Lakukan 11 Hal ini Sebelum Sarapan Jika Anda Ingin Sukses

Banyak hal yang bisa menuntun kita menjadi seorang Pebisnis yang sukses, mulai dari hal – hal besar, seperti faktor skill dan relationship. Ada pula hal – hal kecil namun ternyata menjadi faktor yang bisa menuntun kita menjadi orang sukses. Salah satunya adalah membangun kebiasaan di pagi hari.

Orang – orang sukses mempunyai ritual khas tersendiri yang rutin dilakukan sebelum sarapan dan berangkat ke kantor. Dan seperti yang saya sebutkan tadi, hal tersebut yang menjadi kunci untuk membuka pintu gerbang kesuksesan bagi dirinya. Misalkan bangun pagi. Dengan bangun pagi, kita memiliki banyak waktu untuk dan ketenangan yang menyegarkan di pagi hari. Selain bangun pagi yang akan saya bahas di artikel ini, ada pula kebiasaan – kebiasaan lainnya yang di lakukan oleh pebisnis sukses di pagi hari, apa saja? Mari kita kupas satu persatu.

1. Bangun pagi

Seperti yang sudah di ungkap sekilas sebelumnya, manfaat dari kebiasaan bangun pagi begitu besar. Hal itu di sadari benar oleh pebisnis yang menganggap waktu adalah komoditas berharga. Tentu saja karena mereka akan mengolah waktu di pagi hari untuk digunakan untuk dia sendiri, tidak seperti di siang sampai malam yang dia habiskan untuk panggilan telepon, rapat dan pekerjaan lainnya.

Tentu saja mereka mengolah kebiasaan itu dengan melakukan segala sesuatu yang menyenangkan bagi dirinya. Sebuah survey pun juga mengatakan bahwa 90 % pebisnis sukses bangun sebelum jam 6 pagi. Misalkan CEO PepsiCo Indra Nooyi yang mengaku bangun jam 4 pagi dan  tiba di kantor tepat jam 7 pagi.

2. Olahraga

Olahraga sudah terkenal manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari  metabolisme tubuh dan tenaga. Selain itu ada beberapa hal yang sebaiknya Anda melakukan olahraga rutin setiap pagi. Udara yang segar di pagi hari akan membantu kita dalam memperoleh siklus pernafasan yang lebih baik. Selain itu bagi para pebisnis, dapat melatih otak dan fokus. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga kita cenderung akan memikirkan pekerjaan dan aktivitas yang akan dilakukan setelahnya. Memikirkan tersebut akan jauh lebih mudah ketika otak dapat digunakan secara penuh dan jernih. Maka dari itu paling tidak luangkan waktu paling tidak dua puluh sampai tiga puluh menit untuk berolahraga. Namun sebagai saran, ada baiknya lakukan olahraga yang ringan.

3. Membaca berbagai hal yang memotivasi dan menginspirasi

Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan. Selain itu pula ternyata kita dapat mencari motivasi dan ispirasi yang dapat meningkatkan kinerja kita. Misalkan, CEO Disney Bob Iger yang bangun jam setengah lima pagi untuk membaca buku. Beliau percaya, dengan membaca buku di pagi hari, selain untuk memenuhi hasratnya dalam membaca buku, beliau juga mendapatkan berbagai macam kisah ispiratif yang membantu beliau dalam melakukan aktivitasnya.
Maka dari itu, mulailah untuk mencari refrensi buku – buku yang sesuai dengan minat kita. Tidak ada salahnya mencari buku yang selain dapat wadah inspiratif, juga dapat membuat mood kerja kita bertambah.

4. Menulis target yang ingin dicapai dalam jangka panjang

Seorang pebisnis yang sukses selalu memikirkan langkah – langkah kedepan dalam meningkatkan pendapatannya. Dan hal tersebut biasa mereka lakukan di pagi hari. Karena pada pagi hari,  otak masih segar, dan belum memproses segala sesuatu yang rumit. Maka dari itu, mereka dapat memanfaatkan waktu di pagi hari untuk merencanakan target dalam jangka panjang dengan piiran yang jernih dan kondisi yang tenang. Sesuatu hal yang sulit dilakukan di siang hari ketika kesibukan mereka dengan rutinitas yang padat.

5. Menulis hal-hal yang harus dilakukan pada hari itu

Selain menentukan target jangka panjang, diwaktu pagi, banyak pebisnis yang memulai harinya dengan menyusun jadwal hari itu. Selain pikiran yang masih jernih, hal ini penting untuk menghindari terjadinya waktu kosong. Seperti yang diungkapkan pada poin pertama, waktu adalah komoditas penting. Maka dari itu, mulailah hari dengan menyusun jadwal agar segala pekerjaan dapat di selesaikan secar tuntas.

6. Memulai kerja dengan mengerjakan tugas yang terpenting pada hari itu

Ketenangan suasana pagi hari dapat membuat kita menjadi lebih fokus dan jernih. Dengan kondisi seperti itu, memungkinkan kita untuk memahami lebih jauh jenis pekerjaan dan permasalahan dari pada rekan kerja Anda.

7. Meditasi

Sering kali kita merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari – hari. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah melakukan meditasi. Meditasi menurut Alexander Berzin, seorang guru agama buddha tibet adalah suatu cara untuk melatih diri kita untuk memiliki keadaan cita atau sikap yang lebih bermanfaat. Dengan kata lain dengan meditasi, kita dapat mengolah sikap kita dalam menanggapi segala bentuk permasalahan pekerjaan menjadi  lebih bijaksana. Dengan meditasi, kita dapat menenangkan hati dan pikiran, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat.

8. Bersyukur atas nikmat yang mereka dapatkan

Mengekspresikan rasa syukur di pagi hari adalah kebiasaan yang dilakukan pebisnis sukses selanjutnya. Mereka yang bersyukur atas segala apa yang telah diperoleh, akan berusaha paling tidak menjaga apa yang telah di berikan. Dengan bersyukur kepada Tuhan, mereka berpendapat bahwa dengan bersyukur seperti ini, mereka seakan memiliki motivasi dan inspirasi tinggi untuk bergerak maju.

9. Melewatkan “quality time” dengan keluarga

“tak ada yang lebih indah dari pada keluarga”. Ungkapan semacam ini memang benar – benar nyata. Dengan adanya keluarga, para pebisnis memiliki target untuk mencapai kesejahteraan keluarga.
Namun berbagai kesibukan dalam berkarir dan berbisnis, orang sukses seing melewatkan makan malam bersama keluarga. Maka dari itu waktu di pagi hari dimanfaatkan untuk bercengkrama dengan anak atau menyiapkan sarapan bersama pasangan. Para wanita karier pun biasanya melakukan pendekatan dengan membangunkan anak, memakaikan pakaian, dan mengerjakan tugas sang anak.

10. Membaca berita

Sebelum bekerja, para pebisnis sukses biasanya mencari berita terbaru, paling tidak mengenai bidang yang di gelutinya. Ada yang membaca koran, namun ada pula yang memanfaatkan jejaring sosial seperti twitter.
Salah satu contohnya adalah CEO General Electric, Jeff Immelt yang memulai harinya dengan membaca koran dan menonton siaran berita.

11. Melakukan networking dengan rekan kerja, teman, atau klien sambil minum kopi

Dewasa ini, penting bagi pebisnis untuk melakukan interaksi sosial dengan rekan kerja, teman, atau klien. Dengan berinteraksi soal, mereka dapat memperoleh banyak manfaat yang dapat membantu mereka untuk meraih jenjang yang lebih tinggi. Salah satu caranya dengan kegiatan minum kopi dan camilan di pagi hari. Pada saat – saat seperti itu, dengan kondisi yang masih sejuk, dan santai, dapat membuat segala diskusi dapat berjalan dengan lancar dan mencapai kesepakatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *