18 Fakta Menarik Tentang Bisnis Bimbingan Belajar

Belajar. Hal ini menjadi kebutuhan bagi setiap orang untuk mengoptimalkan kemampuan dirinya masing – masing. Dalam ranah sekolah formal, belajar merupakan salah satu kewajiban dan jalan untuk mendapatkan nilai serta prestasi yang baik. Paradigmanya, semakin sering belajar dan latihan, maka seseorang tersebut akan semakin pintar. Sebuah pernyataan yang bisa dibenarkan.
   
Namun disisi lain, sebagian besar orang masih merasa bahwa adanya aktivitas belajar mengajar di sekolah formal itu kurang mencukupi kebutuhan belajarnya. Di luar sekolah formal, masih banyak orang yang membutuhkan bimbingan atau les, agar di sekolah ia tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Hal ini mungkin kembali kepada pribadi masing – masing atas penilaian seberapa cukup proses pembelajaran seseorang khususnya anak – anak dalam rentang waktu satu hari. Bila masih dirasa kurang, maka mengikuti layanan bimbingan belajar adalah salah satu pilihannya.
    
Pada dasarnya, bimbingan belajar adalah aktivitas belajar yang didampingi oleh pembimbing yang sesuai dengan mata pelajaran yang akan dipelajari. Kerasnya usaha seseeroang untuk bisa ideal dalam belajar dan berilmu, tentu dapat menjadi peluang usaha bisnis. Ya, bisnis bimbingan belajar. Bisnis yang sederhana bahkan bisa dilakukan di ruang lingkup rumahan, dengan bermodalkan otak yang pintar dan tidak sepenuhnya modal berupa uang.
    
Lantas, bagaimanakah seluk beluk dibalik bisnis ataupun usaha bimbingan belajar? Dibalik kesederhanaan konsep bisnis ini, justru kini telah menjamur berbagai lembaga bimbingan belajar yang dikelola dalam bentuk franchise yang tersebar di seluruh tanah air. Nah, pada ulasan kali ini, bisnishack.com akan memaparkan fakta – fakta menarik mengenai bisnis bimbingan belajar. Selamat menyimak!
Image Credit
1.    Menjalankan bisnis bimbingan belajar tidak harus menyewa sebuah ruko ber AC dengan segenap fasilitas yang mumpuni. Memang, semakin bagus dan lengkap fasilitas yang anda tawarkan, semakin dipercaya dan besar pula penghasilan bagi bisnis bimbingan belajar. Namun untuk pemula, mengelola bisnis bimbingan belajar secara privat di rumah, atau mendatangi dari rumah ke rumah, juga mendatangkan penghasilan yang lumayan, lho.
2.    Menurut data Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Indonesia, pada tahun 2012 tercatat ada sekitar 13 ribu lebih bimbingan belajar di Indonesia. Sebelas ribu diantaranya telah resmi memiliki izin untuk beroperasi. Hal ini menandakan bahwa bisnis bimbingan belajar merupakan bisnis yang menjanjikan. Namun hal ini juga dapat menjadi ancaman kompetitor, sehingga anda harus pintar memutar otak dan kreativitas anda untuk memasarkan jasa bimbingan belajar anda.
3.    Bisnis bimbingan belajar merupakan bisnis yang tidak akan ditelan oleh zaman. Setiap waktu, orang tua pasti terus menyekolahkan anaknya. Terlebih lagi telah tercipta paradigma bahwa mengikuti pelajaran formal di sekolah saja belum mencukupi kebutuhan belajar seorang siswa.
4.    Bisnis bimbingan belajar menyasar para orang tua atau wali murid, dengan subjek anak – anaknya sebagai target dalam bisnis anda. Usia sekolah antara SD hingga SMA adalah sasarannya.
5.    Semakin kreatif anda menyediakan program khusus dalam bimbingan belajar anda, maka semakin menarik perhatian sasaran anda. Misalkan, program regular, program bila tidak lulus uang akan kembali, program latihan untuk masuk perguruan tinggi, dan lain – lain.
6.    Modal utama dari bisnis ini tidak cenderung kepada sejumlah uang, melainkan pada kemampuan anda dalam mendidik anak – anak atau remaja sesuai dengan mata pelajarannya masing – masing. Jangan khawatir, apabila anda tidak mengerti, anda bisa merangkul rekan anda yang lain untuk turut bersama membantu usaha bimbingan belahar anda. Selain itu, anda juga bisa mempekerjakan mahasiswa – mahasiswa yang sesuai dengan jurusannya masing – masing untuk mengajar murid – murid bimbel anda. Hal ini akan menjadikan siklus simbiosis mutualisme, saling menguntungkan bagi semua pihak.
7.    Pembuatan modul belajar juga dibutuhkan dalam usaha bimbingan belajar. Paling tidak, untuk menjalani bisnis ini anda menguasai tentang pendidikan, atau mengkonsultasikannya dengan guru – guru sekolah yang anda kenal.
8.    Membangun usaha atau bisnis bimbingan belajar yang ideal, paling tidak anda perlu menyediakan ruangan yang kondusif untuk belajar layaknya sekolah. Ada ruang kelas, ruang tunggu, kamar mandi, lahan parkir, dan sebagainya.
9.    Barang – barang inventaris dalam mengajar perlu diperhatikan. Alat tulis kantor (ATK), papan tulis, buku dan lain sebagainya menjadi aset anda dalam menjalankan bisnis ini. Pengeluaran uang untuk membeli barang – barang inventaris harus rutin dan teratur.
10.    Untuk membangun bisnis bimbingan belajar, anda membutuhkan tempat yang strategis bila anda menginginkan bisnis anda berada di sebuah ruko.
11.    Dalam menjalankan bisnis bimbingan belajar, anda perlu penyesuaian harga yang akan anda tetapkan dengan tingkat ekonomi masyarakat di sekitar anda. Sesuaikanlah dengan demografis di wilayah anda.
12.    Usahakan anda selektif dalam mencari karyawan atau guru yang mengisi bimbingan belajar. Apapun pelajarannya, pilihlah kandidat guru yang asyik, menyenangkan, tidak terlalu serius dan memiliki kompetensi yang tinggi dalam mengajar. Sifat yang serius akan membuat siswa tertekan, karena ini sifatnya adalah pelajaran tambahan, maka mood siswa harus dijaga sebaik mungkin.
13.    Dengan membuka usaha bimbingan belajar, anda telah memberikan kontribusi anda dalam dunia pendidikan melalui bisnis yang anda jalankan. Sungguh mulia membantu banyak sekali orang keluar dari kesulitannya dalam belajar.
14.    Dalam mengembangkan bisnis bimbingan belajar, ada dua hal yang menjadi perhatian besar anda. Pertama adalah bisnis anda yang berjalan dengan optimal. Kedua, anda harus benar – benar menyediakan pelayanan pendidikan yang baik layaknya sekolah. Jika hanya salah satunya yang diperhatikan, usaha atau bisnis bimbingan belajar anda pun tidak akan berjalan maksimal.
15.    Promosi adalah salah satu hal terpenting dalam mengembangkan usaha. Usaha bimbingan belajar pun termasuk di dalamnya. Promosikan bisnis bimbingan belajar anda dengan semenarik mungkin seperti melalui media pamflet, poster, brosur, penyuluhan ke sekolah – sekolah, dan lain sbeagainya.
16.    Persoalan terbesar dalam membangun bisnis bimbingan belajar adalah meningkatkan kepercayaan publik terhadap bimbingan belajar anda. Apakah menjanjikan atau tidak, apakah benar – benar memiliki kredibilitas yang tinggi atau tidak. Hal ini wajar, karena bidang usaha yang anda geluti adalah bergerak di bidang pelayanan dan jasa.
17.    Top Brand dari sebuah usaha bimbingan belajar adalah lembaga bimbingan belajar Primagama. Ya, kita boleh saja kagum dengan kesuksesannya. Mengapa tidak untuk anda menjalankannya?
18.    Untuk menghadapi kompetitor bisnis di tengah menjamurnya bisnis bimbingan belajar, cukup buat beberapa keunggulan yang membuat bisnis anda berbeda dan istimewa dnegan bimbingan belajar yang sebelumnya sudah ada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *