6 Alat Pendukung Bisnis Penggandaan Dokumen

Bisnis penggandaan dokumen atau lebih dikenal dengan fotokopi saat ini merupakan bisnis yang mulai banyak diminati oleh para pebisnis, baik para pemula maupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Di dalam bisnis ini diperlukan beberapa alat pendukung di samping mesin fotokopi yang merupakan alat utama dalam bisnis ini. Apa saja alat-alat pendukung tersebut? Berikut ini adalah 6 alat yang digunakan untuk mendukung jalannya bisnis fotokopi dan alat tulis.
1. Spanduk/papan nama/neon box

Spanduk/papan nama/neon box merupakan identitas dari bisnis fotokopi Anda. Tanpa adanya spanduk, maka orang yang melintas tidak akan tahu bahwa di tempat tersebut terdapat fotokopian. Anda dapat memilih salah satu sebagai alternatif untuk digunakan. Tetapi disarankan untuk menggunakan spanduk dan juga neon box. 
Spanduk dipasang di bagian atas depan outlet, sedangkan neon box biasanya dipasang dengan menggunakan tiang besi yang posisi nya lebih tinggi dari outlet sehingga akan terlihat dari kejauhan. Selain itu, dengan neon box outlet Anda tetap akan terlihat di malam hari. Karena lampu dari neon box.
2. Etalase kaca
Etalase kaca ini berfungsi untuk mendisplay atau meletakkan barang-barang pendukung fotokopi seperti alat tulis yang akan dijual. Anda dapat meletakkan kertas hvs, buku tulis, pulpen, dan yang lainnya. Dengan adanya etalase kaca, konsumen akan mengetahui barang-barang apa saja yang tersedia di fotokopian Anda. 
Tanpa adanya etalase kaca, konsumen hanya tidak akan mengetahui bahwa di tempat tersebut juga menjual berbagai macam alat tulis. Namun harus diingat, tatalah barang-barang di dalam etalase dengan rapi. Karena terbuat dari kaca, maka apa yang ada di dalamnya akan terlihat dari luar. Sehingga jangan sampai konsumen melihat isi etalase dalam keadaan berantakan.
3. Stationary kit
Yang dimaksud stationary kit adalah alat-alat yang dapat menunjang untuk proses fotokopi dan perlengkapan alat tulis yang dapat dijual disamping jasa fotokopi. Adapun alat-alat yang menunjang untuk proses fotokopi antara lain, kertas hvs, cutter, alat pemotong kertas, lakban, dan lain-lain. 
Alat-alat tersebut tidak dapat dilupakan jika Anda ingin membuka bisnis fotokopi dan alat tulis. Karena alat-alat tersebut digunakan untuk memberikan layanan kepada konsumen selain dari jasa fotokopi saja.  Seperti, jasa penjilidan, jasa pemotongan dan masih banyak lagi. Sedangkan perlengkapan alat tulis yang juga harus disediakan di bisnis fotokopi antara lain, buku tulis, pulpen, map, dan lain-lain. 
Karena bisnis fotokopi tidak bisa dipisahkan dari alat tulis, untuk itu selain menyediakan jasa fotokopi, ada baiknya sediakan juga perlengkapan alat tulis untuk dijual disana. Selain dapat menambah keuntungan, hal ini dapat membuat bisnis fotokopi menjadi tambah berkembang. 
4. Mesin laminating
Dengan menyediakan mesin laminating di tempat fotokopi Anda, ini akan memberikan banyak keuntungan. Karena banyak dari pengguna jasa fotokopi juga membutuhkan jasa laminating. Seperti laminating KTP, ijazah dan yang lainnya. Dengan begitu, bisnis fotokopi Anda tidak hanya menyediakan jasa fotokopi saja.  Tetapi juga beberapa jasa pendukung fotokopi. Apabila fasilitas yang dimiliki sudah lengkap, maka kemungkinan besar akan banyak konsumen yang mendatangi tempat fotokopi milik Anda. 
Dari mereka yang sudah puas dengan lengkapnya fasilitas dan pelayanan yang baik, maka mereka akan melakukan repeat order. Dan tidak hanya itu, dari mulut ke mulut mereka akan menjadi marketing gratis buat Anda. Karena mereka pasti akan mempromosikan kepada orang lain tentang bisnis fotokopi yang kualitas nya jauh lebih baik dari yang lain. Kalau sudah begini, tentu usaha fotokopi yang dijalankan akan memiliki lebih banyak konsumen dan yang pasti keuntungan pun akan bertambah.
5. Hard cover dan soft cover
Untuk beberapa orang, tujuan mereka mendatangi fotokopi center tidak hanya untuk fotokopi. Tetapi ada juga beberapa orang yang hanya ingin melakukan penjilidan saja. Ada juga yang setelah fotokopi kemudian ingin menjilidnya. Untuk itu sediakan jasa penjilidan baik Hard Cover maupun Soft Cover. Apalagi, jika fotokopi Anda lokasinya dekat dengan kampus atau sekolah. Dimana bagi para pelajar kebutuhan untuk penjilidan sangat besar. Misalnya untuk pembuatan proposal, beberapa laporan atau skripsi. Sehingga akan sangat menguntungkan jika Anda menyediakan juga penjilidan hard cover dan soft cover. Agar konsumen pun merasa puas dengan lengkapnya fasilitas yang disediakan.
Salah satu sebab gulung tikarnya suatu bisnis fotokopi adalah kurang lengkapnya fasilitas yang disediakan di fotokopi tersebut. Sehingga para konsumen memilih untuk mendatangi fotokopian yang fasilitasnya lengkap. Untuk efisien waktu, jadi mereka tidak perlu harus mendatangi beberapa tempat. Sangat tidak efektif dan efisien, bukan? Apabila konsumen membutuhkan jasa fotokopi dan juga penjilidan, namun fotokopi yang dia datangi hanya dapat melayani fotokopi saja. Sehingga dia harus mencari fotokopi lain untuk jasa penjilidan. 
6. Komputer/internet/bluetooth

Saat ini mungkin sangat sedikit fotokopi center yang menyediakan peralatan ini. Sedangkan permintaan untuk peralatan ini semakin bertambah. Dengan adanya komputer, konsumen juga dapat menggunakan jasa printing langsung dari file. Atau bahkan Anda dapat juga menambah kan jasa penyewaan komputer bagi mereka yang ingin mengedit file yang akan dicetak. Bisa juga jasa pengetikan, untuk konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pekerjaan tersebut. 
Setelah Anda menyediakan komputer, usahakan untuk memasang koneksi internet. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menyewa komputer untuk mengetik sesuatu yang membutuhkan beberapa sumber atau data. Sedangkan Bluetooth dapat digunakan untuk mereka yang ingin mencetak dokumen yang terdapat di dalam gadgetnya. Seiring berkembang nya zaman, semakin canggih dan praktis pula teknologi. Ada beberapa gadget atau smartphone yang dapat digunakan pula untuk menyimpan data. Untuk itu diperlukan adanya Bluetooth untuk memindahkan file tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *