Tips Menjalankan Bisnis dari David Karp, Founder Tumblr

Tumblr! Layanan blog berbasis sosial media ini telah mencapai kesuksesannya dalam waktu yang cukup singkat. Dalam ranah industry teknologi dan sosial media, Tumblr kini menjadi  salah satu pilihan yang paling eksis dan menyenangkan dari segala macam fiturnya. Ya, tampilannya yang lebih simple, singkat dan ringan dibaca, membuat banyak orang mulai beralih menggunakannya.
Tangan – tangan kreatif di balik Tumblr antara lain ialah David Karp, seorang pemuda berusia 26 tahun yang telah menggagas situs Tumblr sejak 2007 lalu. David Karp sengaja membuat Tumblr dengan platform mikro blog dan situs jejaring sosial, dimana pengguna Tumblr nantinya bisa mengirimkan konten  multimedia, teks ataupun pesan dalam bentuk blog pendek. Selain itu, Tumblr juga menyediakan layanan pertemanan dengan sistem ‘follow’ layaknya Twitter.
    
Kini, Tumblr telah berkembang kian pesat. Ratusan juta pengguna telah bertengger menggunakan Tumblr secara aktif setiap harinya. Pundi – pundi uang tentu kini telah mengejar David Karp berkat kecerdasannya melihat peluang dengan menciptakan situs mikro blog yang belum pernah ada sebelumnya. Dari sepanjang kisah perjalanan hidup David Karp, bisnishack.com telah merangkum bagaimana tips menjalankan bisnis yang baik dan sukses ala David Karp. Penasaran? Ini dia tipsnya!
Image Credit
1. Jeli dalam melihat peluang        
Sebagian besar orang mungkin tidak terpikir untuk menyajikan jejaring sosial berbentuk mikro blog, karena sebelumya sudah bertebaran aplikasi – aplikasi blogging yang menarik sesuai dengan estetisnya masing – masing. Namun tidak pada David Karp. Nampaknya ia menyadari bahwa masih ada orang – orang yang membutuhkan hawa baru dalam menulis di media internet, dalam menulis di jejaring sosial. Berawal dari keinginan untuk menyajikan kemudahan bagi pengguna internet dalam berbagi informasi, perasaan serta nilai – nilai yang dialami, David Karp pun memutar otaknya untuk menyajikan media sosial yang ringkas dan ringan untuk dibaca.
        
Dari hal ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa untuk bisa berbisnis dengan sukses, kuncinya adalah jeli melihat peluang apa saja yang bisa kita kembangkan sebagai bisnis. Dalam melihat peluang, kepekaan sosial pada diri kita perlu ditingkatkan. Hasil evaluasi dari bisnis lain yang sudah dijalankan sebelumnya, juga bisa menjadi acuan kita untuk mengamati, meniru dan memodifikasinya menjadi sesuatu yang baru dan terpercaya. Tak hanya itu, dalam menciptakan sesuatu yang baru, kita tidak boleh ragu terhadap ide kita sendiri. Asal orisinil dan memiliki kompeten yang tinggi, ide bisnis kita pasti jalan dan menghasilkan pundi – pundi uang.
   

2. Gali ide seliar mungkin
        
Berpikir secara monoton mungkin akan menjauhkan bisnis anda dari kata sukses. Ya, seperti yang dilakukan oleh David Karp, bahwa ia selalu berpikir out of the box. Kepekaannya dalam menilai kekurangan dari media – media blog yang telah ada, menjadikannya menciptakan sesuatu yang baru yaitu desain blog yang lebih detail namun lebih sederhana.
        
Untuk mendapatkan pemikiran yang tidak monoton, tentu kita harus berani menggali ide sedalam dan seliar mungkin, dengan tujuan hasil yang diperoleh benar – benar berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Ide ini patut kita kembangkan sejauh binis anda berjalan. Bila anda selalu ragu dalam berpikir untuk menemukan ide bagi bisnis anda, mungkin bisnis anda tidak akan bisa berjalan sesuai harapan, karena idelah yang menjadi pembeda antara bisnis anda dengan bisnis yang lain.
3. Jangan berpikir bahwa anda melakukan semua hal dalam bisnis sendirian
        
Berbisnis adalah kerja sama tim. Ya, anda tentu tidak bisa mengerjakannya seorang diri. Dibutuhkan koordinasi yang teratur untuk mewujudkan iklim bisnis yang baik dengan hasil yang memuaskan. Dalam menjalankan bisnis, anda tidak boleh berpkir bahwa anda dapat melakukan semua hal dalam bisnis seorang diri.
        
Seperti yang diinspirasikan oleh David Karp, dalam menjalankan bisnis anda tidak sendiri. David Karp bersama timnya dalam Tumblr, Inc. berusaha sebaik mungkin untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan. Bila David Karp menemui suatu hal yang dikatakan sulit, ia tidak pernah merasa sendiri dan tertekan, karena sejak awal ia selalu menerapkan rasa berbagi dalam timnya. Ia menyadari bahwa ia tidak sendiri. Ia dapat mengkonsultasikan Tumblr bersama – sama agar Tumblr bisa tetap maju dan eksis sekalipun perkembangan media sosial terus bergejolak tanpa henti.
        
Begitu juga dengan kekuatan anda untuk melakukan sesuatu sendirian dalam berbisnis. Meskipun anda mampu, namun dalam berbisnis tidak ada yang seorang diri. Anda boleh saja menjadi seorang pelopor atau pioneer, namun tetap pada pelaksanaan bisnis anda, anda membutuhkan interaksi dengan pihak lain untuk eksekusi. Diskusi, perencanaan bersama, saling bertukar saran dan masukan hingga evaluasi adalah bentuk – bentuk kebersamaan dalam sebuah kerja tim. Hal ini pun telah dicontohkan oleh David Karp dalam membangun Tumblr.
4.  Temukan editor untuk ide – ide anda
        
Belajar dari pebisnis lain yang lebih senior setidaknya bukan menjadi hal yang memalukan. Dengan belajar dari pengalaman orang – orang yang lebih senior dari anda pada bidang bisnis yang anda geluti, anda dapat menerapkan berbagai metode agar bisnis anda berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan kesalahan – kesalahan yang kemungkinan anda lakukan, hal tersebut dapat diminimalisir dengan belajar pada senior – senior anda dalam berbisnis.
        
Tak perlu ragu, anda dapat menjadikan senior – senior anda dalam berbisnis sebagai editor dalam bisnis anda. Dalam arti anda dapat menjadikan mereka sebagai kritikus atas ide – ide bisnis anda, serta pemberi masukan yang terbaik dalam berjalannya bisnis anda. Hal ini juga dilakukan oleh David Karp. Ia senantiasa dengan lapang dada mempelajari berbagai hal mengenai bisnis media sosial dari berbagai orang yang lebih handal dari padanya dalam berbisnis di dunia internet. Berbagai masukan diterimanya dan dijadikan acuan untuk mengembangkan Tumblr sesuai dengan porsi dan kebutuhan masyarakat, hingga terbentuklah Tumblr, Inc. yang mengoperasikan Tumblr dengan baik dan sempurna.
Ya, itulah empat tips bisnis ala David Karp yang dirangkum oleh bisnishack.com. Kini, David Karp telah sukses menerapkannya. Hasilnya tentu jelas, Tumblr, Inc terus meraup keuntungan yang besar diikuti dengan terus meningkatnya jumlah pengguna Tumblr. Kini, tantangan David Karp ialah bagaimana mempertahankan Tumblr menjadi satu –satunya jaringan mikro blogging yang menarik perhatian masyarakat sepanjang waktu. 
Lantas, sudahkah anda menerapkan tips bisnis ala David Karp pada bisnis anda? Semoga berhasil!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *