6 Tips Sukses Bisnis Dari Larry Elison, CEO Oracle

Lawrence Joseph Ellison, yang dikenal sebagai Larry Ellison (lahir 17 Agustus 1944, di kota New York), adalah pendiri  Oracle, salah satu perusahaan tersukses yang bergerak di bidang IT. Dianggap memiliki gaya hidup yang eksentrik, ia adalah salah satu miliarder paling terkenal dan menduduki peringkat ke-5 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Apa saja kira-kira rahasia sukses Larry Elison dalam membesarkan Oracle? Apa kiat-kiat ampuhnya dalam membuat perusahaan bernilai milyaran dollar? Simak tips-tips menariknya dalam artikel BisnisHack berikut ini :

1. Optimis dan pantang menyerah

Memiliki sifat optimis dan pantang menyerah adalah poin utama yang membawa Anda pada kesuksesan. Seringkali, memiliki pola pikir positif adalah teknik yang memungkinkan kita untuk memblokir pikiran negatif, dan terkadang mampu menangkal berbagai kekhawatiran, ketakutan, dan berbagai pikiran buruk saat menjalankan bisnisnya. Larry sendiri pernah kehilangan rumahnya karena bangkrut, namun hal ini sama sekali tidak membuatnya menyerah dalam berbisnis dan berwirausaha.

Memiliki pandangan optimis memungkinkan Anda untuk terus menghadapi kendala yang tak terelakkan dari dunia bisnis. Hal ini juga membantu Anda menemukan berbagai metode untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di dalamnya. Larry Elison sangat meyakini bahwa optimisme adalah landasan kesuksesan bisnis. Selain itu, sifat optimis berguna pula memperkuat karisma Anda sebagai seorang pemimpin.

2. Kenali musuh Anda

Setelah membaca sebuah artikel IBM tentang database, Larry yakin konsep tersebut akan menjadi teknologi masa depan. Ia  menghabiskan begitu banyak waktunya untuk membaca artikel tersebut dan meneliti berbagai hal yang bisa ia kembangkan di dalamnya. Sebagai pebisnis, Anda harus selalu waspada terhadap tindakan yang diambil oleh kompetitor, terutama yang dapat mempengaruhi distribusi logistik, promosi. dan penjualan produk atau jasa Anda.

Dengan memiliki lebih banyak pengetahuan tentang para kompetitor bisnis, hal ini akan membuat Anda lebih siap dalam menghadapi peperangan dan persaingan di pasar. Hal ini juga mencegah para kompetitor merebut pelanggan-pelanggan setia yang sudah menggunakan produk Anda dalam jangka waktu yang lama.

Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki tentang kompetitor, semakin baik pula kemampuan Anda dalam membentuk strategi pemasaran para kompetitor dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan pelanggan bisnis Anda. Ini akan membantu Anda membangun reputasi dan mempertahankan posisi nomor satu di pasar.

Tujuan utama Larry adalah adalah mengalahkan Microsoft sebagai perusahaan piranti lunak nomor satu di dunia. Salah satu kutipan terbaik dari Larry Elison yang sangat inspiratif antara lain adalah sebagai berikut:

“Tugas saya adalah menjadikan Oracle, sebuah perusahaan software yang saat ini menduduki posisi kedua di dunia, sebagai yang nomor satu. Impian saya adalah mengalahkan Microsoft, dan saya yakin mampu meraihnya dengan kerja keras dan strategi pemasaran yang tepat.

3. Abaikan Kritik

Dalam karir Ellison, ada banyak orang yang mempertanyakan kemampuannya untuk memimpin perusahaan. Belajar untuk mengabaikan kritik adalah keterampilan yang mutlak ia kuasai. Mengenai masalah ini, Larry berkata,

“Ketika membuat sebuah inovasi, Anda harus siap dianggap gila oleh orang-orang di sekitar Anda” kata Ellison.

4.  Sewa karyawan yang terbaik

Seorang pemimpin yang bijaksana harus menemukan dan mempekerjakan karyawan terbaik dalam rangka mencapai sukses dalam bisnis. Tidak heran, Larry seringkali membiarkan sebuah posisi kosong selama beberapa lama karena ia merasa belum menemukan karyawan yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Dengan kondisi pasar yang sangat kompetitif seperti sekarang, mempekerjakan karyawan yang memiliki kompetensi tinggi sangatlah penting. Seortang pebisnis tidak boleh menyia-nyiakan waktu dan tenaga karena merekrut karyawan yang salah.

Kompetensi masih menjadi kriteria utama dalam perekrutan. Apakah calon karyawan Anda memiliki berbagai kompetensi yang sesuai untuk melakukan pekerjaan di perusahaan?

Larry beranggapan bahwa setiap pencari kerja akan mengatakan bahwa mereka mampu melakukan yang terbaik untuk perusahaan Anda. Nah,  tanggung jawab Anda adalah mendeteksi apakah yang ia katakan benar atau salah. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dari calon karyawan, selalu hubungi orang-orang yang memberi referensi kepada sang karyawan. Jika perlu, Anda bisa menelepon beberapa perusahaan yang terlebih dahulu mempekerjakannya untuk memastikan bahwa ia adalah seorang individu yang kompeten.

5. Menjadi lebih baik setiap harinya

Larry Ellison mengatakan sebuah perusahaan harus mencapai kemajuan setiap harinya. Sebuah perusahaan harus selalu sedikit lebih baik dari kemarin, dan mentalitas seperti ini mutlak dimiliki oleh seseoran yang ingin berbisnis. Keinginan untuk menjadi lebih baik bagaikan rasa haus yang abadi dan merupakan tenaga pendorong untuk terus melakukan inovasi dan meraih sukses.

Sukses di dunia bisnis dicapai melalui strategi yang baik, kepemimpinan yang kompeten, kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya manusia, adanya sistem yang efisien, dan penggunaan teknologi informasi yang sesuai dengan platform bisnis yang ditetapkan.

6. Membayar karyawan Anda dengan gaji yang layak

Jika Anda ingin karyawan menjadi sosok yang bisa memajukan perusahaan, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, dan loyal pada perusahaan, pastikan Anda membayarnya dengan gaji yang layak. Riwayat catatan kerja sebelumnya dari para karyawan dan waktu yang mereka habiskan  untuk setiap pekerjaan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang komitmen dan loyalitas mereka.

Oracle dikenal sebagai salah satu perusahaan di dunia yang paling royal dalam memberikan gaji, bahkan untuk karyawan-karyawan baru yang baru saja lulus kuliah. Mereka tidak segan-segan untuk membayar tenaga kerja yang baru masuk dengan gaji yang tinggi, sepanjang mereka memiliki kompetensi yang layak di bidangnya.

Sebagai majikan, pastikan orang yang dipekerjakan juga merasa puas dengan apa yang Anda tawarkan. Jika para karyawan tidak mendapatkan gaji yang sesuai, mereka akan merasa tidak dihargai, dan akibat terburuknya adalah tidak memberikan hasil kerja yang maksimal.

Nah, itu tadi adalah lima tips sukses berbisnis versi Larry Elison. Secara garis besar, tips tersebut bisa diuraikan sebagai berikut: mengenali kompetitor bisnis, optimis, mampu mengabaikan kritik, sewa karyawan yang terbaik, pastikan untuk membayar karyawan Anda dengan layak, dan berusahalah untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Jika tips-tips ini dijalankan dengan maksimal, bisa dipastikan Anda akan selangkah lebih sukses dalam berbisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *