5 Cara Mendapatkan Pelanggan dari Facebook

Fenomena Facebook kini semakin merebak ke semua kalangan. Baik dari tua, muda, besar, kecil, wanita, pria, semuanya hampir bisa dipastikan memiliki akun Facebook. Situs yang tadinya hanya digunakan sebagai media komunikasi kini sedikit demi sedikit mulai digunakan sebagai media promosi. Banyak sekali pemilik akun yang memperoleh penghasilan dari berjualan di Facebook.
Tidak sedikit pula tokoh masyarakat dan perusahaan besar yang membuat akun resmi agar mudah terhubung dengan masyarakat. Bagi Anda yang tertarik menjadikan Facebook sebagai media promosi, perhatikan lima hal di bawah ini. Meskipun di situs tersebut kita bebas menyuarakan pendapat dan berjualan apa saja, namun tetap saja tidak bisa seenaknya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
1. Buatlah fanspage Facebook yang mudah dicari
Facebook adalah salah satu sarana yang dapat membawa lebih banyak pelanggan untuk bisnis Anda. Bahkan sudah ada banyak orang yang benar-benar terbantu bisnisnya dengan membuat fans page di Facebook karena terdapat sangat banyak peluang untuk pemasaran produk di sana. Ada jutaan posting facebook yang dikirim per hari. Agar fanspage mudah dicari pelanggan, kuncinya adalah dengan bersikap proaktif. Bagikanlah link ke fans page Facebook pada situs web perusahaan, blog atau di tempat lain di internet yang dapat mendorong orang untuk memeriksa fans page Anda. 
Hal ini dapat membantu untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dan juga dapat meningkatkan kesempatan memperkenalkan fan page Anda kepada teman-teman mereka. Salah satu tips untuk menemukan pelanggan baru adalah dengan mencermati siapa saja yang terlibat dengan pesaing bisnis Anda sehingga pelanggan mereka dapat ditarget untuk menjadi pelanggan. Buatlah agar fanspage Facebook Anda mudah masuk dalam sistem pencarian yang relevan dengan bisnis Anda untuk membantu menargetkan pelanggan potensial.
2.Gunakan gambar untuk saat promosi di Facebook
Sebuah gambar bernilai seribu kata dan mempunyai efek dua kali lipat lebih banyak daripada sekadar posting teks di Facebook. Jadi jika Anda ingin menarik beberapa pelanggan baru, mulailah dengan promosi menggunakan gambar. Dalam satu posting gambar, Anda dapat menampilkan desain produk baru yang tersedia beserta link order produk tersebut. Anda juga dapat mempromosikan foto pelanggan di fanspage Facebook mereka sedang memakai produk tersebut sehingga dapat menginspirasi serta membuka diskusi dan peluang untuk mendapatkan umpan balik pelanggan yang berharga. 
Inspirasi visual, wawasan dan proses kreatif Anda untuk memasarkan produk dapat tercermin dalam gambar-gambar yang diposting tersebut. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan sebanyak mungkin citra yang tidak hanya mempromosikan produk Anda. Gunakan juga gambar-gambar yang berhubungan dengan budaya pop untuk menarik pelanggan di berbagai kalangan.
3. Buatlah kompetisi online
Kompetisi online adalah salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan pelanggan untuk lebih terlibat di Facebook. Namun berhati-hatilah memilih strategi kompetisi tersebut karena Anda bisa menarik pelanggan yang salah. Kompetisi foto bulanan biasanya dapat mengumpulkan ratusan hingga ribuan entri. Kompetisi online dapat menjadi sarana yang paling menguntungkan untuk mencari pelanggan di generasi muda karena mereka sangat suka bereksperimen di internet. 
Jika Anda berencana untuk mengadakan kompetisi online, ada beberapa hal yang harus dicermati. Pertama, buatlah kompetisi online yang memungkinkan pelanggan untuk berbagi ke jaringan sosial mereka, karena hal ini akan meningkatkan popularitas di internet. Kedua, tetap setia dan jagalah produk selama kompetisi berjalan. Ketiga, kembangkanlah kompetisi online agar sesuai dengan platform bisnis yang dijalankan. Kualitas lebih penting daripada kuantitas dalam perhitungan pertumbuhan pelanggan Facebook. Pastikan hadiah dari kompetisi online yang diadakan adalah sesuatu yang akan dihargai pelanggan.
4. Buatlah platform Facebook yang berbeda dan menyenangkan
Dengan adanya begitu banyak platform untuk dikelola, pastikan untuk memiliki jenis yang  berbeda dan menyenangkan pelanggan. Jika pelanggan melihat informasi yang sama pada gambar di Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram dan Pinterest mereka hanya akan perlu mengikuti Anda di salah satu platform tersebut. Alasan utama Anda menggunakan berbagai platform media sosial adalah untuk mempromosikan produk, sehingga ada beberapa hal yang perlu diingat ketika menawarkannya pada pelanggan. 
Berhati-hatilah agar promosi produk Anda tidak dilakukan secara berlebihan. Tidak ada yang lebih mengganggu pelanggan daripada pesan promosi yang dikirimkan terus menerus. Oleh karena itu, jagalah eksklusivitas posting pada Facebook dengan konten asli yang dapat memperkuat investasi Anda melalui berbagai platform. Presentasi produk menggunakan video yang diunggah ke YouTube, Vimeo atau Dailymotion dan dihubungkan ke fans page Facebook adalah salah satu cara yang bagus untuk menambah jumlah pelanggan potensial. 
5. Buatlah promosi Anda lebih personal dan menghargai pelanggan
Promosi massal masal mungkin lebih mudah dilakukan, namun konsumen ingin merasa seolah-olah mereka satu-satunya yang sedang diajak berbicara. Anda harus mengetahui jenis pelanggan Anda dan berbicara kepada mereka dengan cara yang personal untuk membangun hubungan dan menciptakan loyalitas. Bersikaplah ramah dan jika seseorang menuliskan  pertanyaan pada komentar di fans page Facebook, pastikan untuk segera menjawabnya. Lakukan penelitian melalui Google mengenai pelanggan-pelanggan Anda sebelum menjangkau dan melakukan pendekatan. 
Bangunlah hubungan yang manusiawi sehingga pelanggan tidak akan merasa seperti sedang berbicara dengan komputer, namun dengan orang yang peduli tentang kebutuhan mereka. Pastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Chatting secara live adalah salah satu cara lain yang efektif untuk melakukan interaksi intim yang melibatkan pelanggan secara online. Sementara Anda sibuk browsing situs untuk menanggapi berbagai komentar pelanggan, jangan terlalu mengabaikan umpan balik negatif. Mengatasi keluhan adalah kesempatan untuk mengubah pelanggan yang tidak puas menjadi terkesan dan mau bersikap loyal. 
Hargailah ketika seseorang meluangkan waktu untuk memberitahu tentang pengalaman buruk atau masalah mereka dengan produk Anda sehingga dapat segera dicarikan solusi untuk memperbaikinya. Bahkan jika Anda tidak dapat menawarkan solusi instan, pelanggan akan tetap menghargai mendapatkan respon dan perhatian yang telah diberikan. Jangan lupa bahwa bahkan perhatian kecil dapat membuat perbedaan besar, jadi bersikaplah proaktif untuk mencari cara untuk membuat hunungan yang baik dengan konsumen. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *