Kisah Perjalanan Bisnis Andrew Darwis

Andrew Darwis lahir di Jakarta tanggal 20 Juli 1979. Pendidikan dasarnya dimulai di SD Tarakanita Pluit Jakarta, SMP Tarakanita Pluit Jakarta, dan SMA Gandhi National School, Ancol ’98 Jakarta. Andrew lalu berkuliah di jurusan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara pada tahun 1998. Saat kuliah, ia sangat gemar mempelajari sistem informasi di bidang multimedia. Di tahun 1998 ia juga sempat bekerja paruh waktu sebagai web desainer di kemana.com dan indotradezone.com. Saat kuliah di Universitas Bina Nusantara, ia merasa akan kesulitan mencari pekerjaan dan pendidikan lanjutan setelah lulus karena multimedia belum populer di Indonesia pada saat itu. Ia kemudian mencari berbagai informasi dan peluang hingga temannya dari Amerika merekomendasikan Seattle University yang menyediakan berbagai fasilitas belajar dan bekerja di dunia web programming.

Image Credit

Begitu mendapatkan informasi berharga tersebut, Andrew lalu segera mempersiapkan diri untuk kuliah di sana. Ayah dan ibunya sempat tidak menyetujui keputusan tersebut karena kuliah di Amerika dapat menghabiskan banyak uang untuk biaya studi dan biaya hidup sehari-hari. Tetapi Andrew tidak pantang menyerah untuk meyakinkan dan membujuk orang tuanya. Akhirnya mereka berdua setuju dan mengizinkan Andrew kuliah di sana apabila ia mau membayar biaya hidupnya sendiri.

Pada tahun 1999, ia mulai berkuliah di jurusan Multimedia & Web Design Art Institute of Seattle hingga tahun 2003. Setahun kemudian ia kuliah S2 di jurusan Master of Computer Science, Seattle University hingga tahun 2006. Pada tahun 2003 – 2006, ia bekerja sebagai web desainer Thor Loki, Seattle, Amerika Serikat. Ia juga pernah menjabat sebagai web desainer lyrics.com di Seattle, Amerika Serikat pada tahun 2007 – 2008. Berbagai ilmu yang diperoleh Andrew saat berkuliah di Seattle University dan pengalamannya bekerja sebagai web desainer membuatnya mendapat ide untuk membuat website yang mewadahi forum komunitas di Indonesia. Ide membuat website dengan nama Kaskus muncul saat ia mendapat tugas kuliah untuk membuat program dari software gratis.

Tanggal 6 November 1999, Andrew mulai membangun Kaskus dengan modal awal sejumlah US$ 3 (Rp 30.000) untuk biaya server. Ia dibantu oleh dua temannya yang bernama Ronald dan Budi untuk membuat portal mengenai berbagai berita di Indonesia. Portal tersebut digunakan sebagai media informasi untuk warga negara Indonesia yang bekerja atau kuliah di negara asing karena nama Kaskus berasal dari kata Kasak-Kusuk yang berarti obrolan atau gosip. Andrew semakin optimis untuk mengembangkan bisnis Kaskus seiring dengan perkembangan bisnis online di seluruh dunia. Ia menganggap Indonesia adalah negara dengan target pasar yang potensial karena mempunyai lebih dari 40 juta pengguna Internet di seluruh provinsi.

Pada masa-masa awal pendirian Kaskus, Andrew mendapat beberapa masalah seperti banyaknya server yang down. Karena saat itu ia belum mempunyai karyawan, ia harus turun tangan dan memperbaiki setiap masalah teknis di Kaskus. Saat kembali ke Jakarta, ia bekerja keras mencari customer dan advertiser dengan memperkenalkan Kaskus. Andrew dan teman-temannya memasarkan Kaskus secara door to door ke klien dengan menjelaskan berbagai informasi dan prospek yang dimiliki Kaskus.

Kaskus pertama kali launching di Jakarta pada bulan Desember 2008 dan belum genap satu tahun sudah mendapatkan banyak dukungan dari klien dan perusahaan ternama di Indonesia. Dua bulan kemudian, Kaskus diresmikan untuk  menjadi perusahaan professional dengan manajemen PT. Darta Media Indonesia sampai saat ini. Hingga waktu update tanggal 3 Desember 2011 pada pukul 11.55, Kaskus terdata sudah mempunyai 3.730.031 member yang terus bertambah setiap detik. Rentang usia pengguna Kaskus adalah usia 15 – 40 tahun, dengan target pasar di berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur. Forum Jual Beli (FJB) dan konten Lounge adalah bagian forum Kaskus yang paling banyak dikunjungi oleh penggunanya. Para anggota Kaskus menggunakan Forum Jual Beli untuk kegiatan jual-beli online di seluruh Indonesia. Setiap hari ada 80.000 barang jual-beli yang masuk dalam Forum Jual Beli sehingga Kaskus menjadi komunitas online terbesar yang pernah ada di seluruh Indonesia. Situs Kaskus.us kini berubah nama menjadi Kaskus.co.id.

Kini Andrew memegang posis jabatan sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia dan pemilik utama Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia. Sekarang perusahaannya memiliki sekitar 30 orang karyawan Kaskus yang berkerja di bidang pemasaran (marketing), sales, IT dan kreatif (creative). Tim Kaskus berjanji untuk terus melakukan perkembangan  situsnya dengan merekrut pengguna internet di berbagai negara asing untuk mengerjakan marketing content di forum Kaskus. Cita-cita utama yang ingin diraih dalam pengembangan bisnis online Kaskus dirintis dengan banyaknya  perkembangan berbagai fasilitas yang ada di dalam website sehingga berbagai sponsor dari luar negeri akan tertarik untuk membeli konten-konten di dalam Kaskus.

Hingga saat ini, Kaskus telah memantapkan posisinya sebagai sebuah website yang memiliki forum unik dengan jumlah member luar biasa banyak. Andrew juga diakui sebagai salah satu enterpreneur muda yang paling sukses Indonesia. Jumlah pendapatannya melalui Kaskus mencapai 600 juta rupiah per bulan pada perhitungan di tahun 2009. Berbagai penghargaan yang telah diterima oleh Andrew antara lain adalah “The Best Indonesian Communities for 2005 and 2006” versi Alexa.com dan Wikipedia, dengan nominasi “Innovative Top Web Site” dari Microsoft di tahun 2008, nominasi “Kaskus The Online Inspiring Award” dari Indosat dan  penghargaan “Kaskus The Big Place Market 2012” dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2009.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *