7 Tips Promosi Menarik untuk Salon Kecantikan Anda

Salon baru yang ada di pinggir jalan protokol dengan desain bangunan minimalis dominan warna coklat krem namun tetap klasik. Ditambah dengan lahan parkir yang tak terlalu besar namun tetap terlihat bersih dan terawat dengan beberapa tanaman hias disekitarnya. Tertulis di spanduk dan banner “One Day All Service FOR FREE”. 
Anda pasti langsung tertarik untuk masuk ke salon tersebut dengan harapan masih memiliki kesempatan mencoba salah satu treatment perawatan rambut di salon baru yang cukup “murah hati” tersebut. Itu hanyalah salah satu dari sekian banyak cara mempromosikan bisnis salon. Berikut ini adalah 7 teknik promosi yang bisa dicoba untuk diterapkan pada salon Anda.
1. Awal buka berikan pelayanan gratis

Semua orang menyukai hal yang berbau gratis atau tanpa mengeluarkan uang. Anda bisa menggunakannya untuk menarik pelanggan di tempat baru. Misalnya seperti contoh di atas. Dalam satu hari setelah resmi dibuka, salon akan menyediakan perawatan rambut untuk pelanggan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Mungkin terdengar sedikit berlebihan. Namun percayalah bahwa dengan Anda memberi promo gratis dalam satu hari ini, Anda mengenalkan salon, fasilitas, pelayanan, dan kualitas para karyawan. 
Dapat dipastikan pelanggan baru akan masuk ke dalam salon, mencoba perawatan yang ditawarkan, hingga mereka dapat merasakan dan memutuskan apakah layanan salon Anda patut direkomendasikan pada teman atau keluarga mereka. Bisa jadi mereka adalah langganan tetap Anda nantinya. Untuk mendapatkan yang lebih besar tentunya harus berkorban sedikit lebih besar.
2. Undang artis lokal
Saat Anda memotong pita tanda dibukanya salon baru, mungkin semua merasa acara sudah selesai. Semuanya tampak biasa saja dan salon sudah dibuka. Salon Anda akan lebih meriah dan banyak orang akan tertarik jika bisa memberi sedikit hiburan pada mereka. Misalkan salon yang dikonsep untuk wanita. Anda bisa mendatangkan penyanyi pria yang memiliki suara memukau dan didampingi penonton, hal itu bisa menjadi hal menarik tersendiri. 
Tidak perlu artis ibukota yang sudah terkenal, cukup artis lokal yang memang berkualitas dan harus membawakan lagu-lagu yang dinamis hingga bisa membuat semangat. Para wanita tentu akan terhipnotis dengan hiburan yang Anda suguhkan, hingga karena senangnya merekapun berterima kasih dengan datang ke salon Anda.
3. Setiap perawatan, gratis sesuatu
Promo ini yang biasa dilakukan oleh bisnis baru, termasuk salon. Mereka biasanya menyebar selebaran yang berisikan promo perawatan salonnya. Misalnya untuk hari Senin dan Kamis, menggratiskan potong rambut, gratis sampo dan conditioner untuk pengeritingan, gratis sisir untuk rebonding, dan sebagainya. Semua promo ini sangat menarik, karena sebenarnya tanpa promopun mereka akan melakukan perawatan rambut tersebut di salon Anda karena kebutuhan. 
Promo yang ada akan semakin membuat mereka bersemangat ke salon Anda. Bisa juga Anda mengundang penyanyi untuk datang ke salon, dan setiap perawatan akan mendapat gratis satu request lagu untuk dinyanyikannya. Promo yang satu ini jarang digunakan, bisa Anda coba sebagai tren baru yang menarik.
4. Cari orang spesial
Anda baru saja membuka salon baru, dan menginginkan cara baru untuk mempromosikan salon. Mencari orang spesial di hari salon bukanlah ide yang buruk. Misalkan saja anggaplah hari itu adalah hari ulang tahun salon Anda, Anda bisa mempromosikan dengan mencari orang-orang yang berulang tahun pada hari itu, bisa dengan melihat KTP atau identitas lain untuk diberikan treatment gratis apapun yang dia inginkan. 
Cara ini mungkin tidak mudah direalisasikan karena tidak begitu menjaring orang-orang untuk masuk ke salon Anda, namun bisa disiasati dengan promo bagi orang-orang yang berulang tahun di bulan tersebut. Berikan gratis treatment spesial untuk mereka. Hal itu akan membuat mereka menjadi orang spesial, suatu hal yang menyenangkan menjadi orang spesial.
5. Berikan undian
Awal masa promosi untuk salon Anda sangat menentukan prospek ke depan usaha ini, kepada setiap pelanggan yang melakukan perawatan berikanlah kupon untuk undian yang akan diundi pada suatu jangka waktu tertentu. Undian ini tentunya haruslah berhadiah. Hadiah yang ditawarkan misalnya gratis satu paket rangkaian perawatan rambut, hair dryer, sisir elektrik, atau tas kosmetik, bisa juga hal yang lebih mahal seperti sepeda gunung, paket wisata, hingga sepeda motor.
6. Diskon
Selain promosi gratis, hal menyenangkan lainnya yang takkan dilewatkan orang adalah diskon. Sudah menjadi naluri manusia setiap ada diskon semua hal itu terasa menarik dan ingin dicicipi. Walaupun sebenarnya harga setelah dipotong diskon, tak jauh berbeda dengan harga sebenarnya. Misalkan diskon perawatan yang ditawarkan, pelanggan tidak akan segan-segan mencoba perawatan rambut berdiskon yang ditawarkan. Hal ini memiliki dampak yang hampir sama dengan poin nomor 1. Lama-kelamaan salon Anda dikenal oleh berbagai kalangan, karena adanya promo tersebut.
7. Pesan antar
Tak hanya makanan yang dapat dipesan antar. Jasa perawatan rambutpun dapat dipanggil dan perawatan dilakukan di rumah pelanggan. Selain tidak perlu repot menempuh perjalanan, pelanggan akan merasa nyaman karena hanya perlu menunggu di rumah, dan karyawan Anda yang akan bekerja. Dibutuhkan karyawan yang mengerti dan menguasai daerah sekitar agar proses pesan antar berjalan lancar.
Semua promosi yang nantinya digunakan memiliki kelemahan dan kelebihan. Namun semuanya memiliki kesamaan yaitu keharusan masyarakat mengetahui bahwa Anda memiliki salon baru yang siap melayani dengan penuh tanggung jawab. Pastikan Anda berbisnis dengan baik, jangan menjatuhkan lawan bisnis dalam promosi Anda. Hal itu hanya akan menjadi bumerang untuk Anda sabagai pemilik bisnis yang baru. Kekuatan terbesar dalam sebuah usaha adalah kejujuran dan ketekunan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *