18 Tips Rahasia Menggunakan Blackberry yang Wajib Diketahui

Bab terakhir ini akan sedikit memberikan Anda bocoran mengenai Blackberry. Banyak beberapa hal sederhana yang sangat bermanfaat jika dipraktikan.Berikut beberapa diantaranya.
1. Cara Memback-up Auto text
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai Auto text yang sangat penting.Bagaimana jika setelah Anda membuat banyak Auto text kemudian tiba-tiba Operating System Anda error.Atau misalnya Anda mau ganti BB.
Ada aplikasi yang dinamakan Auto Text Backup.Melalui aplikasi ini Anda bisa membackup semua Auto text yang telah Anda buat. Hasil dari backupan ini akan disimpan ke dalam media card Anda. Sewaktu-waktu Anda juga bisa restore kembali yang Auto text tersebut.
2. Cara Mengatasi Blackberry “Lemot”
Salah satu masalah terbesar Blackberry adalah “lemot”, kadang ketika kita asyik menggunakan Blackberry kita, tiba-tiba keluar jam pasir atau jam putar tanda BB kita sedang loading. Atau lebih parahnya kalau BB itu menjadi hang. Tentu hal itu tidak kita inginkan.
Pada dasarnya hal ini bisa terjadi karena processor serta RAM dari Blackberry sendiri tergolong kecil.Sehingga ketika kita menyimpan atau menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan maka device kita harus bekerja ekstra keras untuk menjalankan fungsinya.
Berikut ada beberapa tips sederhana untuk mencegah atau mengurangi kelemotan Blackberry kita.
Close semua aplikasi yang tidak Anda gunakan. Semakin Anda multi tasking semakin lemot Blackberry Anda
Delete semua cache di browser Anda. Walaupun tidak terlihat tapi hal kecil kalau ditumpuk bisa membuat BB Anda lemot. Caranya bukalah browser Anda tekan tombol BB –> pilih Options –> pilih Cache Operations –> pilih Clear History. Jika Anda rutin menggunakan internet browser. Lakukan step ini secara berkala.
– Seperti dibahas di chapter sebelumnya, kita akan menggunakan banyak sekali metode komunikasi mulai dari BBM, YM, WhatsApp dan sebagainya. Selalu biasakan untuk clear chat atau end chat semua pembicaraan kita yang sudah tidak digunakan lagi.Ini menjadi salah satu faktor terbesar penyebab lemotnya Blackberry.
Backup semua pesan yang masuk secara rutin ke komputer Anda. Dengan sudah terbackupnya data, Anda bisa menghapus semua pesan di Blackberry Anda.Begitu juga dengan email dan attachment.Sebisa mungkin kurangi beban device Anda.
Clear semua log Anda secara rutin. Caranya sangat mudah.masuk ke homescreen Anda. Tekan dan tahan tombol Alt. Kemudian tekan huruf L G L G lalu tekan tombol berlogo BB dan klik clear log
– Beberapa hari sekali cabut baterai Blackberry Anda, diamkan sekitar 15 menit kemudian pasang kembali. Untuk lebih efektif, sekitar 2 minggu sekali Anda bisa mencabut baterai tersebut semalaman full. Memori RAM Anda akan lebih fresh dan Blackberry device bisa istirahat. Seperti tubuh manusia, semua mesin juga terkadang butuh istirahat..hehe..
Clean Temporary Memory. Masuk ke homescreen. Masuk ke menu Options.Tekan pilihan Security Options.Tekan Memory Cleaning.Tekan tombol Blackberry. Pilih Clean Now. Pilih Save. Melalui step ini temporary memory Anda akan terhapus dan membuat BB Anda menjadi lebih ringan dalam beroperasi.
– Hapus semua phone call dan miss call log. Masuk ke dalam menu Messages.Tekan tombol Blackberry.Tekan View Folder. Tekan pilihan Missed Calls/ Phone Call Logs. Tekan Menu. Tekan Delete Prior.
3. Cara Melaporkan Penipuan
Saat ini banyak sekali beredar SMS yang berisi penipuan. Bagi kita mungkin kita sudah bisa bijaksana memilih mana yang beneran mana yang boongan. Tapi di luar sana banyak orang yang menjadi korban. SMS yang beredar variasinya sangat banyak mulai dari “tanah sudah deal, tolong hubungi kakak saya, pemenang undian, salah transfer, mama minta pulsa, dan sebagainya.”
Laporkan penipuan ini ke provider telekomunikasi Anda. Format yang digunakan untuk melaporkan adalah
Lapor #Nomor pengirim # Isi SMS yang dikirimkan.
Contoh: Lapor #087878112233 #”Selamat Anda menjadi pemenang……”
Kirimkan SMS tersebut ke XL (588), Telkomsel (1166), Indosat (726).
Cara ini bebas biaya, dan jika ada banyak orang yang melaporkan nomor yang sama maka otomatis nomor tersebut akan diblokir.
4. Bagaimana Jika Anda Lupa Password Blackberry Anda
Saat ini kami memiliki beberapa buah Blackberry device.Hal yang wajar jika kita lupa.Cara paling mudah samakan semua password Blackberry kita. Tulis dan simpan di folder komputer, message facebook, draft email dan sebagainya.
Jika sudah terlanjur lupa? Ternyata caranya sangat mudah.
Buka website blackberry. Login Blackberry ID Anda lewat sana. Masukkan email Anda dan klik forgot password. Anda akan menerima email notifikasi mengenai forgot password tersebut. Kemudian password Anda akan direset dan Anda bisa menggantinya dengan password baru. Jika Anda melakukan langkah ini menggunakan device Blackberry Anda maka Anda akan diberi pertanyaan security question.
Setelah mendapatkan password baru Anda. Lakukan langkah di atas untuk menyimpan password Anda.
5. Bagaimana Cara Restore Data

Langkah awal yang wajib Anda lakukan adalah backup semua data Blackberry Anda melalui Blackberry Desktop Manager. Lakukan proses ini secara berkala. Bahkan kalau perlu pasang alarm tiap bulannya.Ini penting karena semua nyawa dan otak data kita berada di sini. Dengan backup minimal nyawa dan otak Anda sudah difotokopi di tempat lain..hehehe..
Selain itu ada juga aplikasi DataBackUp yang bisa Anda gunakan untuk membackup semua data Anda ke dalam memory card. Bagaimana jika data kita sudah terlanjur terhapus. Ternyata ada aplikasi yang bisa menyelamatkannya yaitu GetDataBack. Menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merestore data Anda yang telah hilang.
6. Cara Membuat Flash Menjadi Senter
Cara paling simple adalah dengan masuk ke dalam video recording kemudian tekan tombol spasi. Ini akan mengaktifkan lampu flash Anda. Atau masuk ke menu option dan pilih flash alwasy ON. Tiap mati lampu tinggal masuk ke dalam menu video recording maka lampu flash Anda akan menyala. Anda juga bisa membuat shortcut tombol yang langsung menuju ke menu video recording.. 🙂
7. Blackberry Protect: Amankan Blackberry Anda Seutuhnya

Cara Backup data di atas memang bisa digunakan. Tapi kini hadir aplikasi Blackberry Protect. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membackup data Anda secara langsung dan rutin ke server RIM Blackberry.
Bahkan jika BB Anda dicuri atau hilang Anda tinggal login ke website Blackberry, login kemudian Anda bisa mengetahui lokasi Blackberry Anda, menghapus semua datanya atau sekedar mengunci Blackberry Anda. Enak kan? 🙂
8. Tips Hemat Blackberryan di Luar Negeri

Masalah terbesar komunikasi di luar negeri adalah mahalnya biaya roaming. Lakukan cara ini untuk menghemat pengeluaran komunikasi Anda saat berada di luar negeri.
Pertama, matikan data service when roaming Anda terlebih dahulu, kemudian cari jaringan WIFI yang tersedia. Biasanya di luar negeri hampir semua WIFI di tempat umum sudah gratis. Join network dan kemungkinan besar Anda bisa langsung menggunakan Blackberry Anda untuk mengirim ataupun menerima data mulai dari BBM, Yahoo Messenger, dan sebagainya.
9. Cara Membayar Pembelian Aplikasi di AppWorld

Cara paling mudah adalah dengan menghubungkan account kita dengan data kartu kredit yang telah kita miliki. Tapi banyak orang yang masih belum memiliki kartu kredit, mungkin termasuk Anda. Tidak perlu khawatir. Ada cara mudah lainnya untuk melakukan pembelian di AppWorld. Caranya adalah membayar dengan menggunakan pulsa Anda.
Begini petunjuknya;
Buka aplikasi Blackberry World kemudian pilih My Account. Setelah itu tekan Payment Method Option. Setelah itu masukkan user name dan password Blackberry ID Anda. Tekan Bill Through operator Anda. Contohnya jika Anda menggunakan operator Indosat pilih Bill Through Indosat. Tekan Next kemudian Save and Done.
Setelah menyelesaikan step di atas maka mulai sekarang Anda bisa langsung melakukan pembelian aplikasi di AppWorld. Setiap pembelian akan memotong jumlah pulsa Anda. Pastikan Anda memiliki jumlah pulsa yang cukup sebelum melakukan pembelian.
10. Cara Memindah Kontak BBM

Selalu gunakan Blackberry ID yang sama. Setiap Anda login menggunakan Blackberry ID yang sama kontak yang Anda miliki sebelumnya akan ikut terbawa. Untuk menghindari penyalahgunaan data. Sebaiknya sebelum melakukan penjualan Blackberry lama Anda, selalu lakukan hard reset untuk menghapus semua data pribadi Anda.
11. Cara Sederhana untuk Menghemat Baterai Blackberry

Seperti diulang-ulang, tapi memang perlu menjadi catatan bahwa baterai smartphone memang lebih boros dibandingkan baterai handphone biasa. Bukan karena kapasitas baterainya, tapi karena penggunaannya yang benar-benar memakan energi dari baterai tersebut. Ada beberapa cara sederhana untuk menangani masalah ini.
–  Jika tidak sedang digunakan atau diperlukan selalu matikan jaringan WIFI dan Bluetooth Anda.                    Device memerlukan energi ekstra untuk menjaga koneksi WIFI dan Bluetooth.
– Gunakan jaringan 2G. Jaringan 3G lebih besar memakan baterai Anda.
– Minimalkan suara notifikasi seperti SMS dan Telpon Anda. Semakin keras suara yang                                 diberlakukan.Semakin boros baterai Anda.
– Lakukan langkah 2 tentang cara mengatasi BB lemot. Semakin banyak aplikasi yang Anda gunakan             semakin besar daya baterai Anda terserap
– Cahaya dari Blackberry disetting sangat terang. Kurangi cahaya layar Anda ini sampai tingkat di mana           Anda cukup untuk membacanya.Semakin redup semakin hemat baterai Anda.Begitu juga dengan                 notifikasi lampu.Matikan fitur ini.
– Gunakan fitur Auto Lock Program. Ini memungkinkan Blackberry Anda untuk mengunci dengan                 sendirinya setelah beberapa saat tidak digunakan. Dalam keadaan terkunci Blackberry hanya                         menggunakan sedikit daya baterai. Cara lainnya adalah dengan menggunakan original Holster                     blackberry. Saat Anda masukkan Blackberry Anda ke sini secara otomatis Blackberry Anda akan               standby.
Charge Blackberry Anda sebanyak mungkin. Sebisa mungkin selalu gunakan charger dari saklar                  tembok (bukan PC/Laptop).
– Gunakan Earphone saat mendengarkan musik. Jangan lupa untuk mematikan setting equalizer.
– Saat browsing, sebisa mungkin masuklah ke situs yang memiliki mobile sites.
–  Kurangi waktu time out Backlight screen dan keyboard.
– Matikan semua tone(suara) mulai dari key tone sampai panggilan.
– Matikan GPS Anda jika tidak digunakan
– Matikan flash camera Anda, set ukuran gambar menjadi kecil, rubah color effect menjadi normal.
12. Cara Membaca Email atau Pesan dengan Jauh Lebih Cepat

Ada beberapa shortcut yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat waktu membaca semua pesan SMS dan Email yang masuk. Berikut caranya:
– Ketika berada di dalam pesan, tekan tombol N untuk menuju ke pesan berikutnya. Ini lebih cepat daripada Anda harus keluar kemudian scroll ke bawah baru masuk lagi.
– Jika ingin membaca pesan sebelumnya tinggal tekan tombol P.
– Ketika Anda berada di halaman bawah dan ingin kembali ke bagian atas, yang perlu Anda lakukan hanya menekan tombol T. Secara otomatis Anda akan berada di bagian teratas dari pesan tersebut.
13. Membuat Tampilan Blackberry Anda Menjadi Seperti Iphone

Bosan dengan tampilan Blackberry yang seperti itu-itu saja. Tidak ada salahnya jika sekali waktu Anda merubah tampilan layar Blackberry Anda menjadi seperti Iphone. Caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal masuk ke Blackberry AppWorld dan download aplikasi bernama Bphone.
14. Cara Merekam Note Saat Menelpon

Suka bingung mencari pulpen dan kertas untuk mencatat sesuatu ketika menelpon. Cara termudah adalah dengan klik trackpad Anda. Masuk ke dalam icon Notes. Buka Notes dan mulailah menulis. Bahkan Anda juga bisa menjadikannya attachment dan menforwardnya ke teman Anda. Mudah kan.  🙂
15. Selamatkan BB Anda dari Air

Air adalah musuh utama semua benda elektronik. Jika Blackberry Anda terkena atau masuk ke dalam tempat air. Bagaimana cara menyelamatkannya? Mungkin Anda sudah sering mendengarnya dan terkesan tidak masuk akal. Benar, masukkan handphone Anda ke dalam beras. Beras terbukti bisa menyerap kandungan air. Saat handphone Anda masuk ke dalam air. Segera lepas baterainya.keringkan sebisa mungkin dengan handuk dan hairdryer(kalau ada). Kemudian masukan handphone ke dalam beras selama sehari semalaman. Jika konsletnya belum parah. Kemungkinan besar handphone Anda masih bisa diselamatkan.
16. Menyiasati Blackberry yang Hang

Seringkali Blackberry kita hang, tidak bisa digunakan, layar putih, atau freeze. Tidak perlu panik. Hal tersebut biasa terjadi dalam Blackberry. Anda hanya perlu mencabut baterai Blackberry Anda, tunggu sekitar 1-2 menit kemudian pasang kembali baterai Anda. Kemungkinan besar Blackberry Anda akan bekerja dengan normal kembali.
17. Cara Menggunakan Blackberry di Komputer

Ada beberapa cara untuk menggunakan Blackberry di komputer Anda
Install Impatica ViaDock http://impatica.com/products/viadock/index.html
Software ini akan menghubungkan Blackberry Anda dengan komputer Anda. Jadi apapun yang Anda lakukan di komputer, hal yang sama akan terjadi di Blackberry Anda.
– Gunakan Bluestacks (www.bluestacsks.com)
Ini lebih dahsyat lagi.Anda bisa langsung seperti memiliki sebuah handphone android tanpa perlu memilikinya terlebih dahulu. Ini disebut juga dengan virtual device
– Gunakan Genymotion (www.genymotion.com)
Fungsi dari Genymotion sama persis dengan bluestacks. Cobalah keduanya untuk membandingkan.
18. Shortcut Blackberry
Dalam tips terakhir ini kammi akan coba kumpulkan berbagai macam shortcut yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan penggunaan Blackberry.
The Convenience Key
Ini memudahkan Anda untuk mengatur kegunaan tombol-tombol Blackberry Anda. Untuk mengaksesnya pergi ke Options –> Screen/Keyboard kemudian set melalui Convenience Key.
– Membuat Signature dengan AutoText
Caranya sama dengan cara pembuatan AutoText. Pergi ke Options –> Autotext –> New.
Shortcut Dasar
Ini adalah shortcut paling dasar dari Blackberry yang bisa digunakan dalam berbagai aplikasi
Escape – Untuk keluar dari Screen
Space – Untuk memilih atau clear check box
End Key – Untuk kembali ke home screen (tombol telpon merah)
Shortcut Telepon
Shortcut ini digunakan saat kita sedang menelpon atau menggunakan aplikasi telephone
Send – untuk menjawab/menerima telepon
Hold O – Untuk memasukkan tanda (+) saat mengetik nomor telepon
Alt+X – Untuk menambahkan ekstensi ke nomor telepon
$ – Untuk mengaktifkan atau mematikan speaker phone saat menelpon
Space – Untuk berpindah ke bagian atas screen Phone.
Escape – Untuk tetap berada di dalam telepon dan kembali ke home screen. Tekan Escape kemudian pilih OK.
Shortcut Pesan
Di dalam pesan:
R – Menjawab pesan
L – Menjawab ke semua orang
F – Forward pesan
I  – Highlight Pesan
Saat berada dalam list pesan:
C – Membuat Pesan
ALT+U – Menandai pesan sudah terbuka atau belum
ALT+I – Melihat Inbox
ALT+O – Melihat Outbox
ALT+V – Melihat Voicemail
ALT+S – Melihat SMS
ALT+P – Melihat Call Log
SHIFT+SPACE – Pindah ke bagian paling atas screen
SPACE – Pindah ke bagian paling bawah screen
T – Ke bagian paling atas pesan
B – Ke bagian paling bawah pesan
N – Ke pesan berikutnya
P  – Ke pesan sebelumnya
U – Ke pesan yang berikutnya yang belum terbuka
J  – Ke item berikutnya yang berhubungan
K – Ke item sebelumnya yang berhubungan
F  – Mencari teks di website atau attachment
Shortcut Penulisan
Alt + Shift Kiri – NUM Lock
Alt + Shift Kanan – Huruf Besar Semua (CAPS Lock)
Shift – Untuk mematikan NUM Lock dan CAPS Lock
Shift + Trackpad – Untuk highlight teks
Escape – Untuk menghilangkan teks yang sudah dihighlight
Shift + Delete – Untuk CUT teks yang sudah dihighlight
Alt + Trackpad – Untuk COPY teks yang sudah dihighlight
Shift + Trackpad – Untuk PASTE teks yang sudah di copy atau cut
Shortcut di Browser
Space – Untuk mengetik di alamat website
O – Untuk membuka options di browser
Escape – Untuk menghentikan loading internet
D – Untuk meminimize browser
G – Untuk berpindah ke halaman tertentu
H – Untuk kembali ke home page
K – Untuk membuka bookmark
A – Untuk menambah bookmark
I – Untuk melihat situs terkini
R – Untuk merefresh halaman
P – Untuk melihat alamat situs
S – Untuk menyimpan halaman situs
X – Melihat halaman dalam versi thumbnail
T – Untuk pergi ke halaman paling atas
B – Untuk pergi ke halaman paling bawah
Shortcut di Media
Tombol Mute – Pause/ Resume lagu atau video
R – Rotate gambar
I – Memperbesar gambar
O – Memperkecil gambar
W – Kembali ke ukuran original
Shortcut di Kalender
C – Membuat agenda
A – Merubah ke tampilan agenda
D – Merubah ke tampilan harian
W – Merubah ke tampilan mingguan
M – Merubah ke tampilan bulanan
Space – Berpindah ke hari/minggu/bulan berikutnya
Shift+Space – Berpindah ke hari/minggu/bulan sebelumnya
T – Berpindah ke tanggal hari ini
G – Untuk menuju ke tanggal spesifik

Ada cara mudah untuk mengakses berbagai aplikasi melalui shortcut keyboard.Untuk menggunakan ini fasilitas “Telepon dari Home Screen harus di OFF kan” (Phone –> Options –> General Options). Sekarang Anda bisa menggunakan berbagai shortcut di bawah ini:
W – WAP Browser
R – Alarm
T – Tasks
U – Calculator
O – Options
A – Address Book
S – Search
D – Notes
F – Profiles
H – Help
K – Lock keypad
L – Calendar
M – Messages
B – Browser
N – BlackBerry Messenger
V – Saved messages
C – Compose
Shortcut lainnya:
ALT+Shift+H – Akses ke layar Help ME!  (status info, dsb)
ALT+LGLG – Akses Event Log
ALT+Right Shift+DEL – Soft Reset

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *