Tips Memilih Jenis Kain Berkualitas

Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, pakaian menjadi topik yang selalu hangat untuk diperbincangkan. Berdasarkan fungsinya, pakaian sebagai penutup anggota tubuh yang melindungi kulit manusia dari udara panas dan dingin, karenanya jenis pakaian baik untuk pria maupun wanita sangat beragam. Disisi lain dari fungsi, pakaian pun mempunyai sisi keindahan yang bisa dinikmati oleh para pemakainya. Oleh karena itu, kata fashion juga diambil dari ide untuk menikmati keindahan pakaian. Selain sisi keindahan juga ada sisi kenyamanan yang merupakan salah satu nilai terpenting dalam berpakaian. 
Nilai kenyamanan dalam berpakaian dapat dilihat dari pemilihan jenis kain di setiap jenis pakaian. Salah satu contoh, penggunaan kain katun dalam t-shirt harus diperhatikan dengan cermat, karena tingkat kenyamanan pemakai jenis pakaian ini adalah yang dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Salah satu kriteria dalam pemilihan kain katun untuk t-shirt juga bisa dilihat dari seberapa kuat bahan kain untuk tetap halus dan rapi walaupun tidak disetrika ataupun sudah dipakai beberapa jam. Hal-hal kecil dan sederhana ini harus sangat diperhatikan untuk menjaga kualitas pakaian produksi Anda. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih jenis kain dengan kualitas terbaik.
1. T-shirt
Sebagai salah satu pakaian non formal untuk dipakai sehari-hari, t-shirt harus bisa menjaga keindahan bentuk tubuh si pemakai dan tidak menciptakan citra buruk pada pemakai. Beberapa tipe kain yang baik untuk produksi t-shirt antara lain yaitu katun combat 17, katun combat 19, katun combat 22, dan katun combat 24. Untuk katun combat 17 dan 19 berkarakteristik agak tebal dari katun jenis lainnya, katun ini baik untuk produksi t-shirt yang akan di sablon. Dengan karakter yang sedikit tebal, katun 17 dan 19 dapat membuat sablon lebih baik, bersih, dan kuat karena daya serap yang dimiliki kain katun jenis ini. Sedangkan katun combat 22 dan 24, adalah katun terbaik untuk produksi t-shirt karena berkarakter lebih tipis dan kuat atau tidak mudah kusut. 
2. Celana jeans-denim
Sangat erat dikaitkan dengan golongan anak muda, maka celana jeans atau denim memerlukan jenis kain yang baik, kuat dan tidak mudah kusut jika dipakai agak terlalu lama. Warna dari celana jeans dan denim umumnya adalah biru tua dan hitam, jadi warna lain adalah merupakan hasil modifikasi warna utamanya. Jenis kain terbaik untuk produksi celana jeans dan denim adalah jeans 24, 22, 19 dan 17. Jenis jeans 24 dan 22 adalah jeans dengan kualitas terbaik untuk diproduksi karena serat kain yang lebih tebal dari jenis kain jeans lainnya, sehingga kain jeans ini lebih kuat dan agak sedikit panas jika dipakai terlalu lama. Lalu, jenis kain jeans 19 dan 17 adalah jenis jeans dan denim terbaik untuk di produksi karena selain kuat, serat kain yang lebih tipis memanjakan pemakainya karena tidak terlalu panas jika dipakai agak lama.
3. Kemeja fanel dan flannel
Kemeja dapat memberi citra rapi serta gagah kepada para pemakainya, baik kemeja jenis fanel dan flannel. Dua jenis kemeja ini masing-masing mempunyai bahan terbaik untuk diproduksi, kemeja fanel terbaik adalah jenis katun 7 dan 9. Katun ini berkarakter tipis dan kuat untuk menjaga si pemakai agar tidak mudah kusut walaupun beraktifitas padat. Untuk kemeja flannel, jenis katun 15 dan 17 adalah katun terbaik untuk produksi flannel karena dengan bahan yang tidak terlalu tebal dan berbeludru baik, kain ini dapat membuat si pemakai tetap rapi dan dingin walaupun suhu udara luar cukup panas. Dua jenis kemeja ini mempunyai persamaan yang kuat, tapi Anda dapat membedakannya dari tingkat ketebalan dan beludru yang dimiliki oleh kain katun flannel 15 dan 17. 

4. Dress
Untuk wanita yang suka berfeminim dengan menggunakan dress, ada dua jenis dress yang secara modern nyaman untuk digunakan. Ada dua jenis dress yaitu dress tanpa kain puring didalamnya dan dress yang masih menggunakan kain puring didalamnya. Puring terbaik yaitu jenis kain katun puring 23, karena berkarakteristik tipis dan halus serta dapat memberi kesan rapi terhadap dress yang akan Anda produksi. Dalam fungsinya, puring memberi kesan berisi pada dress tersebut dan membuat dress tidak cepat kusut. Katun puring 23 sangat di gemari oleh para pengguna dress karena selain dapat memberi kesan berisi pada pengguna, jenis katun puring ini mudah untuk ditemukan di toko penjual kain produksi. 
5. Celana bahan 
Untuk para pria dan wanita pengguna celana bahan, ada baiknya jika memperhatikan serat celana bahan yang kadang mudah robek bahkan kusut saat dipakai. Untuk wanita, celana bahan berjenis kain semi wools 24 adalah bahan terbaik untuk kondisi Indonesia yang beriklim tropis. Kain ini berkarakter lebih tipis dari kelas nya namun masih sangat kuat untuk dipakai, sehingga mengurangi risiko kusut dan robek saat dipakai. Terlebih karakter semi wools 24 ini mempunyai kemampuan untuk mengikuti lekuk tubuh si wanita dan dapat menggambarkan citra seksi tapi tetap formal dan sopan. Semi wools 24 adalah bahan terbaik dan terfavorit untuk wanita karena kelebihannya untuk berpakaian formal seperti untuk bekerja atau datang ke pesta. 
Para pria yang beraktifitas di kantor dapat menggunakan celana bahan yang berjenis kain semi wools 24A. Kain ini berkarakter tipis namun kuat dan kekuatannya sudah disesuaikan dengan aktifitas pria yang lebih padat dari wanita. Walaupun tipis, semi wools 24A tidak mudah kusut dan robek serta masih dapat memberi kesan dingin dan nyaman pada cuaca yang cukup panas. Kain jenis ini adalah favorit para pria karena semi wools 24A dapat mengikuti lekuk tubuh pria yang atletis sehingga menambah poin tambah terhadap celana berbahan jenis kain ini. Penggunaan celana bahan berjenis kain ini lebih luas karena tidak hanya untuk acara formal tapi juga bisa untuk acara non-formal seperti diskusi di kafe.  
Pakaian untuk waktu ini tidak hanya sekedar fungsinya, namun sisi keindahan dan kenyamanan menjadi prioritas utama si pengguna. Oleh karena itu, tips diatas untuk memilih jenis kain terbaik untuk produksi beberapa jenis pakaian bisa diperhatikan demi memanjakan konsumen. Konsumen pada waktu ini juga memprioritaskan kualitas pakaian yang mereka pilih dan menomor dua kan harga dari pakaian tersebut. Jadi, untuk memperoleh keyakinan konsumen dalam memilih produk, Anda bisa mulai dari pemilihan bahan produksi terbaik untuk diproses selanjutnya.
Demikian artikel tentang beberapa tips yang dapat dilakukan oleh konsumen untuk memilih jenis kain yang berkualitas tinggi. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.         

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *