan kelanjutan dari usaha cuci kendaraan kita. Terkadang, ada pelanggan yang meninggalkan kendaraannya untuk dicuci. Biasanya pelanggan yang seperti ini memiliki aktivitas cukup padat setiap harinya. Melihat peluang ini, Anda bisa menyediakan jasa untuk mengantar kendaraan pelanggan sampai ke rumah setelah dicuci dengan bersih.

Tenang saja, Anda juga bisa dan wajib mengenakan biaya tambahan untuk fasilitas tambahan ini. Harga yang Anda tawarkan juga bisa bervariasi tergantung jauh dekatnya lokasi pengiriman kendaraan. Hal yang perlu diingat, jangan memberikan harga terlalu mahal. Jika harga pengiriman kendaraan hampir sama dengan ongkos cucinya, pelanggan akan kapok dan tidak mau ketempat Anda lagi.

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan, sehabis mengirim kendaraan, pegawai tentu perlu kembali ke tempat kerja. Kendaraan sudah ada ditempat pelanggan, jadi pegawai harus mencari kendaraan lain untuk kembali ke kantor. Anda harus memberikan biaya transportasi untuk pegawai. Ada juga cara lainnya, yaitu mengutus dua pegawai untuk mengantar kendaraan. Jadi, satu pegawai naik sepeda motor, lalu satunya naik kendaraan pelanggan.

Selain tujuh ide bisnis kreatif di atas, tentu masih banyak ide bisnis kreatif lainnya yang dapat dikombinasikan dengan usaha cuci kendaraan Anda. Bisnis kreatif ini dibuat untuk menemani pelanggan agar tidak cepat bosan. Selain itu, bisnis ini juga bisa menjadi pendapat sampingan bagi Anda. Selain pelanggan di tempat cuci kendaraan, orang lain yang lewat dijalanpun dapat mampir untuk melihat dan mencoba bisnis sampingan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *