Mengapa Online Shop???

Dewasa ini peluang bisnis semakin banyak dan bekembang dengan luas. Ada banyak bidang yang terbuka luas untuk dijadikan lahan dalam berbisnis. Salah satu yang marak digeluti adalah Online Shop, atau yang biasa disingkat OL Shop. Tidak hanya kaum profesional yang menggeluti bisnis ini, anak muda, ibu rumah tangga, dan pekerja kantoran juga ikut melirik dan menekuni usaha ini.

Ada yang menjadikannya usaha sampingan, namun ada pula yang serius menekuninya hingga menjadi online shop ternama yang mempunyai website sendiri. Semua kalangan, mulai dari pelajar hingga profesional melirik usaha ini. Banyak hal yang menjadi faktor mengapa bisnis ini menjadi sangat marak dan berkembang, khususnya di era globalisasi saat ini.Selain menguntungkan, tentu ada segudang alasan lain di baliknya.

Pasar global

Segmen yang dimiliki online shop amatlah luas dan tak terbatas. Tidak hanya dalam kota, tapi bisnis ini dapat menjangkau seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Hanya satu syarat yang perlu dimiliki, yaitu akses lancar internet. Demam online shop ini sudah melanda banyak negara, khusunya negara maju yang terbiasa dengan akses internet super cepat.

Maka dalam sekali klik, semua yang kita perlukan dapat ditemukan di online shop. Tentunya jika semakin luas pasar yang dimiliki, semakin besar keuntungan yang akan diraih. Bisa dikatakan Online Shopping adalah gerbang menuju bisnis global yang menjanjikan asalkan ditekuni dengan serius.

Anytime, Anywhere

Kelabihan utama bisnis Online Shop adalah, bebas menjalankannya dimana saja, dan kapan saja. Bisnis ini dapat dijalankan ketika berada di rumah, di kampus, di taman, di kantor, dimana saja berada yang penting koneksi internet tersedia. Atau, bisa saja menjalankan bisnis ini ketika sembari makan, saat istirahat, mau tidur, atau di sela-sela waktu senggang.

Selain itu, waktu libur bebas ditentukan oleh si pengelola sendiri dan tidak memerlukan jam kantoran untuk mengoperasikan bisnis ini. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan, terutama bagi yang masih sekolah, atau kerja.

Modal bebas

Menjalankan bisnis tentu saja membutuhkan modal, bukan? Nah, dalam menjalankan bisnis online shop ini, jumlah modal yang akan digunakan bebas ditentukan oleh si pendiri bisnis. Banyak yang memulai usaha ini dengan modal minim, sehingga bisnis ini banyak dijalankan oleh pelajar dan ibu rumah tangga.

Selain itu, modal bisa diakali dengan kerjasama yang dibuat dengan pemasok. Misalnya, penjual boleh mengambil barang seperlunya dan membayar sesuai dengan barang yang terjual. Hanya, perlu dingat tipe kerjasama seperti ini membutuhkan rasa percaya yang kuat satu sama lainnya.

Shopping without shop

Kelebihan atau kemudahan lain dari bisnis ini adalah, tidak memerlukan toko resmi yang memajang barang-barang yang dijual. Biasanya yang perlu dilakukan adalah cukup memfoto barang dagangan semenarik mungkin, kemudian mengunggah di website atau media sosial, dan mengirimkannya ke pembeli yang memesan barang tersebut.

Maka dari itu bisnis ini bisa dijalankan dari rumah secara independen atau seorang diri. Tentu saja berkat hal ini, modal yang diperlukan minim karena tidak membutuhkan anggaran rutin atau pengeluaran ruti per-bulan untuk sewa tempat, bayar listrik, dekorasi toko, dan lain-lain.

Siapa saja bisa

Tentu saja bisnis ini bisa dijalankan siapa saja dengan latar belakang profesi apa saja. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, dokter, bahkan ibu rumah tangga bisa menjalankan usaha ini. Kenapa? Simpel saja, usaha ini tidak membutuhkan skill tertentu yang menuntut seperti pekerjaan pada umumnya. Tidak memerlukan gelar master bisnis, semua dapat mencoba peluang usaha ini. Ketekunan dan kemauan untuk berusaha adalah yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis ini.

Potential big income

Tidak hanya minim modal, tapi bisnis ini berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar. Semakin banyak konsumen atau pelanggan, semakin besar untung yang diterima. Apalagi jika usaha ini berkembang menjadi perusahaan online shop yang besar, maka pendapatan yang didapat pasti besar.

Dan terutama, jika online shop yang dijalankan meluas pasarnya ke pasar internasional tentu untung yang didapatkan akan berlipat ganda. Selain itu akan menambah nilai plus di mata dunia tentang produk Indonesia yang bermutu dan kreatif.

Automatic system

Dalam bisnis Online, pola yang dimiliki biasanya sama dan berulang. Semakin terbiasa dengan bisnis ini, maka bisa saja menciptakan sistem otomatis sehingga memungkinkan untuk lebih menghemat waktu si pengelola. Software-software canggih dapat dicari dalam rangka membantu kinerja bisnis online shop ini. Atau, bisa saja pengelola membuat sebuah sistem jaringan yang memberdayakan orang- orang di sekitarnya untuk memperluas jaringan bisnis online-nya. Jika demikian, tentu saja akan menguntukan si pengelola dan membantu orang lain untuk mencari nafkah kan.

Trendsetter

Bagi para pengelola online shop yang memiliki produk bikinan sendiri atau handmade, menjualnya lewat online adalah langkah awal memulai bisnis yang menjanjikan. Barang- barang unik yang dijual via online biasanya akan menjadi trendsetter dan menjamur dengan cepat.

Apalagi mengingat internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari- hari. Masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan sudah pasti berinteraksi dengan internet setiap harinya. Itulah kenapa menjual barang unik via internet adalah sebuah strategi berbisnis yang menjanjikan.

Kembangkan kreatifitas

Ketatnya persaingan online shop saat ini, membuat para pemilik online shop harus ekstra berpikir untuk bisa survive menang dalam kompetisi ini. Salah satu caranya adalah mengembangkan kreatifitas. Keuntungan lain yang dimiliki online shop adalah, sebagai lahan para kaum muda untuk unjuk kreatifitas dalam berbisnis. Tidak hanya dari segi produk, tapi juga dari segi pemasaran, dan desain website, dan sebagainya. Hal ini akan menimbukan efek kepada perkembangan produktifitas pengusaha muda di Indonesia.

Wide network 

Dalam bergelut di bisnis online, jaringan yang luas adalah hal nomor satu yang harus dibangun. Kepercayaan konsumen terhadap online shop, menjadikannya semakin berkembang dan memiliki jaringan luas. Selain menambah keuntungan, jaringan yang luas juga bisa dijadikan jembatan untuk memperluas bisnis. Dengan jaringan atau network yang luas, peluang untuk mengembangkan sayap bisnis semakin terbuka lebar, apalagi jika terdapat peluang bisnis mumpuni yang terbentang di depan mata. Itulah salah satu keunggulan jaringan luas dalam dunia online shop.

10 hal di atas adalah keuntungan dan keunggulan yang dimiliki oleh online shop. Dan juga menjadi alasan mengapa online menjadi lahan bisnis yang sangat berkembang dewasa ini dan mempunyai banyak peminat. Siapa saja bisa memulai menjalankan bisnis ini, apapun latar belakang pendidikannya. Perlu diingat bahwa bisnis ini akan sangat menguntungkan apabila dijalani dengan sungguh-sungguh. Jadi, tunggu apa lagi, manfaatkan kesempatan bisnis online shop di era canggih ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *