Kelezatan dari Hati, Walls.

Siapa yang tidak mengenal Walls ? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua hampir mengetahui merek es krim yang paling terkenal di Indonesia ini. Kita sering menemui para penjual Walls yang berkeliling diarea perumahan warga dengan menggunakan pengeras suara yang memperdengarkan lagu tema es krim Walls. 
Es krim yang memiliki logo Hati ini menawarkan berbagai jenis es krim, namun yang paling terkenal dan termasuk murah adalah Paddle Pop. Es krim jenis ini adalah favorit anak-anak karena dalam kemasan es krim ini sering terdapat kode tertentu yang dapat ditukarkan dengan hadiah pada periode-periode tertentu. 
Sejarah pendirian Walls
Sejarah didirikannya Walls sendiri sebenarnya merupakan pilihan yang diambil sebagai solusi dari kebangkrutan yang hampir melanda keturunan Richard Wall. Sebenarnya bisnis yang diwarisi oleh Richard Wall adalah perusahaan daging dan sosis. Perusahaan milik Richard Wall ini terkenal dengan kualitas daging yang sangat baik sehingga mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Pangeran George, Prince of Wales saat itu. 
Puncak kesuksesan bisnis Richard Wall terjadi pada tahun 1824 dimana ia berhasil mengembangkan usahanya hingga memiliki gedung dipusat kota tepatnya di 113 Jermyn Street, Londong, Inggris. Namun setelah kematian Richard Wall secara turun-temurun perusahaan itu dikelola oleh generasi pertama dan kedua dari keturunan Richard Wall. Bisnis yang pada awalnya berjalan dengan baik tiba-tiba mengalami gangguan pada tahun 1913 yang saat itu dipimpin oleh Thomas Wall Jr.
 Untuk mengatasi kebangkrutan dan menutup kerugian yang tidak sedikit, kemudian Thomas Wall Jr mencoba peruntungan dibidang lain namun masih berhubungan dengan susu yang merupakan salah satu produk dari perusahaan bisnisnya terdahulu. Tepatnya saat musim panas, Thomas Wall Jr meracik es krim yang terbuat dari susu tapi cocok sebagai santapan saat musim panas. 
Untuk memulai bisnis baru saat itu dibutuhkan modal yang cukup besar, sehingga Thomas Wall Jr memutuskan untuk menjual sebagian asetnya kepada Lever Brothers dan Margarin Unie. Akhirnya pada tahun 1922 secara resmi Wall yang bekerjasama dengan Unilever memproduksi Paddle Pop yang mendapat sambutan positif dari masyarakat.Cerita diatas hanyalah sepenggal kisah menarik dibalik es krim Walls, masih ada banyak fakta-fakta unik tentang es krim Walls berikut ini :
1. Walls memiliki beberapa nama berbeda dalam pemasarannya, seperti di Turki es krim Walls bernama Algida sedangkan di Australia bernama Streets. Namun ciri yang selalu menunjukkan identitas Walls disetiap negara tidak pernah berubah yaitu logo Hati. Dan negara yang tetap menggunakan nama Walls adalah Cina, India, Hongkong, Indonesia, Yordania, Lebanon, Malaysia, Maldives, Mauritius, Pakistan, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Spanyol, Singapura, Sri Langka, Thailand, Uni Emirat Arab, Vietnam dan Britania Raya.
2. Selain Algida dan Streets masih ada beberapa nama lain yang digunakan, diantaranya Frigo, Good Humor, Tio Rico, HB, Miko, GB Glace, Frisko, OLA, Lusso, Langnese, Kwality Walls, Eskimo, dan Kibon.    
3. Walls memilki sangat banyak macam es krim namun terkadang pemasarannya berbeda-beda dibeberapa negara. Berikut ini adalah daftar es krim Walls yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Magnum, yang terdiri dari Magnum Pink Pomegranate, Magnum Gold, Magnum Classic, Magnum Brownies, Magnum Choco Cappucino, Magnum Choco Truffle, Magnum Almond, Magnum Classic Mini, Magnum Infinity. Untuk jenis Paddle Pop, Walls memiliki Walls Paddle Pop Rainbow Power, Walls Paddle Pop Choco Magma, Walls Paddle Pop Berry-Choc Lava, Wall paddle Pop Strawberry Spring, Walls Paddle Pop Fruity Zap, Walls Paddle Pop Rocket Jelly, Walls Paddle Pop Tornado Grape, Walls Paddle Pop Dino Freeze, Walls Paddle Pop Color Popper, Walls Paddle Pop Dracola, Walls Paddle Pop Friend and Foe, Walls Paddle Pop Twister Cola Jelly, Walls Paddle Pop Trico, Walls Paddle Pop Moo Bola Yogurt Strawberry, Walls Paddle Pop Moo Bola Chocolate Vanilla, Walls Paddle Pop Shaky Shake. Walls Moo Active, Walls Viennetta, Walls Cookies and Cream, Walls Feast, Walls Populaire, Walls Dung Dung, Walls Buavita dan untuk jenis Cornetto, Walls memiliki Cornetto Disk, Cornetto Royale, Conello Avant Garde, Walls Cornetto Mini isi 12 pak dan Walls Cornetto Mini isi 6 pak. Dan varian terakhir milik Walls adalah Walls Selection, diantaranya Walls Selection Double Dutch, Walls Selection Fruit Salad, Walls Selection Mocca Crumble, Walls Selection Chocky Rocky, Walls Selection Oreo dan Walls Selection Hershey’s Kisses.
4. Walls memiliki slogan Ice Cream makes you Happy !
5. Pabrik Walls di Indonesia yang terletidak di Cikarang, Jawa Barat ini ternyata yang terbesar pertama di Asia Tenggara yang disusul oleh pabrik Walls di Thailand.
6. Dalam setiap proses produksi es krim Walls selalu ada tahapan pematian bakteri, dalam tahapan ini suhu yang digunakan adalah 80 derajat celsius.
7. Es krim Magnum milik Walls memiliki proses produksi yang paling lama yaitu 46 menit khusus untuk proses pemotongan.
8. Selain prosesnya yang paling lama, Magnum juga memiliki keistimewaan lain yaitu adanya Kafe khusus yang dipersembahkan Walls sebagai wujud pelayanan yang lebih nyata kepada masyarakat. Kafe Magnum ini terdapat dibeberapa daerah di Indonesia salah satunya di mall Grand Indonesia lantai 5, yang merupakan Kafe Magnum pertama di Indonesia. Dan khusus untuk Magnum, Walls juga memberikan slogan yang berbeda yaitu For Pleasure Seekers.
9. Untuk menciptidakan varian baru, Walls beberapa kali mengadakan kerjasama dengan beberapa perusahaan lain diantaranya Oreo dan Coklat Hershey’s Kisses
Itulah ulasan mengenai es krim Walls, semoga bermanfaat terutama bagi anda yang ingin mencoba berbisnis dibidang es krim. Anda bisa mengembangkan es krimmu dengan cita rasa yang unik dengan mempelajari jenis-jenis es krim milik Walls dan memperhatikan rahasia sukses dibaliknya. Selamat berbisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *