7 Cara Sukses Membuka Usaha Pijat Refleksi

Seiring bertambahnya usia serta pekerjaan seseorang, maka badan mereka akan terasa mudah lelah. Jika badan lelah, maka produktivitas akan menurun. Untuk memberikan solusi pada hal ini, usaha pijat refleksi pun ada. Tujuan utama dari pijat refleksi adalah untuk mengembalikan kebugaran badan. Usaha pijat refleksi sudah menjamur dan dapat ditemukan dimana-mana.

Sekian banyak pijat refleksi yang ada, banyak sekali pengusaha yang sekedar ingin membuka pijat refleksi. Mereka hanya terbawa arus sementara dan berjalan tanpa arah. Inilah salah satu ciri-ciri pengusaha yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang berbisnis dan pijat refleksi. Biasanya, usaha pijat refleksi mereka tidak dapat berkembang, bahkan ada yang mengalami kebangkrutan.

Semoga saja tidak mengalami hal seperti diatas. Nah, jika Anda seorang pengusaha dan berencana membangun sebuah usaha refleksi, maka saatnya Anda menyimak artikel ini. Artikel ini akan memberitahu tentang cara sukses membuka usaha pijat refleksi. Caranya sangat mudah diaplikasikan dan tidak ribet. Yuk disimak!

Tahu teknik pijat

Ini adalah hal dasar yang wajib dimiliki dan pahami. Jika tidak mengetahui hal ini, saatnya Anda mulai mengumpulkan informasi. Satu hal yang pasti, jika tidak mengerti tentang teknik pijat, Anda tidak akan sukses dalam membuka usaha refleksi. Anda tidak akan memahami esensi dan hal utama dalam pijat refleksi. Hal terburuk,  bisa saja ditipu dengan pegawai. Segera belajar dengan melihat referensi di internet, membaca buku, maupun mengikuti kursus.

Setelah mempelajari dan mengerti soal teknik pijat, saatnya bertanya pendapat pada orang lain. Anda dapat mencoba teknik pijatan Anda pada keluarga atau teman. Tanya pada mereka apakah mereka merasa lebih enak setelah dipijat. Teruslah berlatih serta mencoba teknik yang dimiliki. Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti perkembangan atau tren dunia pijat, agar mengerti tentang teknik baru serta apa yang sedang disukai dan dicari oleh pelanggan.

Lokasi strategis

Pemilihan lokasi juga tidak kalah penting. Jika meletakkan sebuah berlian di tempat pembuangan sampah, maka berlian tersebut turut menjadi sampah. Sama halnya dengan usaha refleksi Anda. Jika salah meletakkan usaha refleksi, Anda bisa mengalami kegagalan serta bangkrut. Survey dan pilihlah lokasi tempat refleksi dengan seksama.

Pilihlah lokasi yang berdekatan dengan kantor, tempat gym, atau di pusat perbelanjaan. Pada dasarnya, pilihlah tempat yang ramai serta di lokasi tersebut banyak orang yang berpotensi untuk lelah. Jika dikantor, mereka akan berminat pijat refleksi setelah pulang kantor untuk melepas penat. Jadi, coba cari tempat-tempat yang tepat untuk menemukan celah tersebut. Bisnis Anda akan dijamin ramai.

Peralatan yang memadai

Hal yang wajib dimiliki oleh tempat refleksi adalah sofa besar yang terdapat sandaran bahu, bangku, sandaran kaki, serta tempat tidur. Anda tidak perlu membeli fasilitas yang terlalu mahal. Cukup pastikan bahwa semua fasilitas  memiliki kualitas yang bagus, empuk, serta cukup leluasa bagi pelanggan. Jika tempat duduk pelanggan saja sudah tidak nyaman, maka sepanjang waktu pijat mereka tidak akan nyaman dengan posisi mereka.

Selain fasilitas, bahan baku untuk pijat juga penting. Contohnya saja minyak yang dipakai untuk memijat serta aroma ruangan pijat. Jangan memilih produk dengan bau yang menyengat. Sebaliknya, pilih produk beraroma terapi yang dapat menciptakan suasana tenang dan santai. Pemilihan aroma akan memberi pengaruh besar terhadap mood pelanggan.

Suasana ruangan mendukung 

Ruangan pijat refleksi memberi pengaruh dalam proses pelepasan penat. Ruangan yang paling sesuai adalah kondisi remang-remang. Jangan terlalu terang, karena pelanggan akan merasa silau. Jika terlalu gelap, pelanggan bisa menjadi cemas karena tidak dapat melihat apapun. Jangan lupa, jagalah ruangan agar selalu bersih.

Jika memiliki lagu-lagu klasik atau beralunan merdu, hal ini akan sangat menguntungkan. Lagu-lagu klasik dapat membuat pelanggan menjadi lebih tenang dan lebih santai. Putarlah lagu-lagu tersebut dengan volume kecil ketika pelanggan dipijat. Pelanggan akan menikmati lagu tersebut dan bisa membuat mereka semakin nyaman.

Selain dua hal tersebut, yang paling penting adalah privasi. Untuk paket-paket tertentu seperti pemijatan seluruh badan, tentunya pelanggan akan merasa lebih nyaman jika ruangannya tertutup. Lebih bagus lagi jika terdapat ruangan khusus untuk perempuan serta ruangan khusus untuk laki-laki. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa lebih aman.

Harga terjangkau

Jika masih baru di dunia pijat refleksi, maka harga adalah hal utama yang akan dipertimbangkan pelanggan sebelum mencoba pijat refleksi. Oleh karena itu, lakukan survey di beberapa tempat refleksi yang serupa dengan Anda. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi, berikan harga yang sewajarnya. Jika memang betul-betul mempunyai fasilitas serta jasa yang lain daripada yang lain, barulah boleh memasang harga tinggi.

Tenaga pemijat ahli

Ciri utama dari pijat refleksi adalah memijat. Jadi, Anda pasti perlu tenaga pemijat. Tenaga pemijat yang dicari tidak boleh sembarangan. Cara merekrut pekerja dapat dilakukan dengan menyuruh mereka memijat Anda. Jika pijatan mereka terasa enak, maka mereka adalah pekerja yang berpotensial. Lihat kriteria lengkap untuk menjadi tenaga pijat ahli disini (link ke artikel 8 Kriteria yang Wajib Dimiliki oleh Pekerja Refleksi)

Jika diperlukan, Anda harus menyediakan pelatihan khusus bagi mereka sebelum mulai bekerja. Untuk menghindari turnover atau arus keluar masuk dari para pekerja, Anda bisa membuat sistem kontrak. Misalnya saja, pekerja baru yang baru diberikan pelatihan wajib menyelesaikan masa kerja selama enam bulan. Anda juga bisa menerapkan sistem komisi atau bonus agar karyawan tidak malas dan bersemangat dalam bekerja.

Fasilitas tambahan

Mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi tidak kalah penting dengan lainnya. Contohnya, Anda dapat menyediakan baju ganti untuk pelanggan agar mereka terasa lebih nyaman ketika dipijat. Terutama para pelanggan wanita yang sedang menggunakan rok atau baju bermodel lainnya. Tidak hanya itu, baju ganti dapat mencegah minyak atau kotoran lainnya menempel saat pemijatan berlangsung.

Fasilitas tambahan seperti air minum juga memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Setelah menghabiskan waktu sekian lama di ruang refleksi, tentu pelanggan akan merasa haus. Tawarkan air minum sebagai bonus karena mereka telah pijat di tempat Anda. Akan lebih bagus jika memiliki beberapa variasi seperti air jahe, teh, ataupun yang lainnya. Pelanggan akan merasa diperhatikan oleh Anda.

Jika Anda menerapkan tujuh cara ini kedalam usaha refleksi, maka akan berhasil dalam membangun usaha refleksi. Bonusnya, usaha refleksi bisa berkembang lebih jauh, dan Anda bisa membuka cabang ditempat lain. Tujuh hal ini mungkin terlihat sepele dan mudah, namun dibutuhkan tekad  yang kuat untuk menyelesaikannya. Semoga Anda berhasil!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *