10 Pebisnis Online Muda Tersukses di Dunia

Anda tahu bahwa Anda telah berhasil ketika berada di surat kabar atau majalah dan terpublikasi/ diketahui oleh banyak orang. Ada begitu banyak cara untuk menghasilkan uang melalui bisnis online. Hal itu bisa didapat dari hasil penjualan produk-produk Anda, atau bisa juga dengan Anda membuat sebuah perangkat lunak. Ada beberapa cara ampuh untuk mewujudkannya lewat bisnis online.
Dalam rangka memperoleh penghasilan secara online, Anda harus memiliki kualitas dan memberikan kualitas tersebut kepada pelanggan atau klien Anda. Tak hanya itu, kemampuan untuk menciptakan sebuah produk online yang segar, baru, dan bermanfaat juga merupakan syarat mutlak sukses di industri ini. 
Berikut adalah 10 daftar pengusaha muda bisnis online terkaya di dunia beserta jumlah kekayaan (diukur dari perkiraan nilai saham perusahaan yang mereka dirikan) dan uraian singkat tentang produk yang mereka hasilkan. Semua nama dalam daftar ini berhasil mencapai sukses di usia kurang dari 30 tahun.
1. Mark Zuckerberg 


Siapa yang tidak kenal orang ini? Mark adalah seorang pengusaha asal Amerika dan salah satu pendiri dan saat ini sebagai CEO raksasa jejaring sosial yang dikenal dengan nama “Facebook”. Berasal dari White Plains, New York, Mark memulai proyek/ pemrogramannya pada usia yang sangat muda / belia. Saat ini Mark memiliki sekitar 24 % saham dari Facebook dan menjadi miliarder dengan kekayaan sekitar $6,9 miliar. Inilah alasan mengapa Mark menempati daftar teratas pengusaha muda terkaya (di dunia).
Salah satu hal yang membuat Mark Zuckerberg begitu sukses dalam bisnisnya adalah kemampuannya dalam menjadikan Facebook sebagai sesuatu yang berguna bagi jutaan orang di seluruh dunia. Berawal dari sebuah situs jejaring sosial untuk mahasiswa Harvard, Mark mengembangkan Facebook menjadi sebuah media di mana seluruh orang dari seluruh dunia bisa saling terhubung. Selaku founder, Mark Zuckerberg juga tidak pernah puas dengan produk yang dicapainya. Dari pertama kali berdiri hingga sekarang, Facebook mengalami banyak perkembangan. Berbagai fitur mulai dari kemampuan untuk menandai foto, newsfeed, fitur chatting, hingga kemampuan untuk memasukkan sendiri aplikasi yang Anda buat terus menerus ditambahkan ke Facebook. Inovasi tiada henti yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg ini membuat posisi Facebook sebagai perusahaan nomor satu di bidang sosial tidak tergoyahkan hingga saat ini.
2. Dustin Moskovitz 

Namanya memang tak setenar koleganya, tetapi bersama Mark Zuckerberg, dia menjadi salah satu pendiri Facebook. Bersama Zuckerberg, ia membangun jejaring sosial terbesar di dunia ini dari kamar asrama mereka. Setelah Facebook menjadi besar, Moskovitz mendapat bagian saham yang cukup besar yang kemudian menjadi modal awal usaha-usaha lainnya.
Pernah meninggalkan Facebook (kembali lagi tahun 2008), Dustin sekarang mendirikan sebuah bisnis sendiri. Asana adalah nama bisnisnya. Kekayaannya ditaksir mencapai US $ 1,4 juta. Keberanian Moskovitz untuk keluar dari Facebook juga bisa menjadi inspirasi sendiri bagi para pengusaha muda. Jika Anda memiliki passion dan modal untuk membangun sendiri sebuah usaha, jangan ragu untuk keluar demi mengejar mimpi. Moskovitz juga membuktikan bahwa memulai usaha dengan partner yang tepat bisa membawa seseorang pada kesuksesan. Partner tersebut mungkin “hanya” teman kuliah dan usaha juga dimulai dari sebuah kamar asrama. Namun dengan konsistensi, keyakinan, dan determinasi, kesuksesan bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dicapai.
3. Andrew Mason 
Andrew Mason adalah pendiri sekaligus CEO bisnis online Groupon. Sebuah situs yang mungkin pernah Anda dengar atau Anda gunakan sebelumnya. Andrew sekarang berusia 29 tahun dan memiliki kekayaan sebesar US $ 600 juta dari hasil sukses besar bisnisnya. Didirikan pada rahun 2008, Groupon terus mengalami peningkatan pendapatan dari tahun ke tahun. Tujuan dari pembuatan website ini adalah untuk menawarkan penawaran keluar setiap hari untuk setiap orang di seluruh dunia melalui layanan kupon online.
4. Matthew Mullenweg 
Matthew Mullenweg adalag seorang pengembang sekaligus pendiri WordPress, salah satu situs blog terbaik di dunia saat ini. Dia justru berasal dari latar belakang yang bertolak belakang dengan apa yang ditekuninya saat ini, yakni seorang pemain Jazz Saxophone.
5. Blake Ross 
Blake Ross adalah seorang pengembang perangkat lunak asal Amerika. Karyanya dikenal sebagai sebuah browser terbaik yang pernah ada, yaitu Mozilla Firefox. Pada usia 25 tahun, dia telah mampu mengumpulkan total kekayaan senilai US $ 150 juta. Pada tahun 2005, dia masuk dalam nominasi pengusaha muda terkaya bersama nama-nama terkenal, seperti Larry Page dan Jon Stewart. Blake juga mendirikan sebuah perusahaan bernama Parakey, yang saat ini sudah dibeli oleh Facebook.
6. Gurbaksh Chahalis 
Gurbaksh Chahalis adalah seorang penulis dan pengusaha Amerika yang telah berhasil menciptakan, membangun, dan mengembangkan dua bisnis menjadi sebuah “kerajaan besar” senilai US $ 340 juta dan semua itu dilakukannya, bahkan sebelum menginjak usia 30 tahun. Lahir di India, keluarganya memutuskan untuk menetap di California. Pada usia 16 tahun dia putus sekolah dan memutuskna untuk memulai karier di bidang bisnis. Gurbaksh saat ini pendiri dan CEO gWallet.Inc. 
7. Naveen Selvadurai 
Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang Naveen. Pendiri sekaligus CEO Foursquare. Sebuah perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan ternama, seperti Nokia, Sun Microsystems, dan Sony. Kekayaannya diperkirakan senilai US $ 80 juta.
8. Angelo Sotira 
Angelo adalah seseorang yang jika Anda seorang desainer grafis, fotografer, maupun pengembang web pasti mengenalnya dengan sangat baik. Dia adalah otak sekaligus perintis berdirinya DevianArt, bersama dengan Scott Jarkoff dan Matt Stephens.
9. Nat Turner 
Nat Turner adalah seorang pengusaha yang beruntung, namun dia telah sangat berjuang keras untuk mencapai kesuksesannya saat ini. Dia telah membangun sebuah perusahaan yang brilian bernama Invitemedia.
10. Peter Cashmore 
Peter Cashmore adalah pendiri dan CEO sebuah situs media yang unik, Mashable.com. Situs ini sekarang memiliki lebih dari 10 juta pembaca bulanan dan telah ditargetkan untuk dapat memiliki pengunjung yang lebih banyak lagi akhir tahun ini.
Nah, itu tadi adalah daftar pengusaha muda terkaya di dunia. Seperti yang bisa Anda baca, semua pengusaha tersebut memiliki passion dan mimpi yang besar. Kesuksesan mereka mencapai kesuksesan di usia muda merupakan hasil perwujudan dari hal-hal yang benar-benar mereka yakini dan sukai. Tak hanya itu, para tokoh di atas juga berhasil karena mereka menciptakan berbagai produk yang berguna untuk umat manusia. 
Tak hanya sekadar menjadi motivasi, gunakanlah cerita-cerita dari para tokoh tersebut sebagai bahan acuan untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalankan. Perhatikanlah cara mereka berinovasi dan mengembangkan produk-produk mereka. Pelajari semangat mereka yang luar biasa untuk menciptakan sesuatu di usia yang masih sangat muda, mulai dari nol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *