10 Rahasia Bisnis Bill Gates Menghasilkan Milyaran Dollar

Bill Gates adalah salah satu pebisnis tersukses di dunia. Ia adalah otak di balik berdirinya Microsoft, perusahaan piranti lunak yang digunakan hampir di seluruh dunia. Dalam berbisnis, Bill Gates memiliki berbagai filosofi dan konsep yang membuatnya sukses. Apa sajakah kira-kira filosofi dari founder Microsoft ini? Berikut penjelasan lengkapnya dari BisnisHack.com

1. Lakukan hal yang Anda sukai
Keputusan Bill Gates untuk menekuni bidang piranti lunak komputer adalah karena ia sudah menyukai dunia bisnis sejak masih berusia muda. Ketika masih di bangku sekolah menengah, ia sudah mendapatkan komputer pertamanya. Di bangku kuliah, Bill Gates makin mencintai hal-hal yang berbau komputer dan bahasa pemrograman. Dengan melakukan hal yang kita sukai, peluang untuk sukses di bidang usaha apapun akan makin besar. Tak hanya itu, ketika melakukan suatu hal, kita juga akan lebih bersemangat dan tidak merasa berat.
2. Ketahui apa yang Anda inginkan
Sejauh mana bisnis Anda nantinya akan berkembang? Apa target jangka panjang yang ingin Anda capai? Dalam berbisnis, target atau hal-hal yang Anda inginkan adalah salah satu faktor motivasi utama yang menentukan kesuksesan. Tanpa mengetahu dengan jelas hal-hal yang ingin Anda capai, arah dan tujuan bisnis akan menjadi bias. Oleh karena itu, sejak awal sebelum membangun bisnis, tentukanlah hal-hal yang ingin Anda capai.
3. Radikal!
Dalam berbisnis, jangan ragu untuk menerapkan berbagai peraturan ataupun metode-metode ekstrim. Apalagi jika saat ini Anda masih di usia 20-30 tahun, energi untuk memulai, mempelajari, dan mengerjakan sesuatu sangat berlimpah. Jangan ragu untuk menerapkan kebijakan yang sedikit berbeda dari kebanyakan bisnis. Jangan ragu dan takut untuk bekerja lebih keras, jangan ragu untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain.
4. Tetap ikuti aturan
Uang adalah salah satu tolok ukur utama kesuksesan sebuah bisnis. Tak jarang, uang juga dijadikan target utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Di sini, Anda harus berhati-hati. Ada banyak pebisnis muda yang gelap mata dan berusaha untuk mengabaikan berbagai peraturan hukum hanya untuk meraih lebih banyak uang. Satu hal yang harus dicamkan dalam prinsip bisnis: selalu ikuti aturan. Jangan sekali-kali melanggar hukum, menggelapkan pajak, memperdagangkan barang ilegal, atau merekrut tenaga kerja secara ilegal.
5. Manajemen waktu
Kemampuan untuk memanajemen waktu juga merupakan salah satu faktor yang akan menentukan bisnis Anda di masa depan. Sejak awal, belajarlah untuk menentukan prioritas. Bagi berbagai pekerjaan sesuai skala prioritas. Pahami pekerjaan mana yang lebih penting, pekerjaan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, dan pekerjaan mana yang bisa ditunda. Karena masalah manajemen waktu dan prioritas dalam hidup inilah Bill Gates secara yakin meninggalkan bangku kuliah untuk mengejar mimipi bersama Microsoft.
6. Manfaatkan sumber-sumber di sekitar Anda
Bill Gates memulai proyek awal dan riset dalam mendirikan Microsoft dengan memanfaatkan fasilitas komputer di kampusnya. Saat itu, komputer adalah sebuah barang mewah yang tidak bisa sembarangan dibeli. Dalam tahap awal memulai bisnis, cobalah untuk menggunakan sumber daya secermat dan seefektif mungkin. Anda bisa menyewa buku-buku dari perpustakaan secara gratis, menggunakan akses internet yang disediakan untuk publik, atau mempekerjakan rekan-rekan Anda di bangku kuliah.
7. Temukan seorang mentor
Mentor atau guru adalah sosok yang bisa menjadi panduan utama Anda dalam berbisnis. Mentor bisa berupa sosok langsung yang dapat ditemui setiap harinya, bisa juga sosok terkenal seperti pebisnis yang sudah memiliki ratusan usaha di seluruh dunia. Jangan terlalu banyak mengambil mentor. Temukan satu sosok yang sangat Anda sukai, pelajari metode bisnisnya, dan bermimpilah untuk menjadi sosok sebesar mentor yang sudah Anda pilih tersebut.

Dengan kemajuan teknologi, sangatlah mudah bagi kita untuk menemukan mentor bisnis. Tak hanya yang berasal dari dalam negeri, kini kita bahkan bisa belajar dari seorang master wirausaha yang tinggal di luar negeri. Manfaatkanlah internet dan teknologi-teknologi lainnya untuk membantu Anda mencari sosok yang bisa menjadi panutan dalam berbisnis.

8. Manfaatkan teknologi


Teknologi selalu berkembang, dan inilah yang harus selalu Anda manfaatkan. Jangan ragu untuk menginvestasikan dana yang cukup besar dalam bisnis untuk mendapatkan akses ke teknologi yang lebih canggih. Teknologi selalu bermanfaat untuk memajukan usaha Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. 
Dalam usaha modern, seorang pebisnis harus mampu memanfaatkan komputer dan internet. Gunakan komputer semaksimal mungkin untuk mempersingkat waktu pengerjaan atau menambah produktivitas. Manfaatkan pula internet untuk memperluas jaringan bisnis Anda hingga ke ujung dunia.
9. Hargai diri sendiri
Dalam berbisnis, kita mungkin merasa sudah melakukan hal yang terbaik. Anda sudah menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang dengan maksimal. Anda juga sudah mempelajari berbagai teori bisnis, mengikuti seminar-seminar, dan mencoba melakukan berbagai inovasi kreatif. Pertanyaannya, sudahkah Anda memberikan yang terbaik untuk diri sendiri? Satu hal yang sering dilupakan oleh pebisnis muda adalah menghargai dirinya sendiri. Karena terlalu asyik dalam membangun usaha, terkadang mereka tidak mempedulikan kesehatan, mengabaikan perasaan, dan kehilangan teman-teman terdekatnya. Jika Anda menginginkan sukses jangka panjang, sukses dalam artian yang sebenarnya, kemampuan untuk menghargai diri sendiri sama sekali tidak boleh diabaikan.
10. Pastikan Anda memiliki mentalitas wirausaha yang kuat
Seorang pebisnis harus memiliki mental bisnis yang kuat. Anda harus berani mengambil risiko, senantiasa berinovasi, dan tidak boleh berhenti untuk memperbaiki kualitas diri sekaligus kualitas komoditas yang Anda pasarkan. Mentalitas merupakan fondasi terpenting dalam membangun sebuah usaha. Tanpa mentalitas, sebuah bisnis bagaikan tubuh tanpa jiwa, badan tanpa otak. Dalam seminarnya, Bill Gates mengatakan bahwa faktor utama yang menentukan kesuksesan bisnisnya bukanlah kejeniusannya, kecerdasaannya, modal yang dimilikinya, atau koneksi-koneksinya. Faktor utama yang menentukan kesuksesan bisnis Bill Gates adalah mentalitas wirausahanya. Bersenjatakan mentalitas yang tepat, didukung dengan faktor penunjang lainnya; Bill Gates sukses menjadi salah satu pebisnis tersukses dalam sejarah umat manusia.

simak juga artikel kami sukses diusia muda berpenghasilan milyaran dollar klik disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *