6 Langkah Menyulap Jar Menjadi Lampu

Jar kaca. Siapa yang tidak mengetahui tentang jar kaca ini. Siapapun dapat menggunakan jar kaca ini, namun penggunaan jar kaca ini biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang berjualan cupcakes atau hanya berjualan minuman di suatu tempat makan. Bagi penjual cupcakes biasanya ketika jar sudah dibeli oleh pembeli maka tidak akan digunakan oleh si pembeli atau hanya akan menjadi barang yang tidak berguna bahkan terkadang melumut karena tidak digunakan.

Cobalah berfikir pembuatan ide kreatif kerajinan dengan membuat sesuatu yang lebih bermanfaat dengan penggunaan jar kaca ini. Jar kaca memang barang yang bisa awet dan tahan lama asal penggunaan dan penyimpanannya benar, sehingga tidak menjadi seonggok barang yang tidak memiliki fungsi khusus.

Anda sebagai pebisnis atau pelaku bisnis harus bisa menciptakan hal yang menarik yang bisa dijual. Buat saja jar kaca itu untuk desain interior suatu rumah dengan konsep klasik, modern ataupun vintage dan rumah mewah bergaya Eropa. Manfaatkan barang ini dengan baik supaya bisa menghasilkan uang yang menguntungkan Anda. Maka dari itu perbanyaklah atau tawarilah mereka yang masih sering berbelanja atau makan cupcake in jar untuk memberikan jar bekasnya kepada Anda supaya dapat mengolahnya lagi menjadi bentuk yang lucu.

Bagi Anda yang bingung akan diapakan jar-jar itu, gunakan jar ini untuk membuat kap-kap lampu yang apik sehingga dapat menyita perhatian banyak orang. Dan langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

Pemilihan

Saat akan mengolah bahan jar kaca ini pilihlah jar yang polos tidak ada tulisan timbul atau hiasan-hiasan lainnya. Pilihlah yang masih bagus, jangan gunakan bahan yang mudah pecah atau akan pecah atau dalam kondisi retak, supaya tidak menimbulkan masalah.

Pembersihan

Cucilah jar dan tutup yang akan digunakan, upayakan pencucian benar-benar bersih supaya tidak ada minyak yang masih menempel.

Lubangi tutup jar

Langkah selanjutnya adalah pemasangan kap lampu pada tutup jar, lubangilah penutup jar tersebut seukuran kabel yang akan digunakan, kabel ini sudah harus memiliki kap dibagian bawahnya, cara memasangnya pun dari dalam. Kabel dimasukkan dari bagian dalam kaleng (yang tertutup) kemudian berilah lem atau perekat supaya tidak terlepas.

Warnai jar

Jar-jar kaca kemudian diberi warna supaya lebih menarik. Penggunaan cat ini tergantung selera asal menutupi warna aslinya. Jangan menggunakan warna-warna gelap supaya menghasilkan warna yang menarik ketika dinyalakan. Pergunakan permainan warna sehingga Anda dapat membuat satu rangkaian kap lampu yang menarik.

Pengeringan

Lakukan pengeringan dengan penjemuran dibawah terik matahari supaya lebih rekat menempel pada jar kaca itu.

Penyusunan

Rekatkan antara kabel jar 1 dengan jar lainnya dan dalam penyusunan ini lakukan penyusunan yang kreatif dan menarik supaya tidak berbentuk monoton. Dalam penyatuan ini Anda bisa gunakan alat apapun yang sekiranya tidak membuat kabel-kabel terlihat berantakan.

Sudahkah Anda memiliki ide kreatif lainya dari kap lampu supaya bisa menambah pundi-pundi rupiah? Barang mahal tidak selalu dari bahan yang berkualitas bagus. Barang murahan pun bisa dijadikan barang berkualitas tinggi dan harga yang masih ramah dengan kantong calon pembeli Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *