6 Tips Agar Laundry Anda Ramai

Laundry memang saat ini sedang gencar-gencarnya akan dibangun oleh calon pengusaha baru. Wirausaha memang suatu usaha bersifat perorangan yang termasuk dalam kategori menjanjikan. Dimana siklus keluar masuk uang juga dilakukan oleh mereka sendiri, oleh karena itu tidak heran jika saat ini banyak sekali yang membangun usaha sendiri dan meninggalkan pekerjaannya sebelumnya.

Namun karena banyaknya laundry yang hadir, akhirnya membuat orang yang suka menggunakan jasa ini bingung dengan pemilihan laundry yang akan mereka gunakan. Mereka lebih senang menggunakan laundry yang sudah dikenal banyak orang daripada laundry baru. Ternyata ada yang membedakan laundry yang terkenal dan tidak. Jika Anda ingin usaha laundry Anda tetap ramai pengunjung lakukan beberapa hal ini:

Penerimaan pelayanan sebelum melakukan cuci-mencuci

Setiap usaha laundry pasti akan melakukan hal ini terlebih dahulu. Bertemu dengan konsumen (pemilik pakaian) dan lakukan penerimaan layanan atau lebih tepatnya melakukan transaksi. Lakukan semua dengan sangat teliti, hitung berat dengan akurat, pencatatan jumlah berat, jenis apakah yang dipilih, lamanya pencucian, harga dan atas nama siapakah barang tersebut.

Proses cuci-mencuci 

Hati-hati sebelum Anda memulai pekerjaan, pilih jenis pakaian sebelum memasukkannya ke dalam mesin. Pisahkan antara pakaian berwarna dan jenis bahan. Hal ini harus diperhatikan dengan teliti agar terhindar dari risiko kerusakan dari pakaian tersebut. Masukkan sabun cuci ke dalam dispanser dan tak lupa softenernya lalu biarkan bekerja sampai selesai. Jika terdapat pakaian terbuat dari bahan khusus, sebaiknya dipisahkan dan cuci dengan cara manual. Karena setiap bahan memiliki daya penyusutan yang berbeda-beda.

Pengeringan 

Cara ini adalah mengeringkan pakaian sampai kering total, disini harus dicermati. Untuk pakaian yang bersifat poliuretan dan lycra harus diperhatikan selalu, karena bahan tersebut mengandung serat plastik dan karet. Jadi pada saat pengeringan cukup 15-20 menit.

Perapian atau penyetrikaan 

Tahap ini adalah tahap sebelum akhir. Setelah pakaian kering dari dryer, bisa Anda lakukan untuk penyetrikaan, agar pakaian tidak kusut dan terlihat rapi. Pastikan semua sisi rapi dan hati-hati untuk daerah bahan sensitive, karena akan membuatnya meleleh dan memberi efek gatal pada saat dikenakan. Setelah penyetrikaan telah rapi, diamkan selama kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan sisa panas dan berilah parfum khusus laundry yang berfungsi untuk memberikan kesegaran yang tahan lama.



Pengepakkan 

Tahap ini adalah tahap terakhir, dimana pakaian yang sudah rapi dari penyetrikan yang didiamkan sekitar 10 menit, agar sisa panasnya menghilang bisa dimasukkan ke dalam plastik pengepakkan. Buatlah hasil pengepakkan yang rapi dan tidak memiliki celah, agar saat dijinjing tidak kusut.

Sentuhan terakhir 

Ini adalah langkah terakhir setelah semua pengerjaan dari awal telah selesai. Setelah pakaian dipak, ada baiknya letakkan di susunan kabinet atau rak yang memang khusus dibuat agar memudahkan pengambilan oleh pemiliknya nanti. Jangan lupa berikan tanda dari setiap konsumen yang melakukan jasa laundry, agar tidak terjadinya kesalah kepemilikkan dari pakaian tersebut.

Demikian artikel tentang cara yang dilakukan untuk melaksanakan bisnis laundry dan membuat bisnis laundry Anda ramai dikunjungi pelanggan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *